Senin, April 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota Innova Zenix Bensin Kuat Nanjak? Ini Hasilnya

by Firdaus Ali
mobil Rp 400 jutaan

Berikut akan kami ulas mengenai, apakah Toyota Innova Zenix bensin kuat nanjak? Pengujian ini kami lakukan di tanjakan Moladin dengan kemiringan 21 derajat serta kabin diisi 7-orang. 

Pasti banyak yang pensaran dengan kemampuan menanjak dari mobil keluarga dari Toyota tersebut, terlebih kini Innova pakai penggerak roda depan (FWD). Bicara Innova Zenix, kami sebenarnya sudah pernah melakukan pengetesan sebelumnya untuk varian hybrid dan hasilnya memuaskan. Mobil MPV berteknologi hibrida tersebut bisa menanjak dengan baik.

Lalu bagaimana dengan Innova Zenix bensin yang tidak tersentuh teknologi elektrifikasi? Ternyata walau pakai penggerak roda depan, MPV ini tetap bisa menanjak.

Hanya saja tarikan awal Innova Zenix bensin terasa lebih berat dibanding Innova Zenix Hybrid. Lalu ban depan mobil juga sempat mengalami wheel spin. Kami pun perlu melakukan beberapa percobaan supaya mobil ini benar-benar bisa menanjak. Tipsnya adalah jangan injak pedal gas terlalu dalam, sedikit dikocok agar Zenix bisa naik.

Menurut kami, terjadinya wheel spin pada Innova Zenix bensin saat tes nanjak dikarenakan roda depan yang kurang mencekeram di jalan menanjak, lantaran bobot lebih berat di belakang. Alhasil wheel spin membuat tenaga terbuang percuma. Hasil ini agak berbeda dengan Innova Reborn yang pakai penggerak roda belakang (RWD) yang tidak mengalami wheel spin sama sekali.

Baca juga  Cara Menghitung Pajak Mobil Avanza, Mudah!

Spesifikasi Innova Zenix Bensin

Innova Zenix bensin kuat nanjak

Interior Innova Zenix

Toyota Innova Zenix dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architecture atau TNGA: GA-C. Platform ini sama dengan yang digunakan oleh Toyota Voxy. Dengan kata lain, ladder frame yang jadi rangka di model sebelumnya tergantikan gaya monokok.

Berbicara dapur pacu, Innova Zenix bensin menggunakan mesin berkode M20A-FKS dengan kubikasi 1.987. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 205 Nm pada 4.500-4.900 rpm dan tenaga maksimal 174 PS pada 6.600 rpm melalui transmisi otomatis CVT.

Toyota Innova Zenix bensin baik itu varian G dan V dilengkapi mode berkendara Eco, Normal, dan Power. Menariknya, selama menggunakan mode Power, respons terhadap perubahan rasio sabuk baja ditingkatkan sehingga pengemudi dapat lebih merasakan G-force.

Dari sisi kelengkapan fitur keselamatan, Innova Zenix bensin sudah dilengkapi dengan SRS Airbags, sensor dan kamera parkir, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Wireless/Samrt Door Lock, serta fitur modern lain.

Interior Innova Zenix bensin menawarkan kenyamanan baik untuk penumpang depan dan baris kedua serta ketiga. Dengan dimensi panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.795 mm serta wheelbase 2.850 mm, kabin terasa lebih lega.

Baca juga  Innova Diesel Masih Tetap Diproduksi, Walau Ada Zenix!

Terbukti saat Innova Zenix bensin kami isi dengan 7 penumpang, legroom penumpang baris kedua dan ketiga masih tergolong nyaman. Bahkan penumpang baris ketiga dengan tinggi 165 cm masih mempunyai jarak dengkul dengan kursi baris kedua 4 jari.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Innova Zenix bensin kuat nanjak di jalan dengan kemiringan 21 derajat. Sebagai catatan, Innova Zenix merupakan jenis mobil MPV yang notabennya adalah untuk keluarga.

Adapun tes nanjak Innova Zenix bensin yang kami lakukan adalah untuk menguji optimalisasi dari performa dari mobil tersebut. Dalam artian, Innova Zenix bensin digunakan untuk wilayah perkotaan atau jalan menanjak yang tidak terlalu ekstrim, masih optimal performanya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika