Minggu, April 14, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi SUV Mitsubishi Terbaru, Eksterior dan Interior!

by Baghendra Lodra
spesifikasi suv mitsubishi terbaru - tampak samping

SUV Mitsubishi terbaru akhirnya terungkap sebelum peluncuran di GIIAS 2023. Dalam acara ekslusif preview, pabrikan tiga berlian membeberkan eksterior, interior, hingga mesin mobil tersebut.

Jika melihat spesifikasi, SUV dengan mesin 1.500 cc itu bakal melawan Honda HR-V, Hyundai Creta, hingga Toyota Yaris Cross. Meski punya kompetitor banyak, tapi Mitsubishi memberi beberapa kelebihan di SUV terbarunya.

Sebut saja desain yang gagah dengan ground clearance tertinggi di kelasnya mencapai 222 mm. Kemudian ada empat mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, dan Mud untuk melewati berbagai medan jalan.

Masuk ke interior, Mitsubishi memberi SUV ini speaker Premium dari Yamaha. Diklaim bisa memberikan aura menonton konser saat memutar musik di dalam mobil.

Hanya saja bukan berarti SUV Mitsubishi terbaru tidak punya kekurangan. Ambil contoh tidak tersedia panoramic roof yang bisa membuat kabin terasa lebih lapang. Kemudian tidak ada pilihan warna two tone di bodinya.

Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi SUV Mitsubishi yang bakal meluncur di GIIAS 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

Nama SUV Mitsubishi Terbaru, dari Destinator ke X-Force?

suv terbaru mitsubishi eksterior tampak belakang

Mitsubishi mengumumkan nama SUV terbarunya di GIIAS 2023

Sebelum bicara soal spesifikasi, kami coba bahas soal namanya terlebih dulu. Hingga sekarang, pabrikan tiga belian belum mengatakan sama sekali nama mobil ini.

Walau demikian, spekulasi yang beredar di media sosial sudah banyak berseliweran. Awalnya, SUV Mitsubishi tersebut diduga pakai nama Destinator. Hanya saja Mitsubishi menyanggahnya.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga Citroen C3 Aircross 2023, LSUV 7-Seater Turbo!

Kemudian ada spekulasi nama lain yaitu X-Force. Ini terungkap setelah Mitsubishi selalu menggunakan simbol X di dalam setiap publikasi resmi untuk mobil barunya. Simbol itu disertai pula dengan kata-kata coming in full force. Oleh karenanya, banyak yang meyakini Mitsubishi X-Force akan jadi nama SUV terbaru Mitsubishi.

Bila melihat sales-sales Mitsubishi juga sudah menggunakan hastage #mitsubishixforce di media sosial untuk berjualan SUV tersebut. Tapi entah, nama apa yang bakal nanti mereka gunakan? Tunggu saja di GIIAS yang berlangsung 10 Agustus 2023!

Eksterior Gagah untuk SUV Ringkas

spesifikasi suv mitsubishi terbaru - tampak depan

Kekurangan SUV Mitsubishi tidak punya roof rail

Bila dibanding HR-V, Yaris Cross dan Hyundai Creta, SUV Mitsubishi terbaru memiliki desain yang paling gagah.

Hal ini tercermin dari dimensi panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.660 mm. Kemudian ground clearance mencapai 22 mm, paling tinggi di kelasnya sehingga harusnya bodi bawah tidak mudah bersinggungan dengan jalan saat melewati medan bergelombang.

Ground clearance SUV terbaru Mitsubishi juga ditunjang penggunaan velg 18 inch dengan ban ukuran 225/50 R18 dari Dunlop Sportmaxx.

Ciri khas lain, di paras pakai desain ala Dynamic Shield yang telah berevolusi dikombinasikan lampu utama bergaya L-shape. Ada pula sistem pencahayaan LED baik di daytime running light (DRL), lampu depan, lampu kabut, dan lampu belakang.

Hanya saja kekurangan eksterior SUV Mitsubishi terbaru tidak memiliki roof rail, yang harusnya bisa digunakan sebagai dudukan roof rack dan roof box untuk membawa barang di atap. Kemudian pilihan warna eksteriornya juga belum two tone. Dari yang ditampilkan, terlihat ada kelir emas dan abu-abu monotone.

Baca juga  Komparasi SUV Ringkas: MG ZS Vs Honda HR-V?

Interior SUV Mitsubishi Terbaru Tanpa Panoramic Sunroof

suv baru mitsubishi - panoramic sunroof

Tidak ada panoramic sunroof di SUV Mitsubishi terbaru

Kondisi interior SUV Mitsbishi terbaru, memang belum bisa dilihat. Walau demikian, bocoran yang kami dapat sudah sangat banyak.

“Dengan mengendarainya, pengemudi bisa mendapatkan visibilitas yang baik dan posisi berkendara tinggi, ini bisa meningkatkan rasa percaya diri serta rasa aman, kata General Manager Divisi Desain Mitsubishi Motors, Seiji Watanabe di Jakarta pada Senin (31/7/2023)

Lalu yang cukup mengagetkan, Mitsubishi tidak memberi panoramic sunroof di SUV-nya. Padahal kompetitor seperti Honda HR-V, Toyota Yaris Cross, dan Hyundai Creta memiliki kaca di atap.

Walau demikian, pabrikan tiga berlian penumpang belakang SUV terbaru tersebut tetap merasa lega tanpa panoramic sunroof. Baik itu leg room dan head room diklaim cukup untuk orang dewasa duduk di jok belakang.

“Ada packaging yang efisien dari mobil ini di dalam kabin, sehingga layout penumpang bisa dirasakan nyaman dan lega baik ketika penumpang duduk di depan dan belakang,” jelas Seiji Watanabe.

Kelebihan SUV Mitsubishi ini juga punya speaker premium dari Yamaha. Hal tersebut diklaim bisa memberikan aura konser ketika mendengar musik di dalam mobil.

Tidak cuma itu, dalam salah satu video Mitsubishi Global, terungkap interiornya juga memiliki head unit floating ukuran besar. Kemungkinan, dimensi layar sentuh tersebut mencapai 10 inci. Ada fitur giroskop yang bisa menampilkan kemiringan kendaraan saat melibas jalanan offroad, serta mampu terhubung smartphone. 

Baca juga  Peluncuran Suzuki Jimny 5-Pintu di GIIAS 2023?

Selain head unit, terlihat pula panel instrumen SUV tersebut sudah pakai layar digital. Dengan demikian, informasi yang bissa dihasilkan pun beraneka ragam dan lebih jelas. Wajar bila Mitsubishi memberi fitur itu, karena memang kompetitor seperti Hyundai Creta dan Toyota Yaris Cross Hybrid juga telah memilikinya.

Performa Mesin 1.500 cc SUV Mitsubishi

SUV Mitsubishi terbaru - tampak samping

Mesin 1.500 cc jadi andalan SUV terbaru Mitsubishi

Spesifikasi SUV terbaru Mitsubishi soal mesin juga sudah terungkap. Pabrikan tiga berlian setidaknya mengatakan bahwa jantung mekanis yang dipakai berkapasitas 1.500 cc.

Hanya saja terkait torsi dan tenaganya belum diungkap. Prediksi kami, mesin mobil ini tidak beda dari Xpander dan Xpander Cross. Apalagi dengan bobot yang lebih ringan, tentunya SUV terbaru dari Mitsubishi akan terasa lebih bertenaga.

Bila benar pakai mesin Xpander, maka SUV terbaru Mitsubishi bisa mengeluarkan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000. Kemudian soal transmisi pakai CVT dan penggerak roda depan atau FWD.

Di sisi lain, Mitsubishi juga memberi mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Alhasil harusnya SUV ini menyenangkan untuk diajak berkendara di berbagai medan jalan.

Itulah tadi bahasan soal spesifikasi SUV Mitsubishi terbaru. Untuk informasi terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika