Ini Sebenarnya Fungsi Knalpot Motor

Haloo, Moladiners.. Ketemu lagi bareng Jinny. Pernah denger istilah “Knalpot“?. Yups, semua udah pada tau dong istilah knalpot sudah tidak asing lagi di telinga. Knalpot sendiri secara teknis merupakan saluran pembuangan dari sisa hasil pembakaran yang terjadi di dalam mesin kendaraan bermotor. Umumnya, knalpot diletakkan pada bagian belakang kendaraan, karena berisi sisa–sisa pembakaran kendaraan.

 

Kawasaki Ninja 250 - 2018

*Angsuran mulai dari

 

Penggunaan knalpot dalam teknologi mesin sudah lama sekali digunakan, baik pada mesin kendaraan ataupun mesin industri (yang sering dikenal dengan nama cerobong). Umumnya knalpot pada kendaraan bermotor terdiri dari beberapa bagian yaitu Header, Resonator, dan Silencer. Pada mesin 2 tak, terdapat satu bagian lagi yang berperan sangat penting, yaitu chamber.

 

Saat ini, knalpot memiliki banyak sekali fungsi bagi kelangsungan hidup dari kendaraan bermotor itu sendiri. Meskipun terlihat kecil dan sepele, namun knalpot memiliki peran vital untuk kendaraan bermotor. Namun sebenarnya, fungsi knalpot nggak cuma menghasilkan suara merdu loh. Knalpot ini juga bisa mendongkrak tenaga sang kuda besi. Berikut fungsi knalpot yang harus kalian tahu!

 

Promo Ramadhan Diskon DP Motor Sampai 50%! Cek Di Sini!

 

Meredam Suara Ledakan Ruang Bakar

Fungsi utama dari knalpot pada kendaraan bermotor adalah untuk meredam suara ledakan pada ruang bakar. Ruang bakar akan menimbulkan ledakan–ledakan yang besar ketika terjadi proses pembakaran. Ledakan ledakan besar ini memiliki suara yang sangat memekakan telinga, terlebih lagi pada kendaraan dengan kapasiatas silinder besar dan banyak. Karena itu, keberadaan knalpot sangat penting untuk meredam suara ledakan tersebut hingga menjadi lebih enak untuk didengar telinga manusia dan tidak menimbulkan polusi suara.

 

Meningkatkan Tenaga

Fungsi knalpot yang kedua adalah untuk meningkatkan tenaga yang “tersembunyi” pada motor kalian. Namun demikian, hal ini tidak bersifat mutlak, artinya, tidak semua penggantian knalpot dapat meningkatkan tenaga motor kalian. Karena hal yang satu ini sangat tergantung dari desain knalpot dan juga bahan – bahan serta perhitungan matang terhadap spesifikasi mesin dengan knalpot. Dengan melakukan perhitungan yang tepat, maka hal ini bakal meningkatkan power mesin motor kalian.

Khususnya pada knalpot motor 2 tak, bagian chamber mempunyai fungsi untuk melakukan gaya balik terhadap gas buang, dikarenakan teknologi 2 tak tidak memiliki katup ex dan in layaknya kendaraan 4tak yang umum saat ini. Chamber dapat berperan untuk meningkatkan tenaga dari kendaraan 2 tak secara signifikan, sebab chamber berperan penting untuk melakukan proses perputaran gas masuk dan gas buang yang terjadi pada saat pembakaran sedang berlangsung.

 

Kawasaki Ninja 250 FI

*Angsuran mulai dari

 

BACA JUGA: IXIL SILENCER, KNALPOT DARI SPANYOL UNJUK GIGI DI IIMS

 

Mengurangi Bobot

Selanjutnya, knalpot standar bawaan pabrik maupun aftermarket juga seringkali digunakan mekanik sebagai pengurang bobot kendaraan. Beberapa model dan jenis knalpot seringkali dibuat dari material bahan dan dimensi yang bermacam-macam. Banyak knalpot aftermarket telah menggunakan material bahan yang jauh lebih ringan dari bobot knalpot bawaan motor itu sendiri. Sehingga dengan pemakaian knalpot yang lebih ringan, motor dapat berakselerasi dengan handling yang lebih bagus. Pada umumnya, fungsi knalpot seperti ini banyak diaplikasikan pada motor dengan performa yang tinggi.

 

Fungsi Knalpot Sebagai Pemanis Dan Ornamen

Berbagai Jenis dan Fungsi Knalpot Yang Berbeda
Berbagai Jenis dan Fungsi Knalpot Yang Berbeda

 

Fungsi lainnya yang harus dipahami dari knalpot ialah seringkali difungsikan sebagai pemanis kendaraan. Beberapa knalpot memang memiliki bentuk dan juga desain yang unik. Desain dan juga bentuk dari knalpot yang unik ini biasanya digunakan untuk mendukung penampilan motor agar lebih menarik. Biasanya hal ini diaplikasikan pada kendaraan bermotor yang akan berlenggang ke dalam suatu kontes.

 

Mengurangi Polusi Udara

Teknologi mutakhir yang diaplikasikan pada knalpot saat ini adalah penggunaan catalityc converter. CC atau catalytic converter ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk membantu mengkonversi karbon yang berasal dari ruang bakar dan kemudian dikeluarkan melalui pipa gas buang. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan efisiensi gas buang dan menekan jumlah polusi udara yang keluar dari motor kalian.

 

Gimana guys, kalian udah pada paham belum fungsi knalpot motor kalian? tapi, pada faktanya, tidak semua knalpot motor memiliki fungsi sebagai mana mestinya loh, guys. Ya contohnya, knalpot motor harley, royal enfield dan lain-lain. Jika dilihat knalpotnya cuma berbentuk pipa dan berkelok. Jinny rasa udah cukup ya penjelasan tentang beberapa fungsi knalpot sebagaimana mestinya. Sampai bertemu lagi lain waktu.  See yaa

 

Kawasaki Ninja 250 SL

*Angsuran mulai dari

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *