oleh

Toyota GR Corolla Hadir di Jepang, Ini Spesifikasinya

Toyota GR Corolla hadir di Jepang. Yup mobil hatchback empat pintu bergaya racing ini sebelumnya tampil perdana di Amerika Serikat beberapa bulan lalu.

Toyota GR Corolla hadir di Jepang dengan dua varian, yaitu Morizo Edition dan RZ. Perbedaan keduanya sangat mencolok. Untuk varian Morizo Edition, mempunyai widebody dan wheeltrack yang lebar dari varian GR Corolla RZ. Selain itu, GR Corolla Morizo Edition mengusung warna doff.

Kemudian, dilansir dari laman resmi Toyota Global, Toyota GR Corolla menggunakan mesin 1.600 cc turbo G16E-GTS dan berpenggerak AWD serta bertransmisi manual 6-percepatan untuk kedua variannya. Tenaga yang bisa dihasilkan dari mesin tersebut diklaim mencapai 304 PS dan torsi 370 Nm. Namun begitu, untuk varian Morizo Edition torsinya lebih besar, yaitu 400 Nm.

Keunggulan GR Corolla Morizo Edition (Dibanding Varian RZ)

GR Corolla hadir di Jepang
GR Corolla Morizo Edition
  • Hanya tersedia 2 kursi. Tentunya hal ini mengurangi bobot kendaraan hingga 30 kg
  • Torsi lebih besar, menjadi 400 Nm
  • Body lebih rigid, hal tersebut ditopang dengan penyangga pada bagian tulang (pilar) serta adanya perekat strukturan pada body berukuran 3,3 meter.
  • Rasio gigi lebih dekat untuk gigi pertama, kedua dan ketiga. Hal tersebut tentunya membuat kinerja mesin semakin dinamis dan memberikan sensasi yang menyenangkan saat perpindahan transmisi.
  • Kemudian, lebar ban juga ditambah 10 mm. tentunya hal ini membuat daya cengkram semakin baik dan untuk melibas tikungan juga semakin optimal.
  • Pada bagian kursi, dibuat desain semi bucket yang mampu menahan body dengan kuat Ketika pengemudi mengalami g-force. Selain itu berkendara juga lebih mantap.
  • Pada bagian interior, kesan sporty sangat kental berkat dominasi warna hitam pekat berpadu setir yang dilapisi dengan Ultrasuede. Alhasil, selain aura sporty, kesan mewah juga terasa di kabin interiornya.
  • Warna eksterior dibalut Matte Steel eksklusif serta kaca depan menampilkan ciri khas Morizo sebagai bukti pendekatan unik dan cerdas dalam menciptakan GR Corolla Morizo Edition.
  • Suspensi varian Morizo Edition sudah menggunakan MacPherson Strut (with inverted monotube shock absorbes) pada bagian depan. Kemudian pada bagian belakang menggunakan double whisbone (with monotube shock absorber). Sementara untuk varian RZ suspensi depan menggunakan MacPherson Sturt dan belakang menggunakan double whisbone.
  • GR Corolla Morizo Edition sudah mengadopsi BBS forged aluminium ring 18 inci with hub ornament serta ada logo Toyota Gazoo Racing. Kemudian untuk ukuran ban menggunakan 245/40R18 Michelin Pilot Sport Cup 2. Sementara itu untuk varian RZ masih sama menggunakan velg BBS forged aluminium namun tanpa logo Toyota Gazoo Racing. Begitu pula ban juga berbeda merek dan ukuran yang digunakan. Yaitu 235/40R18 Yokohama ADVAN Apex V601
Baca juga  Inden Avanza Veloz Terbaru Dibuka, Cukup Bayar Segini!

Dimensi GR Corolla

GR Corolla hadir di Jepang
GR Corolla RZ

Toyota GR Corolla baik varian RZ dan Morizo Edition mempunyai panjang, lebar dan wheelbase yang sama, yaitu panjang 4.410 mm, lebar 1.850 mm dan wheelbase 2.640 mm. Namun begitu untuk tingginya berbeda, untuk varian RZ 1.480 mm dan Morizo Edition 1.475 mm.

Moladiners, itulah ulasan mengenai salah satu line up mobil flagship Toyota GR Corolla hadir di Jepang. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru