by

Harga NJKB Toyota GR Yaris Bermesin Turbo, Rp 450 Juta

PT Toyota Astra Motor (TAM) kedapatan siap memperkenalkan hatchback terbaru mereka, yakni Toyota GR Yaris. Hal tersebut terungkap melalui lampiran Peraturan Kemendagri No.1 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Di sana, Toyota tampak secara resmi mendaftarkan nama mobil sport berperforma tinggi itu di Indonesia. Tertulis jelas nama: GR Yaris 1.6T M/T.

Lewat bocoran tersebut, tampak bahwa kendaraan istimewa tersebut bakal mengadopsi mesin tiga silinder 1.6 liter dengan dukungan turbocharger. Lalu soal transmisi menggunakan manual. Kenapa tidak otomatis? Penyebabnya tidak lain untuk memberi rasa berkendara layaknya mobil balap.

Berapa harganya? Dari lampiran peraturan Kemendagri, tampak harga NJKB Toyota GR Yaris di Indonesia cuma Rp 453 juta. Pastinya banderol yang nanti sampai ke konsumen bakal naik jauh. Bukan tidak mungkin sampai dua kali lipat.

Jika melihat di Thailand saja, harga GR Yaris mencapai Rp 1,2 miliar. Maka Indonesia kemungkinan tidak beda jauh, ada kans sedikit lebih murah.

Baca juga  5 Kekurangan Suzuki Baleno Hatchback, Ini Faktanya!

Apa yang membuat sebuah Yaris bisa semahal itu? Buat kamu yang penasaran, berikut kami beberkan spesifikasinya:

Spesifikasi Toyota GR Yaris yang Masuk Indonesia

interior toyota gr yaris
Meski performanya mantap, namun kenyamanan dan fitur hiburan tetap hadir di interiornya

Pada dokumen Kemendagri, tampak jelas bahwa Toyota GR Yaris hanya datang dalam satu varian ke Indonesia, yakni Toyota GR Yaris 1.6 M/T. Sejatinya di Jepang, mobil ini memiliki tiga varian: RS, RC, dan RZ.

Bedanya pada varian RS memiliki penggerak roda belakang. Sementara RC dan RZ yang dibekali dengan penggerak 4WD. Lalu mana yang masuk Indonesia? Sepertinya penggerak 4WD sebagaimana dengan spesifikasi GR Yaris Thailand.

Kehadiran mobil sport ini tentu sangat dinanti-natikan oleh penggemar otomotif Indonesia. Pasalnya, punya nama yang cukup familiar dengan telinga masyarakat Tanah Air. yaitu Yaris.

Hanya saja ketika mengetahui jeroannya, banyak sekali perbedaan dengan Yaris standar yang lebih dulu dijual di Indonesia. Bukan cuma mesin, tapi Yaris versi hot hatchback tersebut punya keistimewan dari sisi rangka dan fitur.

Bentuknya yang sangat sporty, dibalut dengan garis desain yang atletis. Secara dimensi, Toyota GR Yaris hadir dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm dan tinggi 1.460 mm. Sedangkan untuk jarak sumbu roda, hatchback ini dibekali dengan rentang 2.558 mm yang membuatnya mampu memberikan performa terbaik saat dipacu di atas lintasan balap.

Baca juga  7 Masalah Toyota Rush Bekas yang Sering Dikeluhkan

Keistimewaan Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris 2021
Toyota GR Yaris Dibangun di atas platform balap

Mobil hatchback ini semakin istimewa dikarenakan dibangun di atas platform yang sama dengan mobil reli mereka di ajang World Rally Championship (WRC). Penggunaan platform tersebut, diyakini bisa memberikan kenikmatan berkendara yang lebih asyik bagi penggunanya.

Mesin 1.6 liter turbocharger ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 261 hp dan torsi maksimum 360 Nm. Jantung pacu ini juga masih menyimpan sesuatu yang istimewa karena dibekali dengan sistem DOHC 12 katup dan dilengkpai dengan ball bearing turbo tunggal yang disalurkan ke roda penggerak.

Bukan hanya itu, Toyota GR Yaris juga hadir dengan teknologi transmisi baru yang mereka sebut sebagai iMT atau Intelligent Manual Transmission yang dirancang untuk mengakomodir torsi yang melimpah. Dengan fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menikmati setiap putaran torsi yang dihasilkan dari ruang mesin.

Alhasil, berbekal pengalaman di ajang reli dunia, mobil ini sudah mengaplikasikan beberapa aerodinamis yang membuat mobil ini semakin istimewa. Bahkan mobil ini juga sudah dipersiapkan oleh salah satu tuner di New Zealand untuk mengikuti ajang reli di Jepang, dalam beberapa waktu mendatang.

Baca juga  Beda Toyota Raize 1.0 G dan GR Sport, Signifikan!

Baca terus Moladin untuk mengetahui informasi terbaru seputar dunia otomotif

Terbaru