by

5 Perbedaan Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo

Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo, keduanya merupakan varian sporty yang dihadirkan untuk konsumen. Meski sama-sama punya aura mobil balap, tapi ada banyak perbedaan antara satu dengan lainnya.

Di Indonesia sampai saat ini memang cuma tersedia varian Yaris TRD Sportivo. Sementara GR Yaris atau Gazoo Racing belum dipasarkan.
Walau demikian, kehadirannya bukan tidak mungkin terjadi pada 2021. Terlebih Toyota GR Yaris sekarang sudah masuk pasar Asia Tenggara, seperti Thailand dan Malaysia. Biasanya setelah itu Indonesia bakal kebagian.

Lalu apa sih perbedaan dari mobil Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo? Berikut kami beberkan lima hal yang membuat keduanya berbeda. Simak bahasan berikut:

1. Dua Pintu Vs Empat Pintu

toyota gr yaris vs trd sportivo 001
GR Yaris pakai gaya dua pintu dengan dimensi lebih ringkas

Meski punya nama mirip, tapi Toyota GR Yaris VS TRD Sportivo sungguh berbeda. Secara kasat mata, kamu bisa lihat perbedaan dari jumlah pintunya. GR Yaris atau Gazoo Racing cuma mengaplikasikan dua pintu. Sementara Yaris TRD Sportivo menggunakan empat pintu.

Dimensi keduanya juga berbeda. GR Yaris lebih ringkas dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.455 mm. Lalu varian TRD Sportivo punya panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm.

Perbedaan dimensi ini bukan karena bodinya saja, tapi platform kedua mobil hatchback tersebut memang tidak sama. GR Yaris berdiri di rangka baru bernama Toyota New Global Architecture (TNGA) yang lebih ringan dan kokoh, serta mampu diajak berkendara dengan menyenangkan.

Baca juga  5 Kelebihan Toyota Yaris Facelift 2020, Konsumen Wajib Tahu

Kemudian kaki-kaki juga dibuat lebih gagah dengan ban Michelin berukuran 225/40-18 inci. Peleknya pakai Forged Alloy dari BBS. Suspensi Toyota GR Yaris pun dirancang siap melaju di sirkuit.

Tentu ini sangat berbeda dengan Toyota Yaris TRD Sportivo yang cuma sporty dari sisi tampilan. Hanya saja untuk rangka dan kaki-kaki, tidak ikut disesuaikan untuk melaju di lintasan.

2. Mesin Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo

Mesin Toyota GR Yaris
GR Yaris pakai mesin dengan induksi turbo dan penggerak empat roda

Bicara Mesin, perbedaannya semakin jelas. Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo pakai kubikasi berbeda. Mobil hatchback keluaran Gazoo Racing menggendong jantung mekanis berkode G16E-GTS yang berkapasitas 1.618 cc, tiga silinder, dan dilengkapi turbo.

Alhasil torsi puncak yang dihasilkan bisa mencapai 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm. Lalu untuk tenaganya tembus 261 PS pada 6.500 rpm.

Tidak hanya itu, GR Yaris juga cuma dibekali pilihan transmisi manual 6-percepatan. Ada pula penggunaan sistem penggerak 4 roda untuk memaksimalkan performa berkendaranya.

Sementara Toyota Yaris TRD Sportivo pakai mesin 1.496 cc, dual VVT-i, DOHC, tanpa turbo. Maka torsi puncaknya cuma 140,2 Nm pada 4.200 rpm dan tenaganya 107 PS pada 6.000 rpm.

Untuk pilihan transmisi, varian TRD Sportivo tersedia dalam dua opsi: CVT dan manual 5-percepatan. Kemudian sistem penggerak menggunakan roda depan.

Baca juga  Bocoran Toyota Raize Pakai Mesin Baru, Performanya Mantap!

3. Yaris TRD Sportivo Tidak Punya Toyota Safety Sense

toyota yaris td sportivo
Yaris TRD Sportivo punya fitur keselamatan yang cukup, tapi tidak seistimewa GR Yaris

Dalam hal fitur keselamatan, Toyota Yaris TRD Sportivo sesungguhnya sudah cukup mumpuni untuk berkendara di jalan raya. Ada 7 Airbag, vehicle stability control (VSC), hill start assist (HSA), anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA).

Buat penggunaan sehari-hari, tentu fitur keselamatan itu sudah lebih dari cukup. Hanya saja bukan berarti tidak bisa ditingkatkan. Di GR Yaris misalnya, sudah hadir teknologi Toyota Safety Sense.

Cara kerja Toyota Safety Sense menggunakan radar dan kamera untuk memantau kondisi di depan. Alhasil mampu meminimalkan potensi kecelakaan dengan memberi peringatan, serta mengintervensi rem dan gas.

Dengan fitur tersebut GR Yaris mendapat tambahan seperti Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), automatic high beam (AHB), lane departure alert (LDA), pre-collision system (PCS), dan heghtened senses. Istimewa bukan?

4. Interior GR Yaris Seperti Mobil Balap

interior toyota gr yaris
Meski performanya mantap, namun kenyamanan dan fitur hiburan tetap hadir

Lalu masuk ke bagian interior, Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo sungguh berbeda. Meski kabin sama-sama bisa memuat 5-orang, namun aura mobil balap lebih kuat terasa di versi Gazoo Racing.

Ambil contoh, joknya telah mengadopsi model sport yang nyaman saat bermanuver. Kemudian pedal gas, rem, dan kopling sudah menggunakan aluminium. Seterinya juga khas balap. Kemudian di panel insterumen ada layar TFT 4,2 inci yang bisa memberikan informasi soal distribusi torsi, tekanan turbo, dan lain-lain.

Baca juga  Toyota Camry GR 2021, Layaknya Mobil Sport

Bagaimana dengan kenyamanan interior GR Yaris? Tidak perlu khawatir lantaran ada 6-speaker dan head unit layar sentuh 7 inci untuk memaksimalkan fitur hiburan. Tidak ketinggalan dual zone AC sebagai penyejuk.

Kekurangannya memang ada di kelegaan kabin. Maklum mobil ini cuma punya dua pintu, kemudian dimensinya sangat ringkas. Toyota memang merancangnya untuk nyaman bermanuver.

Jika kamu cari kenyamanan lebih untuk berkendara sehari-hari bersama keluarga, tentu Toyota Yaris TRD Sportivo lebih pas. Selain punya empat pintu, kabinnya juga lebih lega untuk 5-orang.

5. Harga Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo

toyota yaris trd sportivo
Kalau kamu cari hatchback untuk sehari-hari dan terjangkau, Yaris TRD Sportivo pilihannya

Terkahir adalah soal harga. Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo ternyata punya banderol yang sangat berlainan. Harga GR Yaris tembus RM 299.000 di Malaysia atau setara Rp 1 miliar.

Wajar, karena memang Toyota membuat hatchback ini layaknya mobil sport. Alhasil rasa berkendaranya sangat menyenangkan, ditambah lagi tetap nyaman untuk harian.

Sementara Toyota Yaris TRD Sportivo banderolnya mulai Rp 284,8 juta – Rp 301,4 juta (OTR Jakarta). Bagaikan bumi dan langit bukan? 

Untuk informasi terbaru tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru