by

Toyota GR Yaris Bisa Dipesan, Harga Rp 1,2 Miliar

Toyota GR Yaris resmi diperkenalkan bersamaan dengan digelarnya ajang Thailand International Motor Expo 2020. Produk yang diboyong Toyota Motor Thailand (TMT) tersebut dibanderol cukup fantastis, yakni 2,7 juta baht atau setara dengan Rp 1,2 miliar.

Sejalan dengan rilisnya Toyota GR Yaris di Thailand, TMT pun mulai membuka keran pemesanan pada produk teranyarnya itu. Sedangkan untuk distribusi ke konsumen, dijadwalkan mulai dilakukan pada tahun 2021 mendatang.

Kehadiran GR Yaris diharapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen penyuka mobil sport di Negeri Gajah Putih. Beraga keunggulan ditawarkan Toyota GR Yaris, mengingat mobil ini dibangun dari pengalaman tim motorsport Gazoo Racing.

Pabrikan mengklaim bahwa Toyota GR Yaris mumpuni untuk digunakan di jalan umum, serta dipakai untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Tanpa meninggalkan kesan sportif yang begitu kental.

Setelah Thailand, bukan tidak mungkin Toyota GR Yaris juga akan dipasarkan di Tanah Air. Mengingat pasar otomotif Thailand dan Indonesia memiliki beragam persamaan, khususnya dari sisi produk.

Pertanyaannya kapan kira-kira Toyota GR Yaris masuk ke Indonesia? Menurut hasil penelusuran Moladin, hothatch satu ini nampaknya tidak akan dirilis dalam waktu dekat.

Baca juga  Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova, Nyaman Mana?

Toyota Indonesia pun seakan masih enggan membeberkan secara rinci terkait produk ini untuk pasar domestik. “Mengenai produk saya tidak bisa komen banyak, produk baru ini kita selalu bicarakan dengan prinsipal, jadi saya tidak bisa mengatakan sebelum memang diputuskan atau akan diluncurkan,” ujar Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM).

Pun begitu, Anton tak bisa menampik bahwa GR Yaris memang dinanti banyak konsumen pecinta kecepatan di Indonesia. “Khususnya konsumen yang memang latar belakangnya penggemar mobil racing atau mobil sport”.

“Yaris GR ini memang menarik, karena Yaris GR ini di desain untuk mengikuti WRC, jadi ini mobil racing yang sangat menarik, konsumen juga banyak tertarik. Kita akan pelajari,” beber Anton.

Mengenal Sosok Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris
Hothatch Toyota GR Yaris yang diproyeksi juga akan dijual di Indonesia

Membahas lebih dalam mengenai Toyota GR Yaris, mobil ini dibekali dengan mesin yang bertenaga. Di atas kertas, GR Yaris dibekali mesin berkode G16E-GTS 3 silinder segaris, 1.6 liter turbocharged DOHC 12-katup.

Mesin itu mampu menyemburkan tenaga sebesar 261 daya kuda dengan torsi sebesar 360 Nm. Tenaga disalurkan melalui Intelligent Manual Transmission 6-percepatan. Kecepatan maksimal yang mampu diraih mencapai 230 km/jam, seluruh tenaga didistribusikan ke empat roda.

Baca juga  Toyota Sumbang Kendaraan Listrik untuk Bali

Keistimewah GR Yaris, mobil ini dibekali dengan tiga mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan gaya mengemudi dan kondisi jalan yang akan dilalui. Pembeda antar mode terletak pada torsi antara roda bagian depan dan juga belakang.

Pabrikan mengklaim, untuk mode Normal (60/40), Sport (30/70) dan Track (50/50). Melalui mode-mode tersebut, diklaim mampu membuat mobil lebih stabil dan memiliki daya cengkram yang maksimal ketika menghadapi segala medan jalan.

Sedangkan untuk tampilannya, GR Yaris menyajikan desain tiga pintu dengan bodi yang sportif. GR Yaris lebih panjang sekira 55 mm (3.995 mm) dari Yaris model lima pintu. Begitu juga dengan lebarnya sekira 60 mm (1.805 mm) dan lebih rendah 45 mm (1.455 mm) dari Yaris model biasa.

Dalam merancang Toyota GR Yaris, pabrikan tak main-main, mengingat bodi dikemas dan dirancang untuk memenuhi regulasi aerodinamika yang ditetapkan World Rally Championship (WRC).

GR Yaris tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Super White II, Emotional Red II, dan Precious Black. Interiornya juga didukung dengan material berbahan kulit/ultrasuede, mulai dari lingkar kemudi, jok dan sejumlah bagian lainnya.

Baca juga  Toyota Raize Punya Varian GR Sport?

Mengacu pada keterangan resmi Toyota Thailand, kabin GR Yaris dibekali dengan layar multi-info TFT 4,2 inci, dan dual-zone climate control. Mobil ini juga sudah disematkan fitur keselamatan Toyota Safety Sense.

Gimana, kalau benar masuk Indonesia tertarik untuk meminangnya? Kita tunggu bersama kelanjutannya.

Baca juga:

Terbaru