Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 200 Julian Johan di AXCR 2023, Mesin Bensin!

by Tigor Sihombing
Land Cruiser 200

Penasaran dengan spesifikasi Toyota Land Cruiser 200 Julian Johan di AXCR 2023? Fakta menariknya adalah mobil tersebut merupakan Lexus LM 570 yang dimodifikasi jadi Land Cruiser spekesifikasi balap. Tidak terlalu sulit memang mengubahnya, lantaran kedua merek mobil tersebut adalah saudara kembar. 

Buat yang belum tahu, ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) tahun ini mengambil rute dari Thailand menuju Laos pada 13 – 19 Agustus 2023. Pertandingan tersebut akan diikuti oleh banyak pereli internasional dari belasan negara, walah satunya adalah Julian Johan alias Jejelogy. Dia merupakan pereli sekaligus vlogger dari Indonesia yang telah menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi.

Jeje sapaannya, berkompetisi dalam kerasnya ajang AXCR yang memang dikenal punya karakter medan ekstrem. Mulai dari kontur tanah, lumpur hingga aspal akan dia lewati dengan total jarak kurang lebih 2.000 kilometer.

Ini bukan pertama kalinya bagi Jeje untuk menapaki karir di luar negeri. Sebelumnya, pada tahun 2018 lalu, dia bersama co-driver Recky Resanto, berhasil mengikuti ajang rally yang digelar di Malaysia.

Pasangan Julian Johan dan Recky Resanto ini nantinya menggunakan Lexus LM 570 yang berpenampilan layaknya Toyota Land Cruiser 200. Mobil reli itu telah dipersiapkan dengan matang dan dimodifikasi agar sesuai dengan regulasi AXCR 2023. Mereka pun jadi pembalap Indonesia pertama yang menggunakan SUV Toyota tersebut dalam ajang kompetisi bertaraf internasional.

Baca juga  Harga Wuling Almaz Hybrid Bikin Kaget, Murah Banget!

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi Toyota Land Cruiser 2000 Julian Johan di AXCR 2023? Berikut bahasan detailnya:

Modifikasi Habiskan Rp 1 Miliar

Asia Cross Country Rally 2023

Suspensi mobil balap Julian Johan di AXCR 2023

Perlu diketahui, pemilihan Toyota Land Cruiser 200 Julian Johan pada ajang AXCR 2023 didasari bukan hanya dari ketangguhannya. SUV ini juga memiliki nilai sejarah yang kuat, karena telah lebih dari 25 tahun eksis di ajang rally Dakar sejak pertama kali digunakan pada tahun 1995.

“Senang rasanya bisa mengumumkan keikutsertaan saya dan Recky dalam kompetisi Asia Cross Country Rally 2023. Ini merupakan mimpi kecil saya untuk bisa merasakan betapa ganasnya rally Dakar versi Asia,” ungkap Julian Johan atau yang akrab disapa Jeje.

Mengenai mobil rally Land Cruiser 200 yang akan menemaninya sepanjang kompetisi, pria kelahiran 1 Agustus telah melakukan berbagai penyempurnaan. Pada bagian eksterior yang meliputi body, bumper dan wide fender, menggunakan bahan karbon dan polycarbonate untuk memangkas bobot lebih dari 150 kilogram dari bobot aslinya.

Baca juga  3 Kelebihan Rocky-Raize 1.2 Liter, Masih Ragu Beli?

Sementara untuk interior, beberapa komponen seperti jok belakang, panel door trim, serta beberapa aksesoris lainnya telah dieliminasi dan digantikan dengan adanya roll bar yang membentang dari depan ke belakang, 2 ban serep serta penambahan perangkat navigasi khusus rally. Jok depan pun telah mengalami pergantian menggunakan model racing dengan standar FIA untuk memberikan kenyamanan serta keselamatan driver dan co-driver selama kompetisi berlangsung.

Spesifikasi mesin Land Cruiser 200 menggunakan jantung mekanis V8 3UR-FE 5.700 cc peminum bensin. Untuk pasar Indonesia, mencari mesin tersebut sangatlah susah, lantaran yang masuk ke Tanah Air kebanyakan bermesin diesel. Oleh karenanya, Julian Johan memilih Lexus LM 570 selaku saudara kembar yang punya mesin sama, kemudian memodifikasi tampilannya jadi mirip Land Cruiser 200.

Pada kaki-kaki Land Cruiser 2022 telah dibekali sistem suspensi Toyota Tundra dengan arm Total Chaos Fabrication yang dikawinkan dengan shockbreaker King Shocks. Perihal penggunaan ban, melihat medan yang bakal ia lewati begitu ekstrem, maka ia mempercayakan kemampuan dari ban BFGoodrich K02 & KM3 dengan ukuran 285/70 ring 17 serta velg Braid Wheels Dakar berukuran 17×8.

Dengan berbagai ubahan tersebut, wajar ketika biaya modifikasi Land Cruiser 200 Julian Johan di AXCR 2023 tembus Rp 1 miliar. Itu belum termasuk biaya membeli mobilnya.

Baca juga  Fitur AC NanoeX Mitsubishi Xforce Bisa Cegah Polusi Udara di Kabin!

Terkait Kelas yang diikuti oleh Julian Johan dalam Asia Cross Country Rally 2023, ia akan bertarung dengan beberapa peserta dari Kawasan Asia, di T1G, di mana ini merupakan pertarungan bergengsi untuk mobil-mobil bermesin bensin dengan sistem penggerak 4×4.

Data Teknis Spesifikasi Land Cruiser 2023 Julian Johan di AXCR 2023

Asia Cross Country Rally 2023

Interior Land Cruiser 200

BIODATA

Nama pembalap : Julian Johan
Tempat tanggal lahir : Jakarta 1 Agustus 1986
Pendidikan : S1
Hobi : Offroad
Status pernikahan : Menikah
Kota tinggal : Jakarta

SPESIFIKASI TEKNIS MOBIL

Mesin : V8 3UR-FE 5700cc
Ban : BFGoodrich K02 & KM3 285/70 Ring 17
Velg : Braid Wheels 17×8
Eksterior / Body : Carbon Fibre
Kaki-kaki : Arm Toyota Tundra
Depan : Coilover & Bypass King Shock dengan travel 10 inch
Belakang : Coilver & Bypass King Shock dengan travel 14 inch
Lubricants : Motul 300 V

Demikian ulasan Jeje yang akan mengikuti Asia Cross Country Rally 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika