Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Pembalap Indonesia di Tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2023

by Tigor Sihombing
Tim Mitsubishi RALLIART

Tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2023 siap berkompetisi pada Agustus, berlangsung di tiga negara: Thailand, Kamboja, dan Laos. Di bawah naungan Mitsubishi Motors, tim ini menurutkan tiga Triton Group T1s yang merupakan mobil prototipe cross-country dari pabrikan tiga berlian. Isitmewanya lagi ada pembalap Indonesia ikut serta di balapan tersebut.

Buat yang belum tahu, AXCR atau Asia Cross Country Rally merupakan ajang balap tahunan dan kini memasuki tahun ke-28. Di tahun ini, seremonial pembukaannya akan berlangsung pada 13 Agustus 2023, di Pattaya, salah satu lokasi wisata terbaik di Thailand.

Reli sesungguhnya akan dimulai pada hari berikutnya, 14 Agustus 2023, dengan rute ke arah timur, kira-kira sejajar dengan perbatasan Kamboja. Kemudian memasuki Laos pada 17 Agustus 2023, dan mencapai tujuan akhir pada 19 Agustus 2023. Selama reli berlangsung, para pereli akan menempuh jarak sekitar 2.000 km, termasuk lebih dari 1.000 km Special Stage.

Lintasan tahun ini juga memiliki banyak variasi, termasuk daerah pegunungan, hutan lebat, jalan berlumpur, penyeberangan sungai, dan masih banyak lagi. Lintasan yang sulit tersebut diharapkan dapat menguji kemampuan handling dan ketahanan mobil reli yang digunakan Mitsubishi yaitu Triton prototipe.

Baca juga  Mitsubishi Xpander Juara Sprint Rally 2021

“Kami telah melakukan uji ketahanan dengan kondisi lintasan yang lebih sulit daripada kondisi reli yang sebenarnya, namun mobil-mobil yang diuji mampu menempuh jarak sekitar 800 kilometer tanpa ada masalah berarti, yang membuktikan performa di luar ekspektasi kami dan memberikan kepercayaan diri yang tinggi untuk meraih gelar juara kedua kalinya secara berturut-turut,” kata Direktur Team Mitsubishi Ralliart. 

Profil Pembalap Tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2023

tim mitsubishi ralliart axcr 2023

Mitsubishi Triton Prototipe atau Group T1s akan digunakanan di AXCR 2023

Salah satu yang menarik dalam tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2023 adalah kehadiran pembalap Indonesia sebagai salah satu pembalap yaitu Rifat Sungkar. Tahun lalu, Rifat juga ikut lomba yang sama bersama co-driver Chupong Chaiwan dari Thailand, berhasil meraih posisi 5.

Totalnya tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2023 menurunkan tiga tim, dua tim lain. Ada tim dari Thailand dengan pembalap Chayapon Yotha dan co-driver Peerapong Sombutwong yang menjadi juara AXCR 2022. Lalu ada pula tim dari Jepang dengan pembalap Katsuhiko Taguchi dan co-driver Takahiro Yasui.

Baca juga  Mitsubishi Ikut IIMS Surabaya, Bawa Tiga Mobil Unggulan!

Chayapon Yotha

Asal: Udon Thani Province, Thailand
Lahir: 16 Agustus 1987 (35 tahun)
Karir: Pembalap juara AXCR 2022, yang memimpin Tim Mitsubishi RALLIART meraih kemenangan secara keseluruhan pada saat pertama kali berkompetisi di AXCR dengan mengemudi secara cermat dan tepat. Dia telah memenangkan berbagai balapan sejak tahun 2012, termasuk Thailand Super Series dan RAAT Thailand Endurance Championship International. Pada tahun 2019, ia meraih kemenangan di Supercar GTC Thailand Super Series.
Co-driver: Peerapong Sombutwong (Thailand)

Rifat Sungkar

Asal: Jakarta, Indonesia
Lahir: 22 Oktober 1978 (44 tahun)
Karir: Salah satu pembalap terbaik di Indonesia, ia telah memenangkan Kejuaraan Sprint Rally Indonesia pada tahun 1997, menjadi pemenang Kejuaraan Reli Indonesia tiga tahun berturut-turut hingga tahun 2002, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2012, ia dinobatkan sebagai brand ambassador untuk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Pada tahun 2019 dan 2021, ia meraih kemenangan secara keseluruhan di Kejuaraan Sprint Rally Indonesia dengan Mitsubishi Xpander.
Co-driver: Chupong Chaiwan (Thailand)

Baca juga  Toyota Yaris GR Sport Juara ITCR Max 2022!

Katsuhiko Taguchi

Asal: Okayama, Japan
Lahir: 7 Februari 1972 (51 tahun)
Karir: Pada usia 18 tahun, ia terjun ke dunia motorsport melalui dirt trial. Saat berusia 20 tahun, ia memenangkan All Japan Dirt Trial Championship yang pertama, yang menunjukkan bakatnya pada usia dini. Sebagai anggota Mitsubishi Motors Works Team, ia mulai berpartisipasi dalam reli di luar negeri seperti World Rally Championship (WRC) sejak usia muda. Pada tahun 1999 dan 2010, ia memenangkan FIA Asia Pacific Rally Championship (APRC). Pada tahun 2007, ia memenangkan Rally Jepang di Grup N.
Co-driver: Takahiro Yasui

Demikian ulasan profil Tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika