Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Team Mitsubishi Juara AXCR 2022, Pakai Triton!

by Firdaus Ali
mitsubishi juara axcr 2022

Team Mitsubishi juara AXCR 2022 yang berlangsung 21 sampai 26 November 2022 lalu di Thailand. Pada event yang disebut-sebut rally dakar-nya Asia itu, Mitsubishi Triton memiliki driver, Chayapon Yotha (Thailand) dan navigator, Peerapong Sombutwong (Thailand) berhasil meraih waktu 8 jam 22 menit 42 detik.

Kemenangan ini tentunya menjadi momen spesial bagi tim Mitsubishi, karena menjadi yang pertama setelah 12 tahun vakum di dunia balap. “Ini menjadi pertarungan yang sangat sulit selama enam hari, tapi saya sangat senang bisa meraih kemenangan melawan rival yang menggunakan mesin lebih besar,” ujar Chayapon selaku driver melalui keterangan resmi Mitsubishi Motors, dikutip Minggu 27 November 2022.

Di balapan Asia Cross Country Rally (AXCR), Mitsubishi menurunkan beberapa tim dengan menggunakan mobil Triton yang telah dimodifikasi secara khusus. Selain spesifikasi sesuai regulasi event rally, ubahan Mitsubishi Triton yang digunakan untuk ajang AXCR 2022 tidaklah signifikan.

“Mitsubishi Triton yang digunakan cukup berbeda dari mobil peserta lainnya. Kondisinya mendekati standar, dengan hanya modifikasi pada bagian sokbreker, rem, dan peralatan safety. Meski demikian, mobil ini terbukti tangguh dan bisa menyelesaikan reli tanpa kendala yang berarti,” jelas Hiroshi Masuoka selaku Direktur tim Mitsubishi Ralliart.

Baca juga  Ada Wakil Indonesia di Tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2022

Senada dengan Hiroshi, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motorss Krama Yudha Sales Indonesia juga mengungkapkan kualitas dari Mitsubishi Triton. “Melihat fakta bahwa mobil yang digunakan dalam reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi yang sangat berarti, sudah menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton yang dibuktikan langsung di lapangan,” terang Naoya Nakamura selaku Presiden Direktur PT Mitsubishi Motorss Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam rilis resminya.

Rifat Sungkar di Posisi Kelima

Mitsubishi juara AXCR 2022

Rifat Sungkar merupakan salah satu pembalap asal Indonesia di tim Mitsubishi Ralliart

Secara keseluruhan, team Mitsubishi juara AXCR 2022 di Thailand. Hanya saja secara keseluruhan Mitsubishi Ralliart memiliki dua tim. Tim pertama menjadi juara, sedangkan tim kedua yang memiliki driver, Rifat Sungkar (Indonesia) dan navigator, Chupong Chaiwan (Thailand) harus puas berada di posisi lima.

“Ini adalah reli lintas negara pertama saya dan saya sangat menikmatinya. Saya dapat menemukan masalah yang perlu saya tingkatkan dan saya diingatkan lagi bahwa Triton adalah mobil yang sangat tangguh, kokoh, dan dapat diandalkan. Sungguh luar biasa bisa bertarung sejauh ini dengan kondisi mobil yang hampir mendekati mobil produksi. Saya pikir itu luar biasa,” jelas Rifat Sungkar.

Baca juga  Bocoran Mitsubishi Triton Terbaru 2023, Rilis 26 Juli!

Berbicara lintasan AXCR 2022, Dibandingkan dengan lima etape sebelumnya, Special Stage atau SS6 di babak terakhir lebih menuntut kemampuan mobil dan mengemudi yang lebih lihai. Sebab, jalur yang dilewati terdiri dari jalan tanah yang kasar dengan lubang besar serta jalan berlumpur yang bisa membuat roda sulit meloloskan diri. Hal itu terbukti, dari beberapa tim yang gagal menyelesaikan lomba sebelum waktu habis.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Team Mitsubishi Juara AXCR 2022 di Thailand dan Rifat Sungkar ada di posisi lima. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika