Friday, January 27, 2023
Banner

7 Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih dan Penyebab Paling Umum

by Baghendra Lodra
cara mengatasi mobil keluar asap putih

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih bisa karena beberapa hal. Tetapi yang pasti, hal ini tidak bisa didiamkan dan harus dicek terlebih dahulu. Karena dalam setiap penyebab akan mendapatkan cara penyelesaian dan cara mengatasi mobil keluar asap putih yang berbeda-beda. 

Jangan sampai membiarkan terlalu lama asap putih yang keluar dari knalpot mobil kamu, ya. Karena semakin cepat ditangani, masalah akan cepat selesai. Begitu pula sebaliknya, semakin lama kamu membiarkan asap putih keluar terus menerus dari knalpot mobil kamu, ditakutkan bisa mempengaruhi kinerja bagian yang lain. 

Langsung saja simak beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil keluar asap putih dari knalpot pada artikel berikut!

6 Penyebab knalpot mobil keluar asap putih yang umum terjadi

asap putih di knalpot mobil

Kalau asap putih di mobil cukup pekat, maka kamu harus segera ke bengkel untuk melakukan perbaikan

Pemicu atau penyebab asap mobil putih itu bisa dikarenakan oleh banyak hal, mulai yang normal terjadi hingga kemungkinan bagian penting yang rusak. Baca selengkapnya pada penjelasan di bawah ini. 

1. Oli Bocor ke Ruang Mesin

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih pekat salah satunya adalah oli bocor ke ruang mesin. “Karena asap putih umumnya terjadi karena ada hasil dari oli yang terbakar,” kata Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur. 

Artinya ada oli yang bocor kemudian masuk ke ruang bakar. Hal ini juga bisa ditandai dengan hadirnya aroma sangit, seperti cairan yang terbakar dan menguap. Umumnya oli terbakar di ruang mesin, karena adanya kebocoran pada klep atau gasket. Selain itu bisa juga dari ausnya silinder mesin atau ada retakan pada dinding silinder.

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih juga bisa disebabkan oleh usia pakai mobil. Dalam artian komponen part yang digunakan sudah diambang batas usia pakai, karet-keret dan klep sudah getas misalnya.

Jika benar ini penyebabnya, maka akan diikuti oleh gejala lain seperti mesin yang mulai sulit di starter. Bisa juga diketahui lewat volume oli yang terus berkurang dan performa mesin juga mulai loyo.

Solusi jika masalah ini menimpa mobil kamu adalah turun mesin. Jika dari gejala dan pemeriksaan, mekanik memastikan penyebabnya adalah kebocoran kompresi. Maka solusinya turun mesin atau overhaul untuk ganti piston serta beberapa part lain.

“Untuk biaya turun mesin tergantung jenis mobil. Misalnya pada Avanza ongkos nya bisa sekitar Rp 3 – 4 jutaan,” tambah Putra. Itu belum termasuk dengan komponen-komponen yang harus diganti. Semakin parah kerusakannya akan semakin banyak part yang diganti, jika dihitung-hitung secara keseluruhan totalnya bisa hingga Rp 7-8 jutaan. 

2. Sisa Air di Knalpot

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih tidak selalu berbahaya. Bisa juga ini disebabkan air yang menempel di knalpot dan terbakar karena panas. Asap putih seperti ini biasanya tipis dan berlangsung tidak lama. Dalam artian setelah knalpot panas, uap yang sering dikira asap, akan menghilang. Kejadian sisa air ini, biasanya terjadi saat habis melewati banjir atau hujan lebat.

3. Air Bocor ke Ruang Bakar

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih lainnya adalah air pendingin yang bocor ke ruang bakar atau sistem exhaust. Kebocoran air ini terjadi bisa jadi karena akibat dinding silinder yang retak. Kondisi ini harus diwaspadai, karena suhu mesin bisa naik akibat berkurangnya air pendingin. 

4. Pengembunan Gas Buang

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Kalau asap mobil yang keluar dari knalpot tipis-tipis saja dan di pagi hari, itu tidak masalah

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih lainnya adalah karena hasil dari pengembunan gas buang. Ini wajar terjadi di mobil-mobil modern dengan teknologi terbaru. Campuran udara dan BBM yang terbakar sempurna akan menghasilkan gas buang yang baik, termasuk di dalamnya titik-titik air.

Hampir sama dengan pengendapan sisa air saat hujan atau banjir yang sudah dijelaskan sebelumnya. Titik air ini akan menguap dan menghasilkan asap yang tipis sesaat, sampai saluran buang atau knalpot menjadi panas. Dan hal ini cukup wajar terjadi dan normal, terutama saat pagi hari atau cuaca dingin. 

5. Adanya kerusakan pada PCV

Sistem PCV pada mobil adalah bagian yang membantu mengurangi polusi asap dari hasil pembakaran dengan menyalurkan kembali gas tersebut ke ruang bakar. Jika sistem PCV ini rusak karena adanya oli yang masuk ke dalam saluran tersebut, maka asap yang keluar bisa menjadi lebih banyak berwarna putih.  

Baca juga  6 Tips Modifikasi Knalpot Mobil, Jangan Asal!

6. Keretakan pada blok mesin 

Blok mesin yang retak atau rusak juga bisa menjadi pemicu masalah keluar asap putih pada mobil. Jika ini sudah terjadi, maka kamu perlu menyiapkan uang dengan nominal yang cukup besar karena masalah ini sudah cukup berat. 

Kapan harus membawa mobil ke bengkel saat keluar asap putih dari knalpot?

bengkel untuk knalpot mobil keluar asap putih

Segera ke bengkel ketika asap putih pekat keluar dari knalpot mobil

Beberapa alasan di atas, mungkin saja menandakan bahwa hal yang normal terjadi pada mobil. Apalagi ketika mobil digunakan saat hujan atau dalam suhu dingin. Adanya penguapan dan air bocor tersebut bisa dikatakan normal ketika asap putih yang keluar terlihat tipis dan hanya keluar sebentar saja. 

Tetapi jika asap putih pada mobil yang keluar berlangsung cukup lama dan asap putih tersebut tebal, segera datangi bengkel terdekat untuk memberi tahu permasalahan tersebut. 

Cara mengatasi mobil keluar asap putih

cara mengatasi asap putih yang keluar dari knalpot mobil

Asap putih di knalpot mobil bisa diatasi dengan melakukan perawatan rutin mesin kendaraan

Agar tidak memperburuk kondisi bagian lainnya, kamu bisa mengikuti beberapa cara mengatasi mobil keluar asap putih berikut sebagai langkah antisipasi. 

1. Melakukan perawatan pada ring piston

Kunci supaya oli tidak bocor ke ruang mesin adalah dengan melakukan perawatan pada ring piston, misalnya dengan menggunakan oli standarnya serta melakukan pergantian berkala.

Merawat ruang bakar dan piston khususnya, boleh dibilang merawat mesin secara keseluruhan. Ibarat jantung, sektor inilah yang menjadi indikator sehat-tidaknya kinerja dari mobil.

2. Lakukan pengecekan oli mobil berkala

Salah satu hal yang paling sering menjadi penyebab keluar asap putih pada mobil adalah kebocoran oli. Untuk itu coba cek volume oli apakah berada di batas normal atau justru di bawah indikator tersebut. Jika terdapat kondisi volume yang tidak normal, coba lihat apa benar adanya kebocoran oli ke bagian ruang mesin. 

3. Mengecek bagian saluran PCV

Jika indikasi munculnya asap mobil mengarah ke bagian PCV, maka kamu perlu mengganti saluran PCV tersebut. Tidak perlu khawatir karena PCV merupakan bagian yang bisa diganti. Sehingga ketika memang setelah dicek terdapat kebocoran atau oli yang masuk, segera lepas saluran PCV dan ganti dengan saluran yang baru. 

4. Cek bagian selang udara

Selain saluran PCV, coba cek juga bagian selang udara yang mengarah ke mesin turbo. Cek apakah ada bekas atau tetesan oli bocor yang bisa memicu munculnya masalah asap putih pada mobil. Jika benar ada jejak tersebut, lepas selang dan segera perbaiki untuk menyelesaikannya. 

5. Cek bagian turbo mobil

Kamu bisa mendeteksi penyebab masalah keluar asap putih dari mobil melalui suara yang dikeluarkan dari mesin turbo. Coba dengarkan bagaimana suara yang dikeluarkan dari turbo, jika dirasa suara tersebut tidak dalam kondisi normal, segera kunjungi bengkel terdekat untuk memperbaiki. 

6. Cegah kerusakan di bagian kepala silinder

Cara mengatasi mobil keluar asap putih yang selanjutnya adalah dengan melihat apakah ada kerusakan di bagian kepala silinder. Kerusakan pada kepala silinder bisa disebabkan karena adanya cairan pendingin yang bekerja secara ekstrim oleh tekanan ruang mesin. 

Adanya kebocoran oli yang masuk pada bagian ini juga bisa jadi salah satu alasannya. Namun perbedaannya bisa dikenali dari bau asap putih yang keluar dari mobil, jika baunya cenderung manis bisa diindikasikan bahwa masalah tersebut dikarenakan kebocoran oli.

7. Lakukan pengecekan berkala pada cairan pendingin

Melakukan pengecekan secara rutin pada level cairan pendingin mobil bisa menjadi langkah antisipasi untuk melakukan cara mengatasi mobil keluar asap putih yang paling mudah. Jika penurunan level terlihat tidak wajar karena terus menerus berkurang, hal ini bisa menandakan adanya rembesan atau kerusakan pada bagian tersebut. Lakukan pengecekan setiap satu hingga dua bulan sekali. 

Kini kamu sudah mengerti bagaimana cara mengatasi mobil keluar asap putih agar tidak merusak bagian lainnya dan menyebabkan perbaikan yang memakan banyak biaya. Lakukan antisipasi dan perawatan mobil berkala. Jika asap putih tersebut tidak kunjung hilang dan volume asapnya sudah menebal, segera periksa ke bengkel terdekat. 

Itulah informasi yang bisa kami bagi pada artikel kali ini. Jika kamu tertarik untuk membaca artikel terkait otomotif lainnya, cek kumpulan informasi terbaru yang ada di Blog Moladin. Tidak hanya sebagai platform jual beli mobil bekas terpercaya di Indonesia, Moladin juga memiliki mobil berkualitas premium dengan garansi lengkap. Karena #MoApapunMoladin aja! (Alvina)

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika