Kamis, November 30, 2023

Harga Toyota Agya 2023, Varian GR Sport Tembus Rp 200 Juta!

by Baghendra Lodra
harga toyota agya 2023 generasi 2 - eksterior belakang

Kalau harga Toyota Agya 2023 tembus Rp 200 juta, apakah kemahalan? Pabrikan berlogo T memang belum mengumumkan banderolnya secara resmi, tapi bocorannya dari sales Toyota, kira-kira nominalnya bakal seperti itu.

“Estimasi tipe paling tinggi (Agya GR Sport), harganya di atas Rp 200 juta. Pengiriman ke konsumen Maret-April 2023,” kata tenaga penjual mobil Toyota di Jakarta yang tidak mau disebutkan namanya.

Mahal? Sebenarnya tidak, apalagi melihat varian Agya GR Sport yang ubahannya sangat signifikan. Ditambah lagi, mobil mungil ini tidak lagi main di segmen LCGC, melainkan satu kelas di atasnya yaitu city car.

“Banyak customer juga mengharapkan untuk city car yang punya performance sporty, karena itu kami perkenalkan All New Agya GR Sport yang akan bermain di segmen baru,” kata Vice President Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto saat peluncuran Agya genenerasi kedua di Jakarta, Senin (13/2/2023).

Masuk ke segmen baru, Agya GR Sport tidak cuma berbeda tampilan dibanding Agya Gen-2 varian standard. Ubahannya semakin menyeluruh, bahkan ada spesial tuning untuk suspensi, setir, hingga ban yang diklaim menjadikan performanya semakin istimewa.

Baca juga  Bocoran 19 Mobil Terbaru Tahun 2023: Mitsubishi Xforce Hingga KIA EV9! (Updated)

Dengan berbagai kelebihan itu, wajar ketika Toyota mengatakan bahwa Agya GR Sport 2023 tidak lagi masuk segmen LCGC. Maka bila harganya mahal atau di atas Rp 200 juta, sebenarnya masuk akal. Terlebih, bila melihat kompetitor yaitu Honda Brio RS CVT Urbanite yang harganya kini tembus Rp 243,9 juta.

Agya GR Sport Bukan Lagi LCGC

harga toyota agya 2023 - varian gr sport

Rasa berkendara Agya GR Sport 2023 diklaim lebih menyenangkan

Di generasi kedua, Toyota membedakan segmen antara Agya 1.2 dan Agya GR Sport 2023. Di mana varian tertingginya kini pakai logo T di tengah grille depan, artinya mobil tersebut masuk segmen city car. Sementara Agya varian standard masih mengandalkan logo burung garuda yang berarti ada di kelas LCGC.

Dengan kata lain, Toyota kini mulai mengikuti strategi rivalnya yaitu Honda. Di mana ada pembeda antara Honda Brio Satya yang ada di segmen LCGC. Kemudian Honda Brio RS masuk segmen city car. Bukan hal aneh, bila Toyota mengadopsi strategi serupa Honda. Apalagi Brio adalah mobil terlaris di Indonesia pada 2022.

Baca juga  Spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R, Mewah tapi Murah!

Lalu bagaimana dengan harga Toyota Agya 2023? Pastinya varian GR Sport akan dijual lebih mahal. Kalau melihat Brio RS, mobil ini dijual mulai Rp 223,1 juta – Rp 243,9 juta (OTR Jakarta).

Maka harga untuk Agya GR Sport terbaru bukan tidak mungkin mirip-mirip. Prediksi kami sesuai bocoran dari sales Toyota, antara Rp 200 juta РRp 220 juta. Sedikit lebih murah dari Honda Brio yang merupakan raja di kelas city car. 

Harga Agya Gen-2 Varian Standar yang Masuk Kelas LCGC

harga toyota agya 2023 generasi 2 - eksterior depan

Sosok Agya Gen-2 Varian Standard yang masuk kelas LCGC

Sementara untuk harga Toyota Agya 2023 varian standard, kemungkinan mulai dari Rp 170 jutaan alias tetap di bawah Rp 200 juta. Hal tersebut, karena statusnya sebagai mobil LCGC yang perlu mempertahankan harga jual terjangkau untuk konsumen Tanah Air.

Walau terjangkau, tapi soal spesifikasi tidak perlu diragukan. Baik Agya 1.2 dan GR Sport menggunakan mesin baru dengan konfigurasi 3-silinder, persis mirip Toyota Raize dan Daihatsu Rocky 1.2 liter. Jantung pacu ini memiliki tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.500 rpm.

Baca juga  5 Kelebihan Toyota Raize, Patut Dibeli Gak nih ?

Artinya, torsi Agya Gen-2 meningkat 20 persen dibanding model lama. Kemudian soal konsumsi BBM diklaim lebih irit bisa menghemat bensin hingga 21 km/liter untuk varian D-CVT atau lebih irit 0,3 km/liter dari Agya Gen-1 dengan matik konvensional. Kemudian yang transmisi manual, konsumsi BBM-nya bisa tembus 21,8 km/liter atau lebih hemat 1,2 km/liter dari generasi sebelumnya.

Dengan spesifikasi dan harga seperti itu, apakah kamu tertarik memiliki Agya terbaru? Cek promonya di sini!

Itulah tadi bahasan harga Toyota Agya 2023 yang dibocorkan oleh sales. Kemungkinan pengumuman banderol resmi untuk mobil ini akan berlangsung di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika