by

Honda Beat Street Vs Suzuki Nex Crossover, Beli yang Mana?

Honda Beat Street Vs Suzuki Nex Crossover, keduanya merupakan motor matik entry level dengan setang telanjang. Secara tampilan memang mirip, namun masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Nex Crossover contohnya, skutik ini merupakan penantang yang meluncur November 2020. Kehadirannya menggantikan eksistensi dari Nex II Cross. Beda dengan sang pendahulu, bagian setang kini lebih diekspos sehingga terlihat gagah. Kemudian ada pula penggunaan panel instrumen digital besar yang semakin membuat kesan modern.

Sementara Beat Street sebagai petahana sudah diperkenalkan sejak Januari 2020. Versi terbarunya memiliki fitur yang lebih modern, berkat kehadiran lampu depan LED. Kemudian rangka eSAF juga membuat selap-selip di kepadatan jalan semakin menyenangkan.

Lalu dari kedua motor matik setang telanjang ini, mana yang pantas dibeli? Simak komparasi Honda beat Street Vs Suzuki Nex Crossover berikut:

Desain Adventure Vs Funky

Suzuki nex ii crossover
Bicara desain, Suzuki Nex II Crossover lebih bergaya adventure dengan ban dual purpose dan bodi bongsor

Jika melihat sekilas, desain Suzuki Nex Crossover dan Honda Beat Street memang mirip. Hanya saja kalau diperhatikan secara detail, ada beberapa perbedaan.

Motor Suzuki lebih menonjolkan aura adventure, hal ini tampak melalui penggunaan ban dual purpose. Ukuran ban depannya 80/90-14 inci dan belakang 90/90-14 inci.

Kelebihan lain dari Nex Crossover, punya ground clearance tinggi mencapai 150 mm. Dimensi bodi motor matik ini pun cukup bongsor dengan panjang 1.890 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1.055 mm. Alhasil untuk pengendara dengan postur agak besar, tidak terlalu masalah.

Baca juga  Harga Suzuki Saluto Mahal, Mending Vespa LX 125?

Sementara Honda Beat Street punya bodi yang lebih ringkas, jadi lebih cocok untuk pengendara mungil. Pembeda lain adalah penggunaan ban khusus jalanan aspal. Hal ini dikarenakan, tema besarnya adalah funky. Aura khas anak muda juga hadir lewat grafis bodi bergaya street art.

Kelebihan motor pabrikan berlogo sayap tersebut pun tampak dari spesifikasi bobot yang sangat ringan. Beratnya cuma 89 Kg. Alhasil lebih mudah untuk dikendalikan dan membuat pengendara pemula begitu percaya diri ketika menungganginya.

Komparasi Spesifikasi Dimensi

  Honda Beat Street Suzuki Nex Crossover
P x L x T 1.877 x 742 x 1.030 mm 1.890 mm x 765 mm x 1.055 mm
Ground Clearance 147 mm 150 mm
Ban Depan 80/90 – 14 Inci 80/90 – 14 Inci (dual purpose
Ban Belakang 90/90 – 14 Inci 90/90 – 14 Inci (dual purpose
Bobot Total 89 Kg 94 Kg

Performa Mesin Honda Beat Street Vs Suzuki Nex Crossover

honda beat street vs suzuki nex crossover
Honda Beat Street punya keunggulan hemat bahan bakar, tapi akselerasinya lambat

Di atas kertas, kubikasi mesin Honda Beat Street Vs Suzuki Nex Crossover tidak beda. Keduanya menggunakan kapasitas 110 cc dengan konfigurasi satu silinder, SOHC, berpendingin udara. Meski begitu, performanya tampak beda.

Baca juga  Spesifikasi Yamaha X-Ride, Skutik Adventure Yamaha 125cc Berfitur Modern

Nex Crossover mampu melontarkan tenaga maksimal 9,25 HP / 8.000 rpm dan torsi puncaknya 8,7 Nm / 6.000 rpm. Sementara Beat Street punya torsi lebih besar yang tembus 9,3 Nm / 5.500 rpm dan tenaga maksimal 8,85 hp / 7.500 rpm.

Meski demikian, mesin motor Suzuki terasa lebih superior saat diajak berkendara. Baik itu melewati tanjakan hingga menyalip kendaraan lain, mudah saja. Sementara akselerasi motor Honda terasa lebih lambat. Hal tersebut dikarenakan Beat Street mengincar konsumsi BBM hemat.

Terkait kapasitas tangki bahan bakar, Honda Beat Street Vs Suzuki Nex Crossover juga berbeda. Motor pabrikan berlambang sayap punya simpanan BBM lebih banyak, mencapai 4,2 liter. Sementara skutik Suzuki cuma 3,6 liter.

Fitur Suzuki Nex Crossover Vs Honda Beat Street

Honda Beat Street terbaru
Kelebihan lain Honda Beat Street, fiturnya berlimpah seperti lampu LED, combi brake system (CBS), bagasi luas, dan lain-lain

Bicara fitur, keduanya sudah dilengkapi panel instrumen digital sehingga terlihat modern. Walau begitu panel instrumen Honda Beat Street Vs Suzuki Nex Crossover sangat berbeda.

Kalau pabrikan berlogo sayap cuma memberikan panel instrumen sederhana dan bentuknya mungil. Cuma bisa memberikan informasi kecepatan, odometer, tingkat bahan bakar, dan eco indicator.

Sementara Nex Crossover punya fitur yang lebih lengkap, lantaran panel instrumennya berukuran besar. Informasi yang diberikan, antara lain kecepatan, odometer, volt meter, trip a, trip b, dan tingkat bahan bakar.

Baca juga  Punya Fitur Modern, Ini Spesifikasi dan Kelebihan Yamaha X-Ride 125

Keunggulan lain dari skutik Suzuki, bantingan suspensinya sangat nyaman. Hal ini bisa kamu rasakan ketika berkendara langsung dengan motor tersebut.

Meski demikian, bukan berarti Beat Street tanpa kelebihan. Justru fitur modernnya lebih banyak dari Nex Crossover. Sebut saja lampu depan LED, kunci kontak terintegrasi pembuka bagasi, combi brake system (CBS), dan side stand switch yang menonaktifkan mesin secara otomatis saat standar samping diturunkan.

Ditambah lagi, bagasi motor Honda ini juga lebih besar. Alhasil bisa dimanfaatkan untuk meletakkan berbagai barang, termasuk jas hujan.

Harga Suzuki Nex Crossover Vs Honda Beat Street

warna suzuki nex ii crossover
Suzuki Nex Crossover dijual lebih mahal, namun punya rasa berkendara yang begitu menyenangkan

Bicara harga, keduanya cukup berbeda jauh. Suzuki Nex Crossover dijual Rp 17,99 juta (OTR Jakarta) dan Honda Beat Street Rp 17,15 juta (OTR Jakarta). Lalu dari keduanya mana yang sebaiknya dibeli?

Setelah melihat komparasi Honda Beat Street Vs Suzuki Nex Crossover di atas, tampak bahwa motor berlambang sayap lebih cocok untuk kamu yang cari fitur modern dan keiritan. Tidak teketinggalan Beat Street juga paling pas diajak berkendara di dalam kota.

Hal tersebut tentu berbeda dengan Nex Crossover yang hadir dengan ban dual purpose dan performa mesin mantap. Motor Suzuki ini tidak hanya nyaman untuk perjalanan dalam kota, tapi juga oke untuk diajak menjelajah.

Terbaru