oleh

Honda ZR-V Diperkenalkan, SUV Paling Bertenaga!

Honda ZR-V resmi diperkenalkan di Cina. Mobil ini mengusung desain Sport Utility Vehicle (SUV) modern yang disematkan dengan teknologi dan fitur terbaru.

Secara desain, Honda ZR-V disebut banyak meniru HR-V versi Amerika. Tidak salah, karena jika bandingkan keduanya, terlihat adanya kemiripan pada desain. Khususnya lewat grille yang besar berbentuk segi delapan, lampu depan LED berdesain sipit, dan adanya tambahan ornamen DRL yang berbentuk siku L.

Pada bagian belakang juga terdapat desain lampu yang sama dengan HR-V Amerika. Perbedaan tampak dari saluran buang, lantaran ZR-V Cina pakai  knalpot ganda. 

Lalu di bagian belakang terdapat emblem “240 Turbo” yang juga digunakan oleh Integra yang dijual GAC Honda di China. Bisa jadi, Honda ZR-V ini ditenagai mesin bensin empat silinder 1.500 cc turbo dengan transmisi CVT.

Walau belum ada informasi resmi soal interiornya, tapi beberapa sumber sudah melakukan prediksi. Kabin ZR-V juga disebut bakal mirip dengan HR-V dengan beberapa perubahan kecil. Misalnya seperti pada interior akan menggunakan layar sentuh, instrumen digital, pengisian daya nirkabel, kontrol yang dipasang di kemudi, kursi berventilasi, sunroof elektrik, jok kulit, dan masih banyak lagi.

Baca juga  5 Mobil Bekas yang Paling Dicari dan Terjangkau!

Untuk kemiripan desain mobil seperti ini sebenarnya tidak masalah, dan biasa dilakukan oleh pabrikan. Selama desain tersebut bisa diterima pasar. 

Sebagaimana diketahui, saat ini Honda HR-V untuk pasar Amerika yang mirip dengan ZR-V terbaru ini menggunakan basis yang sama seperti Honda Civic generasi 11. Mobil tersebut juga berdimensi lebih besar dibandingkan HR-V yang hadir lebih dulu di Jepang.

ZR-V Cina Pakai Mesin Turbo

Honda ZR-V
Honda ZR-V disebut akan menggunakan mesin Turbo berkonfigurasi 180 HP dan torsi 240 Nm, angka ini sama dengan HR-V dan mesin VTEC yang digunakan Honda Integra.

Nah untuk mesin, model ini dibekali dengan mesin berbahan bakar bensin empat silinder 1,5 liter turbocharged, yang digerakan melalui transmisi CVT.

Hal ini jika mengacu pada emblem di belakang mobil, mesinnya bisa sedikit ditebak. Kemungkinan mengaplikasikan mesin VTEC Turbo seperti yang digunakan Honda Integra. Mengutip dari laman Paultan, disebut mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 180 Hp dan torsi 240 Nm.

Performa tersebut mirip-mirip dengan HR-V Turbo yang dijual di Indonesia. Dengan spek mesin seperti ini, Honda ZR-V digadang-gadang akan menjadi salah satu compact SUV yang paling bertenaga di pasar China. 

Baca juga  Sosok Honda Jazz Type R, Masuk Indonesia?

Walau sudah meluncur, namun Honda ZR-V belum dijual bebas. Harga resminya pun belum diumumkan. Prediksinya, GAC Honda Cina akan memasarkannya secara resmi pada akhir tahun 2022 ini.

Sebelumnya Honda Indonesia digadang-gadang juga siap menelurkan Honda ZR-V. Hanya saja sepertinya ZR-V versi Tanah Air bakal berbeda dengan model Cina. Kemungkinan desainnya bakal lebih ringkas lagi, supaya bisa menantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Lalu soal mesin, sepertinya pakai kubikasi lebih kecil seperti 1.0 Liter Turbo.

Pensaran dengan ZR-V versi Indonesia? Tunggu saja peluncurannya dalam waktu dekat, kemungkinan tahun ini. Demikian ulasan terkait Honda ZR-V terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru