Minggu, September 25, 2022

Suzuki Escudo is Back, Sekarang Mesinnya Hybrid!

by Tigor Sihombing
Suzuki Escudo

Suzuki Escudo kembali hadir menyapa para penggemar otomotif. Tapi mobil ini tidak muncul dalam mesin konvensional, melainkan sudah mengadopsi teknologi mesin hybrid.

Mobil yang sempat tenar di Indonesia era tahun 90an ini, dirilis versi barunya oleh Suzuki Jepang. Di Negeri Sakura pun, sesungguhnya Escudo sudah lama sekali tidak dapat penyegaran. Kini tampilannya pun, tidak jauh beda dengan Vitara.

Walau demikian, di Jepang, Suzuki Escudo terbaru mengadopsi jantung pacu baru berteknologi hybrid. Mengutip laman Carscoops (9/5/2022), Escudo hadir dengan mesin empat silinder DualJet 1.500 cc bertenaga 99 hp dan torsi 132 Nm. Sementara motor listriknya menghasilkan tenaga 33 hp dan torsi 60 Nm.

Mesin tersebut menyalurkan tenaga ke keempat rodanya melalui girboks otomatis ASG 6-percepatan, yang dikombinasikan dengan sistem AllGrip AWD Suzuki.

Kemudian, Escudo juga menawarkan mode berkendara Auto, Sport, Snow, dan Lock, yang dapat meningkatkan kemampuan off-road-nya. Termasuk juga sistem keamanan ADAS yang menjadi standar.

Selain itu Suzuki Escudo hybrid ini dibekali baterai 6 Ah lebih besar daripada varian mild-hybrid, yang dipasang di bawah ruang kargo, sementara dulu berada di bawah kursi depan.

Baca juga  Spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid, Andalkan Lithium-Ion Battery

Yang menarik, Escudo hybrid juga memungkinkan untuk berjalan dengan tenaga listrik saja dalam kondisi mengemudi tertentu, seperti saat melaju pada kecepatan rendah.

Selain itu untuk pertama kalinya Suzuki mengaplikasi system pengereman regenerative yang mengontrol rem regeneratif dan rem kaki (pedal), yang menghasilkan tenaga listrik selama perlambatan.

Pengisian daya yang efisien dimungkinkan saat rem diinjak. Saat mobil melaju ke depan dan mundur (untuk parkir) menggunakan tenaga listrik untuk menghemat BBM dan bergerak sunyi.

Sistem Idling Stop diaplikasi oleh mobil ini. Mesin akan mati secara otomatis ketika deselerasi; saat melaju di jalan bebas hambatan dan pedal gas tidak diinjak oleh pengemudi; serta ketika berhenti di traffic light.

Dengan segala kelebihannya, Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar gabungan mencapai 5,1 liter per 100 km (metode WLTC) atau setara 19,6 km per liter.

Di Jepang, Suzuki Escudo ditawarkan dengan harga 2.970.000 yen atau setara Rp 332 jutaan. Sedangkan di Eropa, Vitara model 2022 ditawarkan 25.499 poundsterling atau setara Rp 468 jutaan. Meski lebih mahal, Suzuki Vitara Eropa belum mengadopsi teknologi hybrid.

Baca juga  Intip Teknologi Suzuki Smart Hybrid untuk Ertiga Hybrid!

Escudo Hybrid Masih Pakai Platform Lama

Suzuki Escudo

Escudo hybrid juga memungkinkan untuk berjalan dengan tenaga listrik saja dalam kondisi mengemudi tertentu, seperti saat melaju pada kecepatan rendah.

Meski sudah mengadopsi hybrid, Escudo terbaru masih mengusung platform dari model yang telah dipasarkan pada 2014. Kemudian pada 2018, model ini mendapat penyegaran dengan mesin turbocharged modern.

Lalu dapat pembaruan lagi dengan mesin hybrid ringan 48V pada 2020. Terakhir pakai teknologi hybrid penuh 140V pada tahun ini.

Di Indonesia, Suzuki Vitara atau Escudo setop produksi sejak tahun 2012. Lalu kiprahnya dilanjutkan oleh Suzuki Grand Vitara dan juga sudah tidak di pasarkan pula mulai tahun 2018 akhir.

Demikian ulasan terkait Suzuki Escudo Hybrid terbaru yang rilis di Jepang. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika