Minggu, September 25, 2022

Innova Hycross Uji Jalan, Kapan Dijual?

by Tigor Sihombing

Toyota dikabarkan sedang menguji Innova Hycross sebagai produk terbarunya di tahun ini. Foto-foto uji jalan tersebut pun telah tersebar, dimana Innova Hycross tertangkap kamera dengan balutan kamuflase sedang menyusuri suatu jalan kota di India.

Menurut penelusuran foto tersebut pertama kali diunggah oleh pengguna Facebook bernama Natthaphon Matsarat. Kemungkinan besar mobil saat itu sedang dites jalan karena seluruh body mobil dikamuflase dan hanya terlihat beberapa bagian saja.

Terlihat pada foto mobil itu, dari bagian depan sampai tengah dimensinya mirip dengan Innova generasi saat ini. Tetapi untuk bagian buritan, sepertinya dimensi mobil yang dikamuflase itu sedikit lebih besar daripada Kijang Innova saat ini.

Salah satu perbedaan yang terlihat ialah dari bentuk stoplampnya, pada Kijang Innova baru bentuknya kini horizontal, mirip stoplamp pada mobil-mobil baru Toyota generasi baru.

Selain itu diprediksi salah satu mobil (Multi Purpose Vehicle) MPV terlaris di Indonesia tersebut sudah menggunakan platform terbaru Toyota New Global Architecture atau TNGA.

Seperti kita ketahui, platform TNGA saat ini telah banyak digunakan oleh model-model mobil keluaran Toyota terbaru, termasuk di Indonesia.

Baca juga  3 Kekurangan Toyota Veloz Baru 2021, Harus Tahu!

Selain itu, disebutkan juga bahwa sistem penggerak roda belakang diubah ke depan demi meningkatkan efisiensi bahan bakar. Jantung penggeraknya juga diganti menjadi hybrid, yakni perpaduan mesin biasa dengan motor listrik.

Mengutip laman Rushlane 13 May 2022, pihak Toyota India juga sudah  sudah mendaftarkan peten nama baru tersebut yakni Innova Hycross sejak 24 Maret 2022 lalu dan didaftarkan dengan nomor kode 5382816. Diketahui yang mendaftarkannya adalah Toyota Jidosha Kabushiki Kaisha, alias Toyota Motor Corporation.

Informasi terbaru menyebutkan, bahwa generasi terbaru dari Innova bakal resmi diperkenalkan pada Oktober mendatang di India. Sayang untuk saat ini spesifikasinya belum beredar secara rinci.

Arti Nama Innova Hycross

Innova Hycross

Innova sendiri sebenarnya sudah memiliki mesin hybrid yang sedang dikembangkan di Indonesia, disematkan pada Kijang Innova EV Concept  yang beberapa bulan lalu diperkanalkan di IIMS 2022.

Terkait arti nama Hycross, bisa saja nama ini diambil dari akronim Hybrid dan Crossover. Yang merarti mereka mengkonsepkan mobil ini sebagai kendaraan Crossover yang bertenaga hybrid.

Baca juga  Toyota Rush GR Sport, Banyak Ubahannya!

Hal ini bukanlah tidak mungkin, karena Innova sendiri sebenarnya sudah memiliki mesin hybrid yang sedang dikembangkan di Indonesia, disematkan pada Kijang Innova EV Concept  yang beberapa bulan lalu diperkanalkan di IIMS 2022.

Belum lagi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pernah bilang, “PT Toyota juga telah menyampaikan komitmennya untuk memproduksi beberapa jenis kendaraan elektrifikasi, yang akan diawali dengan produksi Kijang hybrid. Tentunya kami akan terus mendukung dan mendorong percepatan produk elektrifikasi atau kendaraan listrik murni,” katanya dalam rilis Kemenperin beberapa waktu lalu..

Lalu kapan ya kira-kira mobil ini akan rilis di India, kita tunggu saja ya. Demikian ulasan terkait Innova Hycross, simak terus Moladin.com untuk uddate terbaru berita otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika