Selasa, Maret 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota GR Supra Terbaru Meluncur, Harga Tembus Rp 2 Miliar

by Deni Ferlindungan
Toyota GR Supra terbaru mengaspal di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota GR Supra terbaru di Indonesia yang diklaim jauh lebih bertenaga, stabil, dan sporty. Khusus untuk GR Supra terbaru juga kini tersedia varian Special Edition yang cuma tersedia warna biru atau Horizon Blue.

Sports car legendaris Toyota dengan tampilan coupe ini kembali dikembangkan dalam balutan excitement untuk memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan (pure driving pleasure). Baik untuk dipacu dilintasan balap maupun di jalan raya.

“Sejak kami perkenalkan tahun lalu, kami bersyukur GR Supra mendapatkan antusiasme yang sangat besar dari masyarakat Indonesia,” ujar Vice President Director PT Toyota–Astra Motor, Henry Tanoto dalam keterangan resminya kepada Moladin, Selasa (22/9/2020).

Henry pun menambahkan, “Melalui New GR Supra ini, kami  ingin  menegaskan komitmen untuk senantiasa melakukan improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever–Betters Cars bagi para pelanggannya”.

Pertanyaan apa sebenarnya yang berubah dari mobil sport ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Toyota GR Supra Terbaru Andalkan Mesin Lebih Buas

Toyota GR Supra terbaru

Toyota GR Supra terbaru andalkan mesin yang lebih bertenaga

Bila mengacu pada ubahan paling terasa pada Toyota GR Supra terbaru terletak pada sektor jantung pacunya. Di mana Mesin 3.000 cc 6-silinder pada GR Supra teranyar telah dikembangkan sehingga tenaga maksimal menjadi 381,7 hp dari sebelumnya 335,3 hp.

Tenaga maksimal itu dapat dicapai pada putaran mesin 5.800-6.500 rpm dengan torsi maksimal sekitar 500 nm pada putaran mesin 1.800-5.000 rpm.

Perubahan lain pada area mesin yakni penambahan strut brace yang membuat cengkraman ban menjadi lebih kuat. Ini juga dikatakan meningkatkan kestabilan saat dipacu kecepatan tinggi sembari melalui tikungan.

Baca juga  Toyota Luncurkan GR 86 2022, Lebih Mahal dari Subaru BRZ!

Dengan ubahan pada sektor jantung mekanis tersebut, diharapkan Toyota GR Supra terbaru mampu memenuhi kebutuhan para pecinta mobil sport di Indonesia.

Baca juga:

Tampilan Eksterior dan Interior yang Sedikit Dapat Sentuhan Baru

Toyota GR Supra 2020

Toyota GR Supra terbaru mendapat penyematan logo dan kaliper rem baru

Beralih ke tampilan, Toyota GR Supra terbaru juga punya sedikit ubahan. Melalui hadirnya penambahan logo Supra pada kaliper merah rem depan yang ikut menambah nilai estetika GR Supra teranyar bagi penggunanya.

Sementara pada ruang kabin yang kini didominasi warna hitam, terdapat penambahan fitur wireless charger yang membuat GR Supra tidak hanya sportif dan bertenga. Namun juga memiliki teknologi yang advance.

Pada Special Edition dilengkapi beberapa ubahan yakni warna eksterior Horizon Blue, pelek sport warna hitam ukuran 19 inci, dan kursi dengan pelapis Black Alcantara dan aksentuasi biru.

GR Supra merupakan Generasi ke-V dari legenda sports car Toyota Supra, dimana generasi pertamanya diluncurkan pada 1978. Setelah sempat vakum selama 17 tahun, yaitu sejak Toyota menghentikan produksi Generasi Supra ke IV pada 2002.

Toyota kembali memperkenalkan GR Supra generasi terbaru pada Januari 2019 di Detroit pada ajang North American International Auto Show, Amerika Serikat.

Dalam waktu tidak terlalu lama, penggemar sports car di Indonesia juga sudah bisa ikut merasakan performa GR Supra yang diperkenalkan secara resmi pada ajang pameran GIIAS 2019.

Satu berselang pasca peluncuran di Indonesia, kini konsumen di Indonesia dapat langsung mencicipi Toyota GR Supra terbaru yang lebih bertenaga.

Baca juga  7 Tips Beli Toyota Avanza Bekas Berkualitas

“Toyota memang berupaya untuk secepatnya bisa membawa New GR Supra ke Indonesia, sebagai bukti komitmen kami menghadirkan kendaraan terbaik untuk konsumen di semua segmen,” ujar Marketing Director PT Toyota–Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Anton menjelaskan, Toyota GR Supra terbaru adalah persembahan terbaik dari Toyota untuk pengemar sports car di mana pun berada, termasuk di Indonesia. Dari 12 unit yang dialokasikan untuk Indonesia, semuanya sudah habis terjual.

Jadi untuk kalian yang berminat untuk meminang GR Supra Special Edition. Nampaknya harus lebih bersabar, Sob!

Sekadar informasi, Toyota GR Supra dipasarkan dengan banderol Rp 2,158,5 miliar dan Rp 2,179,5 miliar untuk Special Edition. Banderol itu naik sekitar Rp160 juta ketimbang model yang dijual pertama kali pada Oktober 2019 di Indonesia sebesar Rp 1,995 miliar.

Sementara untuk kembaran GR Supra yang dijual di dalam negeri, yakni BMW Z4 sDrive30i M Sport dengan mesin 2.000 cc yang belum mendapatkan perubahan baru, dilego lebih murah Rp 1,668 miliar.

GR Supra Hasil Pengembangan Gazoo Racing

Toyota GR Supra 2020

Toyota GR Supra model 2020 yang sudah ludes terjual di Indonesia

Toyota GR Supra merupakan hasil pengembangan tim teknisi Gazoo Racing melalui serangkaian uji coba yang panjang, baik di jalan raya maupun lintasan sirkuit.

Saat masih dalam wujud prototype. Bahkan mobil mewah ini sudah diikutsertakan dalam lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nürburgring, Jerman.

Tujuannya tentu guna menemukan komposisi terbaik sebuah sports car sejati. Namun tetap memberikan kenyamanan berkendara ketiga digunakan untuk sehari-hari.

Keikutsertaan protipe GR Supra pada ajang motorsport memberi peluang untuk menguji batas maksimum kemampuan yang mampu diraih. Pihak pabrikan mengklaim melalui keikutsertaan di ajang balap dapat mendorong batas maksimal dari sisi performa yang dapat dicapai.

Baca juga  Toyota Vios Vs MG 5 GT, Sedan Mana yang Lebih Baik?

Sementara itu, melalui uji coba di lintasan jalan raya di berbagai negara, para engineer bisa lebih mengetahui karakter yang harus dimiliki GR Supra sebagai mobil sport yang akan diproduksi massal dan dipasarkan secara global.

Semua itu bertujuan untuk menemukan titik keseimbangan optimal bagi tiga elemen kunci stabilitas kendaraan yakni jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread), dan pusat gravitasi (center of gravity). Tiga faktor tersebut yang menjadi sports car tetap stabil saat dipacu diberbagai kondisi lintasan.

“Dikembangkan dengan misi untuk mencapai Supreme Fun To Drive,  GR Supra tak hanya mumpuni di lintasan pacu, namun menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya,” pungkas Anton.

Di atas kertas, Toyota GR Supra terbaru didukung dengan wheelbase 2.470 mm. Tujuannya agar titik pusat gravitasinya mampu memberikan kestabilan, terutama saat menikung.

Lebih lanjut, distribusi berat kendaraan dibuat seimbang yaitu 50:50 antara bagian depan dengan belakang. Ini menjadi faktor yang penting untuk menjaga performa GR Supra tidak limbung saat melintasi tikungan.

Guna lebih memperkuat driveability, gardan GR Supra dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elektronik. Fitur ini mampu membuat mobil ini meluncur mulus saat di tikungan, dan bisa segera dipacu begitu berada pada track lurus.

Semoga informasi mengenai Toyota GR Supra terbaru ini dapat bermanfaat untuk kalian. Terlebih bagi para pecinta sports car di Indonesia.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika