oleh

Syamsir Alam Meninggal Dunia, Legenda Off-Road Indonesia

Syamsir Alam, salah satu legenda off-road Indonesia telah menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Siloam Balikpapan pada Kamis (12/5) kemarin karena sakit. Legenda off-road Indonesia Bernama lengkap H Syamsir Alam Bin Rustam Bahar meninggal pada usia 71 tahun.

Pria yang juga akrab dengan julukan Crazy Sams ini merupakan founder bagi Indonesia Off-road Federation (IOF). Dia pun berjasa dalam menghadirkan ekosistem off-road di tanah air.

Sebagai informasi, Indonesia Off-Road Federation (IOF) adalah sebuah organisasi di Indonesia yang mewadahi para penggemar kegiatan off-road, kompetisi, rekreasi dan sosial kemasyarakatan. Saat ini IOF telah memiliki Pengurus Daerah di 33 provinsi di Indonesia.

Di bidang kompetisi off-road, beberapa cabang kegiatan off-road yang telah diatur oleh IOF. Seperti Racing Off-Road, Mud Racing, Rock Crawling, Gilas Mobil dan Adventure Off-Road.

Berbagai event off-road berskala besar hingga internasional seperti Diplomat Challenge Off-road hingga ajang Indonesia Off-road X-Pedition (IOX) yang begitu megah menjadi salah perhelatan yang menjadi mahakarya dan akan selalu dikenang dalam industri otomotif di Indonesia.

Baca juga  Sean Gelael Raih Juara 2 di Asian Le Mans 2021

Ungkapan belasungkawa juga diungkapkan oleh beberapa sahabat dari Syamsir Alam di sosial media, sebut saja Yuma Wirnatakusumah, Wijaya Kusuma Subroto, Iyus Bandung, dan Ery Rinjani.

Seperti diketahui, Syamsir Alam beserta offrader andal lainnya telah menyiapkan jalur Meratus Expedition (MEX). Event ini akan digelar mulai 14 hingga 25 Mei 2022.Meratus Expedition 2022 berbeda dari sebelumnya. Biasanya start dari Kabupaten Banjar ke Tanah Bumbu, maka kali ini start dan finish di Tanah Bumbu.

Meski begitu, jalur yang dipersiapkan tidak kalah ‘kejam’ dari event-event MEX sebelumnya. Oh ya, untuk peserta MEX 2022 dibatasi hanya 50 mobil.

Sekilas Mengenai Syamsir Alam

Syamsir Alam
Syamsir Alam

Kisah perjalanan offroad sudah dimulai oleh Syamsir Alam sejak masa mudanya. Dikutip dari berbagai media otomotif di Indonesia, Syamsir Alam pertama kali belajar mengemudikan mobil pada tahun 1961 dan mulai mengemudikan mobil sendiri pada tahun 1965 dengan mobil pertamanya land Rover seri 1.

Tahun 1975, Syamsir mendapatkan pekerjaan di pertambangan yang berlokasi di Kalimantan. Di tahun itu, jalanan di pulau Kalimantan tentu kondisi jalanan masih belum diaspal.

Baca juga  Spesifikasi Mobil Formula E Gen3, Top Speed 322 Kpj

Dan tentu saja kondisi jalan yang belum sempurna tersebut dimanfaatkan oleh Syamsir Alam untuk mengasah kepiawaiannya dalam berlatih mobil off-road.

Offroad dan Syamsir Alam seolah seperti menyatu. Kecintaannya akan petualangan dengan menggunakan kendaraan 4×4 telah melekat erat pada pria yang dikenal ramah ini.

Syamsir bahkan masih ikut ajang offroad bertajuk Sleman Competition Stage 2022 bersama offroader papan atas seperti Wahyu Jatmiko, Wawan Dalbo, dan Sumardji.yang berlangsung pada Januari 2022 lalu.

Moladiners, itulah ulasan mengenai meninggalnya salah satu offroader handal Indonesia Syamsir Alam. Kami segenap redaksi Moladin.com mengucapkan turut berbelasungkawa. Semoga Almarhum diberikan tempat terbaik disisiNya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru