by

Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Kunciran ke Cinere

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, resmikan Jalan Tol Kunciran ke Cinere untuk memudahkan akses masyarakat yang menggunakan mobil dan ingin menuju Bandara Soekarno – Hatta.

Sebagai bagian dari pelayanan publik, Jalan Tol Kunciran – Cinere yang sebelumnya masih belum beroperasi, akhirnya secara resmi dibuka oleh Jokowi pada hari ini, Kamis (1/4/2021). Adapun tujuan dari dibukanya jalur ini adalah untuk memudahkan masyarakat yang ingin menuju bandara dalam mobilitasnya.

Dalam peresmian Jalan Tol Kunciran – Cinere, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran memiliki panjang 14,19 kilometer sedangkan Tol Serpong – Cinere Seksi 1 Serpong Pamulang memiliki panjang 6,5 kilometer. Namun, jarak tersebut akan terus diperpanjang secara bertahap nantinya.

Dalam sambutan peresmian Jalan Tol Kunciran ke Cinere, Presiden Joko Widodo, menyampaikan bahwa peresmian jalan tol ini merupakan sebuah penantian bagi warga sekitar yang ingin memangkas jarak dan waktu agar lebih cepat menuju bandara Soetta.

Baca juga  Siap-Siap, Tarif Tol di Jakarta Bakal Segera Naik

“Jalan tol ini dinantikan masyarakat terutama di Tangerang dan Tangerang Selatan, sebagai alternative masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno – Hatta,” ujar Presiden Joko Widodo.

Dengan peresmian yang dilakukan tersebut, Presiden Joko Widodo, juga menambahkan bahwa nantinya kemacetan yang ada di sekitar wilayah ini akan terurai berkat adanya Jalan Tol Kunciran ke Cinere. Selain itu, untuk masyarakat pengguna moda transportasi juga akan diuntungkan karena akan lebih efisien dalam mobilitasnya.

“Diharapkan jalan tol ini dapat meningkatkan daya saing daerah, membangkitkan perekonomian kawasan sekitar, dan mempercepat pertumbuhan kawasan ekonomi. Saya minta Pemerintah Daerah menjadikan infrastruktur ini sebagai sebuah keunggulan untuk menarik investasi dan banyak usaha baru sehingga membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” tambah Presiden Jokowi.

Jaringan Tol JORR 2 sepanjang 109,57 km melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok terdiri atas 6 ruas. Sebanyak 3 ruas telah rampung yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 km),Kunciran-Serpong (11,19 km), dan Serpong-Cinere (10,1 km).

Baca juga  Siap-Siap, Tarif Tol di Jakarta Bakal Segera Naik

Tarif Jalan Tol Kunciran ke Cinere Masih Digratiskan Selama Dua Pekan

Jalan Tol Kunciran ke Cinere
Tarif Jalan Tol Kunciran ke Cinere masih digratiskan

Pasca peresmian Jalan Tol Kunciran ke Cinere yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, nantinya masyarakat yang menggunakan ruas tol baru ini tidak akan dikenakan biaya. Dalam informasi yang kami terima, jalan tol ini akan digratiskan untuk penggunaan selama dua pekan atau 14 hari.

Sementara untuk tarif yang akan ditetapkan pada Jalan Tol Kunciran – Cinere, baik pengelola jalan tol atau pihak lainnya belum memberikan keterangan resmi terkait berapa besaran yang akan dibebankan kepada pengguna jalan tol tersebut.

“Dengan adanya JORR 1 dan JORR 2 akan ada alternatif untuk memecah lalulintas dan untuk arus barang juga yang dari Pelabuhan Merak ke Cikampek atau sebaliknya tanpa perlu masuk Kota Jakarta, bisa masuk ke jalan-jalan lingkar ini,” pungkas Menteri Basuki.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru