Sabtu, Maret 2, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

4 Kekurangan Toyota Corolla Cross Hybrid, Masih Mau Beli?

by Firdaus Ali
kekurangan Toyota Corolla Cross Hybrid

Mengulas kekurangan Toyota Corolla Cross Hybrid memang menarik. Sebab mobil berlogo “T” ini merupakan salah satu idola baru di segmen SUV bermesin Hybrid. Walau banyak keunggulan, bukan berarti tidak ada kelemahannya.

Toyota Corolla Cross Hybrid hadir dengan tampilan yang modern dan elegan. Di mana kombinasi garis lekukan body, desain grill dan headlamp serta sentuhan lainnya terjalin dengan apik.

Selain desain eksterior yang modern, tampilan kabin interiornya juga dihadirkan dengan aura elegan. Dimana kulaitas jok, dashboard dan doortrimnya terlihat berkualitas. Soal pilihan warna, Toyota Corolla Cross Hybrid hadir dengan pilihan Attitude Black Metallic, Celestite Gray Metallic, Graphite Metallic (Spot Order), Metal Stream Metallic, Nebula Blue Metallic, Platinum White Pearl, Red Mica Metallic (Spot Order).

Bicara performa mesin, Corolla Cross Hybrid juga cukup istimewa. Mengusung mesin berkapasitas 1.789 cc (1.8 L), non-turbo 4-silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan diklaim sebesar 96,6 hp pada 5.200 rpm serta torsi 142 Nm pada 3.600 rpm. Kemudian untuk motor elektriknya mempunyai tenaga sebesar 72 hp dan torsinya mencapai 163 Nm. Tenaga yang dihasilkan dari kedua sumber tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi otomatis Continuous Variable Transmission (CVT).

Dengan beberapa daya tarik dari Toyota Corolla Cross Hybrid tersebut, nyatanya mobil ini masih mempunyai kekurangan. Apalagi bila dibanding SUV hybrid lain dari kompetitor seperti Nissan Kicks e-Power dan Wuling Almaz Hybrid. Biar tidak penasaran, mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Bukan 7-Seater

kekurangan toyota corolla cross hybrid - interior belum 7-seater

Interior Corolla Cross Hybrid cuma muat 5-orang

Kekurangan Toyota Corolla Cross Hybrid yang pertama adalah kapasitas penumpang yang hanya bisa menampung untuk 5 orang. Berbeda dengan salah satu rivalnya yaitu Wuling Almaz Hybrid yang kapasitasnya sudah bisa menampung 7 orang.

Seperti diketahui, saat ini segmen mobil SUV (Sport Utility Vehicle) 7-seater sedang digemari konsumen di Indonesia. Bukan tanpa alasan, tampilan mobil SUV yang umumnya lebih gagah menjadi pilihan menarik dibandingkan mobil MPV, tapi tetap muat seluruh anggota keluarga. 

Kalau pun cuma dipakai 5-orang, jok baris ketiga mobil 7-seater seperti Almaz Hybrid bisa dilipat rata lantai. Alhasil tercipta ruang bagasi untuk meletakkan barang yang sangat besar.

2. Tidak Ada Fitur TSS (Toyota Saftey Sense)

kekurangan toyota corolla cross hybrid - tidak ada tss

Belum ada TSS di Toyota Corolla Cross Hybrid

Kekurangan Toyota Corolla Cross Hybrid selanjutnya adalah tidak adanya fitur TSS (Toyota Safety Sense). Yup, hal ini sangatlah disayangkan karena beberapa mobil baru keluaran Toyota umumnya sudah dilengkapi fitur TSS.

Imbasnya, jika disejajarkan dengan Wuling Almaz Hybrid, kelengkapan fitur Toyota Corolla Cross Hybrid keok. Sebab Almaz Hybrid sudah mengusung fitur ADAS ( Advanced Driver Assistance System) yang mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Intelligent Cruise Assistance (ICA) + Traffic Jam Assistance (TJA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Kemudian ada pula fitur Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS), serta Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Bila pembandingnya Nissan Kicks e-Power, Corolla Cross juga kalah dalam hal fitur keselamatan. Pasalnya SUV Nissan tersebut sudah memiliki teknologi Intelligent Mobility yang serupa ADAS di Almaz Hybrid.

3. Ground Clearance Rendah

kekurangan Toyota Corolla Cross Hybrid - ground clearance rendah

Ground clearance Corolla Cross Hybrid cuma 165 mm

Sebuah SUV umumnya punya ground clearance tinggi. Hal tersebut berguna ketika mobil diajak berkendara ke berbagai medan jalan, bodi bawah tidak mudah bersinggungan dengan jalan

Nah, soal ground clearance ternyata jadi kekurangan Corolla Cross Hybrid. Mobil berlogo T walau pakai roda besar 225/80-18 inci, ternyata cuma memiliki jarak terendah ke tanah 165 mm. Ini ternyata paling rendah dibanding kompetitor.

Tidak percaya? Bandingkan dengan Nissan Kicks e-Power yang punya ground clearance 175 mm. Wuling Almaz Hybrid lebih tinggi lagi, bahkan mencapai 230 mm.

4. Harga Lebih Mahal Dibanding Almaz Hybrid & Kicks e-Power

kekurangan Toyota Corolla Cross Hybrid

Harga lebih mahal dari Almaz Hybrid & Kicks e-Power

Selanjutnya, kekurangan Toyota Corolla Cross Hybrid adalah soal harga. Di mana harga yang dipatok lebih mahal dibanding para rivalnya seperti Wuling Almaz Hybrid dan Nissan Kicks e-Power.

Corolla Cross Hybrid dibanderol Rp 540,9 juta. Sementara untuk Almaz Hybrid dijual dengan harga Rp 470 juta. Sementara itu untuk Nissan Kicks e-Power diharga Rp 515 juta. Oh ya, harga ketiga mobil tersebut untuk wilayah DKI Jakarta. Jadi, untuk wilayah lain kemungkinan ada selisih harga alias lebih mahal.

Padahal bicara fitur, Corolla Cross Hybrid juga tidak lebih istimewa dari kompetitornya. Utamanya karena belum dilengkapi teknologi keselamatan aktif seperti halnya ADAS di Wuling Almaz Hybrid dan Nissan Intelligence

Moladiners, itulah ulasan mengenai kekurangan Toyota Corolla Cross Hybrid. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika