by

5 Kelebihan Daihatsu Xenia, Masih Layak Dibeli?

Kelebihan Daihatsu Xenia – Mobil keluarga yang cukup favorit untuk masyarakat di Indonesia adalah Daihatsu Xenia. Alasan kuat mengapa Daihatsu Xenia laris manis dipasaran lantaran mampu menampung banyak penumpang, efisien, dan juga memiliki mesin yang bandel.

Mengulas lebih dalam, Daihatsu Xenia dirancang dan diproduksi di Indonesia. Bersama dengan kembarannya, Toyota Avanza mobil ini sudah hadir sejak tahun 2003 di Tanah Air.

Diperhatikan sepintas sejatinya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza serupa, namun ada sejumlah perbedaan dari kedua produk itu. Menariknya penjualan Daihatsu Xenia tidak hanya tinggi di pasar Nasional, seiring dengan tingginya permintaan untuk pasar ekspor.

Tercatat di tahun 2011 saja, penjualan Xenia sudah menembus 1 juta unit, termasuk untuk pasar ekspor yang mencapai 113.000 unit. Berdasarkan data internal pabrikan, pada Desember 2018, secara akumulasi penjualan Xenia dan Avanza mencapai hampir 3 juta unit.

Bersama dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia masuk dalam daftar sebagai mobil terlaris di Indonesia. Perjalanan Daihatsu Xenia hingga kini pun terbilang cukup panjang. Serta mengukir prestasi bagi pabrikan.

Laris manisnya penjualan, tak lepas dari kelebihan Daihatsu Xenia yang nyatanya mampu menjawab kebutuhan konsumen. Seiring berjalannya waktu, Daihatsu Xenia terus bertranformasi, dan kini semakin modern.

Teknologi yang ditawarkan pun semakin lengkap, khususnya untuk menunjang keselamatan dan keamanan bagi pengemudi dan penumpang. Fitur yang ditawarkan pun kini makin beragam.

Lalu sebenarnya apa saja kelebihan Daihatsu Xenia hingga mampu meraih penjualan yang tinggi di Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Punya Mesin Tangguh dan Efisien, Jadi Kelebihan Daihatsu Xenia

Kelebihan Daihatsu Xenia punya mesin yang tangguh
Durabilitas mesin Daihatsu Xenia terkenal bandel

Daihatsu Xenia dikenal memiliki mesin yang tangguh, hal ini jadi salah satu kelebihan Daihatsu Xenia. Jika dibandingkan dengan kompetitor, untuk urusan durabilitas tentunya tak perlu diragukan lagi.

Mengingat mobil ini sudah digunakan banyak masyarakat di Indonesia sejak tahun 2003 silam. Pada Grand New Xenia yang merupakan model facelift terakhir dari Daihatsu Xenia yang rilis pada 2019 lalu, mobil ini ditawarkan dalam pilihan mesin berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter.

Baca juga  7 Rekomendasi MPV Pintu Geser Bekas Rp 100 Jutaan

Mesin pertama berkode 1 NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.329 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 97 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 120 Nm. Pilihan mesin kedua tipe 2 NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc, dengan tenaga 104 PS dan torsi 136 Nm.

Pilihan transmisi tersedia dalam dua varian, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Kedua transmisi itu dirasa sudah cukup mengakomodir kebutuhan konsumen.

Kedua mesin Daihatsu Xenia dikenal efisien dan juga bandel. Kelebihan Daihatsu Xenia lainnya, karena menggunakan penggerak roda belakang atau rear-wheel drive (RWD).

Faktor yang satu ini membuat Daihatsu Xenia unggul dari sejumlah kompetitor seperti Mitsubishi Xpander maupun Honda Mobilio yang menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Spesifikasi Mesin Daihatsu Xenia

Mesin 1.3 Liter

Mesin 1.5 Liter

1 NR-VE DOHC Dual VVT-i

2 NR-VE DOHC Dual VVT-i

1.329 cc

1.496 cc

97 PS

104 PS

120 Nm

136 Nm

4-Silinder

4-Silinder

Rear Wheel Drive

Rear Wheel Drive

2. Memiliki Kabin dan Bagasi yang Luas

Kelebihan Daihatsu Xenia punya kabin lapang
Kabin yang luas jadi kelebihan Daihatsu Xenia

Kabin dan bagasi yang luas menjadi kelebihan Daihatsu Xenia. Di mana mobil multiguna ini banyak menjadi pilihan masyarakat karena mampu menampung banyak bawaan, dan mengakomodir kebutuhan.

Grand New Daihatsu Xenia memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Dimensi tersebut mampu menampung hingga 8 orang penumpang.

Daya tampung yang besar, membuat Xenia tidak hanya sanggup menampung orang. Barang bawaan yang banyak juga bisa dilahapnya dengan mudah.

Sejalan dengan itu, bila kursi bagian belakang dilipat ke depan, maka area bagasi menjadi sangat luas yang mampu menambah kapasitas penampungan barangnya jadi semakin meningkat.

Baca juga  Komparasi Toyota Calya Vs Daihatsu Sigra, Mana Lebih Baik?

3. Fitur Semakin Lengkap dan Modern

xenia vs avanza
Daihatsu Xenia varian tertinggi 1.5 R Deluxe

Punya fitur yang semakin lengkap, jadi kelebihan Daihatsu Xenia. Hal ini dilakukan Daihatsu Indonesia untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Sebagai contohnya, pada Grand New Daihatsu Xenia sudah dilengkapi dengan tombol pengaturan AC digital. Kehadiran fitur ini memudahkan pengemudi maupun penumpang dalam mengatur suhu kabin.

Model knob pada model terdahulu pun sudah ditinggalkan. Kini pengaturan AC hanya cukup menekan tombol saja. MPV ini dilengkapi sensor parkir depan dan belakang.

Gunanya untuk memberi peringatan ke pengendara bila mobil sudah terlalu dekat dengan objek lain. Dengan demikian, potensi tabrak dinding atau mobil lain saat parkir bisa berkurang.

Kalau dibandingkan dengan kembarannya, yakni Avanza cuma ada sensor parkir belakang. Mobil tersebut tidak dilengkapi sensor depan.

Xenia terbaru juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan electronic brake distribution (EBD). Fungsinya untuk mengoptimalkan pengereman belakang, di berbagai kondisi. Justru fitur ini tidak tersedia di kembarannya.

Dalam menunjang kenyamanan Daihatsu Xenia juga sudah dilengkapi dengan anti-lock braking system (ABS), Dual SRS Airbags, immobilizer, serta window jam protection.

4. Jaringan Luas, Servis dan Ketersediaan Suku Cadang Berlimpah

Kelebihan Daihatsu Xenia ketimbang kompetitor
Didukung dengan layanan servis, jaringan luas, dan suku cadang lengkap jadi kelebihan Daihatsu Xenia

Bicara mengenai kelebihan Daihatsu Xenia selanjutnya adalah didukung jaringan servis yang luas, ya maklum saja Daihatsu! Ketersediaan layanan purna jual dan suku cadang mudah di dapat, dan harganya pun terjangkau.

Seperti yang diketahui, Daihatsu memiliki jaringan penjualan yang cukup besar di Indonesia, yang tersebar hingga ke pelosok negeri. Selain itu, jaringan bengkel dan spart part juga mudah ditemui.

Alasan ketersedian jaringan penjualan serta suku cadang yang tersedia di mana-mana juga jadi pertimbangan orang untuk memiliki mobil ini.

5. Harga Lebih Murah dan Banyaknya Varian Jadi Kelebihan Daihatsu Xenia

Ditawarkan dalam beragam pilihan warna jadi kelebihan Daihatsu Xenia
Ditawarkan dalam beragam pilihan warna jadi kelebihan Daihatsu Xenia

Buat kamu yang memiliki bujet minim, kelebihan Daihatsu Xenia memiliki banyak varian yang ditawarkan. Harganya beragam, dan bisa disesuaikan dengan dana yang diimiliki. Banderolnya pun lebih murah dari Toyota Avanza selaku saudara kembar.

Baca juga  Daihatsu Sirion Facelift 2020, Meluncur 19 Maret di Indonesia!

Pada Grand New Xenia yang saat ini dipasarkan tersedia dalam 10 varian yakni 1.3 X MT, 1.3 R MT, 1.3 X Deluxe MT, 1.3 X AT, 1.3 R Deluxe MT, 1.3 R AT, 1.3 X Deluxe AT, 1.3 R Deluxe AT, 1.5 R Deluxe MT, dan 1.5 R Deluxe AT.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 194,25 juta hingga Rp 238,15 Juta. Banderol tersebut tentunya cukup terjangkau. Pasalnya LMPV saat ini biasanya dijual dengan harga di atas Rp 200 jutaan.

Selain itu, Daihatsu Xenia juga tersedia dalam delapan pilihan warna. Tiga di antaranya merupakan warna baru, yakni Pearl White, Bronze Metallic, dan Blue Metallic.

Tersedia juga pilihan warna Dark Blue, Black Metallic, Dark Blue, Gray Metallic,dan Red Metallic. Bagi konsumen yang ingin meminang mobil ini, tentunya bisa memilih warna sesuai dengan keinginan.

Sekarang sudah tahukan apa saja kelebihan Daihatsu Xenia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu, khususnya yang ingin membeli mobil keluarga.

Berikut Daftar Harga Lengkap Grand New Xenia 2020

Grand New Xenia 1.3 X MT Rp 194,25 Juta
Grand New Xenia 1.3 R MT Rp 205,65 Juta
Grand New Xenia 1.3 X Deluxe MT Rp 206,2 Juta
Grand New Xenia 1.3 X AT Rp 205,15 Juta
Grand New Xenia 1.3 R Deluxe MT Rp 217,45 Juta
Grand New Xenia 1.3 R AT Rp 216,55 Juta
Grand New Xenia 1.3 X Deluxe AT Rp 218,05 Juta
Grand New Xenia 1.3 R Deluxe AT Rp 226,95 Juta
Grand New Xenia 1.5 R Deluxe MT Rp 227,25 Juta
Grand New Xenia 1.5 R Deluxe AT Rp 238,15 Juta

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Terbaru