by

5 Kelebihan Honda Brio, Modal Kuat Hadapi Kompetitor

Kelebihan Honda Brio – Segmen city car kini dihuni oleh beragam produk dari banyak pabrikan, baik dari Eropa maupun Jepang. Konsumen pun kini dihadapkan dengan banyaknya pilihan. Namun hanya sedikit yang mampu meraih pasar positif di Indonesia.

Di antara banyaknya produk-produk yang bermain di city car, ada salah satu produk yang cukup mencuri perhatian, yakni Honda Brio. City car terlaris Honda itu mampu meraih pasar yang cukup baik di Indonesia.

Honda Brio menyajikan sejumlah kelebihan yang menjadi daya tariknya. Tak heran, mobil ini mampu menyaingi sang rival terdekatnya, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Lalu apa sebenarnya kelebihan yang disajikan mobil yang ditawarkan dengan harga mulai Rp 146 juta hingga Rp 199,6 juta itu, hingga dapat menjadi ‘backbone’ Honda di Indonesia?

Berikut ini Moladin bakal menjabarkan secara rinci kelebihan Honda Brio:

1. Mesin Paling Bertenaga Dikelasnya Jadi Kelebihan Honda Brio

mesin honda brio
Mesin Honda Brio paling bertenaga di kelasnya

Kelebihan pertama yang ditawarkan Honda Brio adalah dari sisi mesin yang ternyata paling bertenaga dikelasnya. Mengusung mesin berkode L12B, Honda Brio menyajikan tenaga yang mumpuni.

Di atas kertas, city car ini memiliki mesin dengan kubikasi 1.2 liter. Tenaga yang dihasilkan mencapai 90 PS dengan torsi 110 Nm.

Istimewanya lagi, mesin itu disalurkan melalui transmisi 5-percepatan manual, dan untuk transmisi otomatis sudah menggunakan CVT. Berbeda dengan sang rival, transmisi CVT dikenal sangat baik, perpindahan gigi pun terasa halus.

Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Ayla D, Mobil Termurah di Indonesia

2. Kabin Nyaman Jadi Daya Tarik Honda Brio

interior honda brio
Interior Brio menawarkan kesenyapan yang terbaik dibanding kompetitor

Salah satu kelebihan yang ditawarkan Honda Brio adalah kadar noise, harshness dan vibration (NVH) yang juga cukup baik. Bila dibandingkan dengan kompetitornya di segmen city car dan LCGC. Ketika berada di dalam kabin, minim suara yang masuk ke dalam kabin.

Otomatis hal ini mampu meningkatkan kenyamanan ketika berada di dalam kabin. Di sisi lain, dengan dimensi bodi yang kini semakin lebar dengan panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm dan wheelbase 2.405 mm menyajikan keleluasan lebih baik bagi pengemudi dan penumpang.

Meski bodi terlihat mungil, namun setidaknya mobil ini mampu mengakomodir 5-penumpang. Terbilang mobil ini pun cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan keluarga kecil.

Saat berada di dalam kabin, poin yang cukup penting tim Moladin rasakan adalah mobil ini punya jok yang lebih tebal dan juga empuk. Hal ini tentunya mampu meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang.

Mobil ini juga didukung dengan sistem hiburan yang mumpuni. Pada Brio Satya terpasang audio 2-DIN, USB Port, AM/FM radio, compatible iPhone dan iPod, CD Player, AUX-IN, Bluetooth dan Handsfree

Baca juga  Harga Naik Rp5 Jutaan, Toyota Agya Facelift 2020 Resmi Dijual!

3. Sistem Pengendalian yang Baik, Jadi Kelebihan Honda Brio

Honda Brio
Rasa berkendara Honda Brio termasuk yang paling menyenangkan di kelas mobil murah

Poin positif yang dirasakan ketika berada di balik kemudi Honda Brio adalah handling yang ternyata sangat baik dikelasnya. Bahkan ketika pedal gas diinjak lebih dalam, kala itu Moladin berkesempatan untuk menjajal mobil ini Pulau Dewata. Memasuki kecepatan 100 kpj, mobil tetap stabil.

Ketika di ajak manuver pun setir terasa sangat responsif. Suspensi terasa empuk dan cukup mengakomodir kebutuhan.

Brio mengandalkan suspensi McPherson Strut di depan dan H-shape Torsion Beam di belakang. Posisi caster angle diatur ulang agar mengurangi gejala body roll berlebih. Mungkin ini yang menjadi salah satu penunjang Honda Brio memiliki pengendalian yang baik.

4. Konsumsi Bahan Bakar yang Efisien

Pom Bensin
Honda Brio merupakan mobil yang irit sekaligus bertenaga

Kubikasi mesin 1.2 liter yang diusung Honda Brio, ternyata mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang efisien. Terlebih transmisi CVT dengan teknologi Earth Dream mampu meningkatkan efisiensi.

Dari hasil pengujian pihak pabrikan, konsumsi bahan bakar Honda Brio mencapai 20,3 km/liter. Tak hanya memiliki mesin yang efisien, kemungkinan perbaikan desain pada All New Brio menjadi asalan kuat mobil ini punya konsumsi BBM yang baik.

Aerodinamika Honda Brio sangat diperhatikan. Perbaikan desain bodi mampu membuat udara di sekitar mengalir lancar.

Baca juga  5 Bocoran Honda Jazz Terbaru, Berubah Total!

5. Desain Sportif yang Asyik di Modifikasi

Modifikasi Brio
Konsep modifikasi Honda Brio

Desain Honda Brio sejak pertama dipasarkan memiliki tampilan yang sportif dan juga menarik. Mobil ini di desain cocok untuk segala jender dan juga kalangan.

Jika dibandingkan dengan generasi pertama, memang pada produk yang saat ini dipasarkan mengalami ubahan signifikan. Tujuannya menambah akomodasi dan kepraktisan kabin, agar makin memenuhi kebutuhan utama mobil perkotaan.

Pun begitu, desain sportif yang khas tak lantas hilang dari Honda Brio. Tampilannya yang segar menyajikan sisi agresif, dengan profil sosok hatchback tulen.

Meski begitu, masih banyak konsumen yang merasa tak puas dengan tampilan yang disajikan mobil satu ini. Para pemilik kerap menambahkan sentuhan modifikasi, yang mungkin tak ekstrem.

Hanya menambahkan sentuhan-sentuhan yang sederhana, agar mampu mendongkrak tampilannya. Umumnya bagi Brio Satya yang tampil lebih polos, cenderung lebih mudah didandani.

Sentuhan modifikasi yang biasa dilakukan seperti mengganti pelek, ataupun dibuat lebih ‘ceper’ agar mobil ini terkesan lebih istimewa.

Well.. bagimana sekarang? Sudah tahukan apa saja kelebihan Honda Brio? Semoga informasi ini dapat membantu kalian!

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru