by

7 Kelebihan Honda Vario 150 yang Tidak Dipunya Kompetitor!

Kelebihan Honda Vario 150 – Honda Vario masuk daftar motor terlaris di Indonesia. Alasannya jelas, kuda besi ini mudah ditunganggi oleh siapa saja.

Di samping itu, performanya juga cukup oke. Tidak ketinggalan, kini berbagai fitur modern melekat. Meski demikian, harganya masih tetap terjangkau. Kemudian bila ingin dijual lagi, harga jual kembalinya juga cukup tinggi.

Ingin tahu lebih detail soal kelebihan motor matik pabrikan berlambang sayap ini? Kami coba membahasnya lewat perbandingan dengan kompetitor, seperti Yamaha Aerox 155. Sekaligus pengalaman dari para pengguna Vario 150.

Berikut rangkuman tujuh kelebihan Honda Vario 150, simak sampai habis:

1. Fitur ISS Jadikan Konsumsi BBM Irit

honda vario 150 esp exclusiive
Desainnya begitu elegan dengan cat matte, tanpa grafis, dan emblem 3D

Salah satu kelebihan Honda Vario 150 adalah fitur idling stop system (ISS). Memang sekilas fitur ini tampak sepele, namun ternyata Yamaha Aerox selaku kompetitor tidak memilikinya di seluruh varian.

Yamaha hanya membekali SSS (penyebutan mereka) untuk varian Aerox S Version atau yang banderolnya paling mahal. Sementara untuk varian Aerox standar dan R Version belum punya.

Padahal fitur ISS ini sangat penting untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Cara kerjanya dengan memadamkan mesin secara otomatis saat motor berhenti di lampu merah atau kemacetan. Fitur ini juga akan menghidupkan mesin secara otomatis sesaat tuas gas diputar saat pengendara hendak melanjutkan perjalanan.

Dari klaim Honda, Vario 150 bisa menghemat hingga 46,9 Kpl saat ISS diaktifkan. Istimewa bukan? Terlebih untuk penggunaan dalam kota, fitur ini sangatlah penting.

Baca juga:

Baca juga  Vespa 946 Christian Dior Seharga Mobil, Hypebeast!

2. Fitur Keyless Merupakan Kelebihan Honda Vario 150

kelebihan honda vario 150
Honda Vario 150 generasi terbaru sudah dilengkapi sistem keyless dan alarm

Faktor keamanan menjadi salah satu perhatian penting konsumen skutik belakangan ini. Alasannya adalah maraknya pencurian kendaraan di kota besar. Terlebih Vario 150 begitu tinggi peminat dan laris meski dalam kondisi bekas.

Oleh karena itulah, Honda memberikan fitur keyless di Vario 150. Keyless menggantikan anak kunci konvensional dengan remote dan kenop pintar. Menariknya lagi kedua perangkat tersebut sudah terkoneksi immobilizer.

Alhasil hanya remote bawaan yang bisa dipakai mengaktifkan mesin. Dengan demikian, maling bakal kesulitan untuk membobol. 

Keyless juga memudahkan pengendara dalam mengaktifkan mesin motor. Caranya cukup simpan remote di saku, kemudian tekan kenop pintar dan putar. Terkahir kamu cuma perlu menekan tombol starter, maka mesin otomatis aktif.

Fitur keyless ini merupakan salah satu kelebihan Honda Vario 150. Bagaimana dengan kompetitor?

Yamaha Aerox 155 bukan tidak punya, hanya saja lagi-lagi cuma ada di varian tertinggi yang harganya paling mahal. Sementara varian standar dan R Version belum memilikinya.

3. Punya Fitur Alarm untuk Keamanan

kelebihan honda vario 150
Honda Vario 150 sudah dilengkapi fitur alarm untuk mencegah maling

Kelebihan Honda Vario 150 selanjutnya ada di fitur alarm. Selain immobilizer di keyless, alarm juga jadi peranti keamanan ganda yang dipunya motor ini.

Alarm memastikan motor akan mengeluarkan suara dan lampunya menyala, saat ada gerakan mencurigakan dari maling. Oleh karena itulah, pastikan fitur alarm Vario 150 selalu menyala. Terlebih saat motor sedang di parkir. Tujuannya tidak lain untuk mencegah pencurian.

Baca juga  Komparasi Motor Matik Murah; Suzuki Nex II Cross vs Honda BeAT eSP

Fitur alarm ini juga tidak dipunya oleh Yamaha Aerox selaku kompetitor.

4. Dimensi Ringkas

kelebihan honda vario 150
Bodinya yang ringkas membuat motor ini asik untuk selap-selip di kemacetan jalan

Dimensi ringkas juga jadi kelebihan Honda Vario 150. Motor matik ini jadi lebih mudah diajak selap-selip di jalanan padat. Di atas kertas, memiliki panjang 1.919 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.062 mm.

Spesifikasi dimensinya tersebut jauh lebih ringkas dibandingkan kompetitor yaitu Yamaha Aerox. Motor matik kepunyaan pabrikan garpu tala memiliki dimensi panjang 1.990 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.125 mm.

Kehadiran dimensi yang ringkas di Honda Vario 150 juga tidak mengintimidasi pengguna dengan badan kecil.

5. Bobot Lebih Ringan dari Kompetitor

yamaha aerox 155
Yamaha Aerox punya bobot dan bodi yang lebih besar dari Honda Vario 150

Lalu yang membuat Vario 150 lebih unggul dari kompetitor adalah bobot. Motor matik ini cuma memiliki berat total 112 Kg. Hal ini dikarenakan bodinya yang ringkas, serta ukuran ban tidak terlalu besar.

Saudara Vario 125 ini punya ukuran ban depan 90/80-14 inci dan belakang 100/80-14 inci. Kombinasi dimensi ringkas, bobot ringan, dan ban tidak terlalu besar, membuat motor matik ini lincah saat dipakai berkendara di jalanan padat.

Bandingkan dengan Yamaha Aerox yang punya bobot lebih berat. Motor matik pabrikan garpu tala tersebut memiliki berat total 116 – 118 Kg, tergantung varian.

Kemudian ukuran ban Aerox 155 juga lebih lebar. Di depan pakai 110/80-14 inci dan belakang 140/70-14 inci. Memang lebih nyaman untuk bermanuver, namun kalau soal lincah pasti Vario 150 jagonya.

6. Jok Rendah Cuma 769 mm

Tinggi jok Honda Vario 150
Jok Vario modifikasi

Kelebihan lain dari Honda Vario 150, mudah ditunggangi oleh siapa saja. Hal ini dikarenakan tinggi jok yang cuma 769 mm. Memang sedikit lebih tinggi dibanding jok Honda Beat yang hanya 740 mm. Walau demikian, pemilik tinggi 168 cm tetap percaya diri duduk di sana.

Baca juga  5 Kelebihan Yamaha Freego yang Tidak Dipunya Vario 125

Rasa percaya diri ini muncul, lantaran kaki dengan mudah memijak ke aspal. Alhasil saat berhenti di kemacetan, pengendara berbadan mungil tidak bakal kesulitan dalam mengendalikan motor.

Beda cerita dengan kompetitor yang punya jok jauh lebih tinggi. Yamaha Aerox 155 dibekali jok berketinggian 790 mm, alias beda 21 mm dengan Honda Vario 150. Tentunya pemilik tinggi badan 168 cm, harus agak jinjit saat duduk di jok Aerox 155.

7. Harga Lebih Murah dari Kompetitor Jadi  Kelebihan Utama Honda Vario 150

Vario
Honda Vario 150 berbagi basis dengan Vario 125, lantaran itulah harganya bisa terjangkau

Kelebihan terakhir dari Honda Vario 150 adalah harganya lebih terjangkau dibanding kompetitor. Motor matik ini dijual Rp24,15 juta (OTR Jakarta). Cuma ada satu varian.

Bandingkan Yamaha Aerox yang harganya mulai Rp24,795 juta (OTR Jakarta). Sekilas tidak beda jauh, namun seperti disebutkan di awal tulisan, Aerox standar atau termurah banyak fitur yang disunat. Sebut saja keyless, SSS, answer back system, dan lain-lain. Sementara di Honda Vario 150, semua fitur itu sudah lengkap hadir.

Kalau kamu menginginkan fitur lengkap di Aerox 155, perlu beli varian S Version. Harganya mencapai Rp28,565 juta (OTR Jakarta).

Setelah mengetahui sejumlah kelebihan dari Honda Vario 150, tertarik untuk memilikinya? Atau jangan-jangan kamu sudah punya? Coba bagikan pengalaman kamu di kolom komentar ya.

Comment

Leave a Reply

Terbaru