by

Prediksi Vario 150 Terbaru: Mesin 157cc dan Rangka eSAF?

Prediksi Honda Vario 150 Terbaru – Sejauh ini Vario 150 memang tertinggal dari kompetitornya, Yamaha Aerox 155. Terlebih dari sisi performa mesin. Motor matik pabrikan berlambang sayap tidak bisa bicara banyak.

Hal tersebut dikarenakan, penggunaan jantung mekanis yang berbeda kapasitas. Honda Vario 150 cuma berbekal 150 cc. Sementara Aerox 155 pakai 155cc dengan teknologi katup variable (VVA).

Dari sisi fitur, Vario 150 juga kalah. Misal, belum punya power charger untuk mengisi ulang baterai smartphone. Pertanyaannya, mau sampai kapan Vario 150 dihajar Aerox 155?

Menurut salah satu media Thailand, Honda mulai menyiapkan strategi untuk motor matiknya tersebut. Salah satunya dengan penambahan performa dan fitur modern.

Seperti apa prediksi Honda Vario 150 terbaru menurut media Thailand? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

Honda Memiliki Mesin 157cc eSP+ dengan Performa Hebat

prediksi Vario 150 terbaru
Mesin 157 cc dengan teknologi eSP+ ini sudah digunakan oleh Honda SH150

Prediksi Honda Vario 150 terbaru adalah menggunakan mesin anyar. Jantung mekanis 150 cc lama, dianggap sudah usang. Terlebih usianya menginjak lima tahun. Peluncuran pertamanya pada 2015.

Baca juga  7 Jenis Vespa Matic yang Dijual di Indonesia

Sampai sekarang, mesin itu tidak banyak revisi. Bahkan dipakai di Honda PCX 150 dan ADV 150. Bila menginginkan performa yang lebih mantap. Maka perlu dilakukan perubahan besar.

“Kemungkinan untuk mesin tidak akan sama lagi, tetapi memilih untuk menggunakan mesin baru yang disebut eSP+,” seperti dikutip dari laman Greatbikers.

Mesin 157cc eSP+ sebenarnya bukan barang baru. Honda SH150i yng beredar di Eropa dan Vietnam. Selain kapasitasnya yang lebih besar, ada berbagai penyegaran soal desain dan teknologinya.

Desainnya lebih ringkas. Posisi radiator tidak lagi ditempelkan di depan mesin, melainkan terintegrasi. Perubahan itu Otomatis membuat bobotnya semakin ringan dan mekanismenya lebih sederhana.

Baca juga:

Kemudian dimensi bore dibuat lebih besar dan stroke lebih pendek (60mm x 55,5mm). Kemudian rasio kompresi juga ditingkatkan menjadi 12.0:1. Ada pula penambahan katup dari dua jadi empat. Ini berakibat ke pembakaran lebih sempurna.

Baca juga  Ide Modifikasi Scoopy yang Tak Biasa

Bagaimana performanya? Tidak perlu ditanyakan lagi. Mesin 157cc eSP+ mampu memuntahkan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 16,2 PS pada 8.500 rpm.

Performa ini jauh lebih hebat dari Yamaha Aerox 155 yang cuma mampu melontarkan torsi puncak 13,8 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga maksimal 14,75 hp pada 8.000 rpm.

Prediksi Vario 150 Terbaru Pakai Rangka eSAF?

rangka esaf
Rangka eSAF ini terbukti lebih stabil diajak berkendara dan ringan

Selanjutnya untuk prediksi Honda Vario 150 terbaru, ada revisi di bagian rangka.  “Selain mesin diharapkan rangka All New Honda Click-i (Nama Honda Vario 150 di Thailand) menggunakan rangka baru seperti Honda Genio dan All New Honda Beat yang 8% lebih ringan,” sebut laman Greatbikers.

Maksud mereka adalah rangka eSAF. Honda memang menyebutkan bahwa eSAF adalah rangka modern yang bisa diaplikasikan ke motor matik lain. Kehebatannya selain meningkatkan kestabilan berkendara, juga ringan.

Bukan tidak mungkin ke depannya, eSAF juga dipakai ke Vario 150. Selain rangka, sebenarnya yang tidak kalah penting hadir di Vario 150 terbaru adalah fitur modern.

Baca juga  7 Produk Gagal Honda di Indonesia, Ada Motormu?

Saat ini sudah ada keyless dan panel instrumen digital. Kekurangannya adalah power charger untuk mengisi baterai smartphone saat berkendara.

Dengan performa mesin mantap, Vario 150 juga harus dibekali kendali traksi (traction control). Fungsi fitur tersebut untuk mencegah roda selip saat pengendara melakukan pengereman mendadak. 

Begitu pula dengan anti-lock braking system (ABS). Fitur itu wajib menyertai.

Sampai sekarang memang prediksi Honda Vario 150 terbaru yang disebutkan, masih sebatas penerawangan dari media Thailand. Meski demikian, bukan berarti tidak bakal jadi kenyataan. Mari kita tunggu saja sama-sama peluncurannya!

Comment

Leave a Reply

Terbaru