by

5 Kelebihan KTM RC 8C, Adopsi Komponen Motor MotoGP

KTM meluncurkan motor edisi spesial bernama RC 8C di Eropa pada Selasa (20/7/2021). Lalu apa kelebihan KTM RC 8C tersebut?

Motor seharga $38.999 atau setara Rp 567 jutaan ini disebut istimewa karena berbagai hal. Salah satunya cuma diproduksi 100 unit. Kemudian performanya juga sangat istimewa. Di atas kertas mesin 899 cc miliknya bisa melontarkan tenaga hingga 128 hp.

Lalu yang juga menarik, bobot motor cuma 140 Kg. Jadi untuk data power to weight ratio mendekati 1:1.

Pabrikan asal Austria mengklaim RC 8C dibuat secara eksklusif dengan tangan dan siap balap. Oleh karenanya, terdapat banyak sekali komponen spesial seperti knalpot titanium dari Akrapovic, filter udara racing, pelek Dymag, dan lain-lain.

Ada pula rem Brembo 19RCS Corsa Corta yang dibenamkan ke dalamnya. Cara kerja sistem pengereman tersebut mengadaptasi dari motor KTM di MotoGP.

Ingin tahu lebih detail soal kelebihan KTM RC 8C? Simak bahasan berikut:

1. Cuma Diproduksi Terbatas 100 Unit

kelebihan ktm rc 8c 006
Dengan melakukan pembelian motor ini, kamu dapat kesempatan berkendara bareng Dani Pedrosa

Kelebihan KTM RC 8C yang pertama adalah diproduksi terbatas. Pabrikan asal Austria cuma membuatnya 100 unit secara global.

Istimewanya lagi, motor ini dirancang khusus dengan tangan dan siap balap. Hanya saja jangan berharap bisa digunakan di jalan raya, karena memang tidak dilengkapi dengan spion, lampu, dan berbagai kelengkapan berkendara lain.

Baca juga  KTM 1290 Super Duke RR 2021, Si Buas

Walau demikian, membeli KTM RC 8C bukan cuma motor balap yang didapat. Ada pula kesempatan untuk mengikuti Red Bull KTM Factory Racing test. Di sana kamu bisa berkendara bareng Dani Pedrosa dan Mika Kallio di Curcuito de Jerez yang juga dipakai untuk balapan MotoGP.

2. Performa Mesin Hasil Adaptasi KTM 890 Duke R

kelebihan ktm rc 8c 001
Power to weight ratio KTM RC 8C mendekati 1:1

Bicara mesin KTM RC 8C, basisnya memang kepunyaan KTM 890 Duke R. Hanya saja jantung mekanis LC8c tersebut buat sedikit berbeda supaya bisa memenuhi kebutuhan balap.

“Keuntungan menggunakan mesin produksi masal, artinya komponen dan perawatan tidak membutuhkan dedikasi dari tim balap atau teknologi tuning yang mahal,” seperti dikutip dari laman resmi KTM.

Di atas kertas mesin dua silinder berkubikasi 889 cc DOHC tesebut bisa melontarkan torsi puncak 101 Nm dan tenaga maksimal 128 hp.

Performa hebat itu bisa diperoleh salah satunya lewat ubahan di air intake, filter udara, serta penggunaan knalpot racing titanium dari Akrapovic. Efeknya respons akselerasi jadi jauh lebih baik.

Baca juga  KTM 390 Adventure Rilis di Indonesia, Harga Rp 119 Juta

3. Rangka Khusus Balapan

kelebihan ktm rc 8c 002
KTM membuat rangka tubular khusus dari baja ChroMoly

Bicara soal rangka, komponen ini juga termasuk kelebihan KTM RC 8C. Pasalnya dibuat secara khusus dengan menggunakan baja ChroMoly (25CrMo4) yang dikenal sangat ringan dan kaki. Rangka tersebut diklaim mampu membuat motor lebih presisi saat diajak bermanuver cepat di tikungan.

Dukungan lain datang dari penggunaan WP Apex Pro close cartridge fork 7543 bersama-sama dengan WP Apex Pro 7117 steering damper untuk bagian depan. Lalu dibelakang ada WP Apex Pro 7746 shock.

Tidak ketinggalan, KTM juga memberikan pelek Dymag UP7X forged aluminum. Padanannya adalah ban motor Pirelli Diablo Superbike racing slicks dengan ukuran 120/70-17 inci di depan dan 180/60-17 inci di belakang. Bila dibutuhkan ban yang lebih besar ada opsi mengganti jadi 200/55-17 inci khusus belakang.

Kombinasi semua itu, cuma memberikan KTM RC 8C bobot kering 140 Kg. Jika dihubungkan dengan mesin yang bisa melontarkan tenaga 128 hp, maka motor balap ini sangat mendekati power to weight ratio 1:1.

4. Sistem Pengereman Khas Motor MotoGP

kelebihan ktm rc 8c 005jpg
KTM RC 8C mengadopsi pengereman dari motor MotoGP

Kelebihan KTM RC 8C berikutnya ada di pengereman khas motor MotoGP. Di depan pakai Brembo Stylema dengan cakram ganda ukuran 290 mm. Lalu di belakang pakai rem cakram 230 mm.

Baca juga  KTM Adventure 250, Harganya Terjangkau!

Hal menarik hadir lewat penggunaan Brembo 19RCS Corsa Corta radial master brake cylinder. Komponen ini mengadopsi solusi teknis seperti halnya motor KTM di MotoGP.

Brembo 19RCS Corsa Corta memungkinkan pengendara KTM RC 8C untuk menentukan titik gigit cakram. Ada tiga pengaturan: normal, sport, dan race.

Pilihan race inilah yang mengatur mekanisme katup lebih pendek dan membantu menghadirkan response instan seperti di MotoGP. Istimewa bukan?

5. Layar TFT 5 Inci untuk Membaca Data

kelebihan ktm rc 8c 003 - panel tft
Fitur modern hadir di KTM RC 8C seperti layar TFT untuk memudahkan membaca informasi terkait motor

Terakhir yang tidak kalah menarik, kelebihan KTM RC 8C memiliki fitur full factory AIM MXS 1.2 Race dashboard dengan data logger yang terintegrasi GPS. Semuanya bisa dikontrol lewat layar 5 inci TFT. Di sanalah beragam data balapan bisa direkam dengan baik dan mudah dibaca.

Dengan bantuan AIM RaceStudio, kamu bisa mengetahui informasi seperti kecepatan, posisi di lintasan, waktu putaran, hingga posisi throttle. Data soal putaran mesin, gigi transmisi, temperatur, dan lain-lain pun dapat diperoleh.

Setelah mengetahui kelebihan KTM RC 8C, tertarik punya? Motor balap ini bisa mulai dipesan pada 22 Juli 2021 lewat laman resmi KTM.com.

Terbaru