by

Triumph Speed Triple 1200 RS, Motor Tiga Silinder Terbuas

Akhirnya Triumph Speed Triple 1200 RS resmi meluncur pada Selasa (26/1/2021). Kehadiran produk ini merupakan gebrakan tersendiri untuk dunia otomotif, lantaran menjadi motor tiga silinder terbuas yang pernah dibuat pabrikan asal Inggris.

Di Inggris, harganya £15100 atau setara Rp 290 juta. Tentu kalau masuk Indonesia, banderol motor anyar tersebut jadi berkali-kali lipat naik lantaran pajak dan biaya impor.

Salah satu yang membuat konsumen tertarik memiliki, tentu jantung mekanisnya. Triumph menggunakan kapasitas murni 1.160 cc, DOHC, 12 katup, serta pendingin cairan.

Di atas kertas, mesin tiga silinder Triumph Speed Triple 1200 RS bisa melontarkan torsi puncak hingga 125 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 180 PS pada 10.750 rpm.

“Tujuan dari kelahirannya, kami ingin memiliki motor yang lebih cepat, lebih ringan, dan mudah dikendalikan,” beber Triumph lead Development test rider, Felipe Lopez saat peluncuran via virtual.

Bukan cuma performa, tapi suara mesin motor dan knalpotnya sangat istimewa. Ketika selongsong gas diputar, terasa sedikit serak, tapi sangat berwibawa. Tentunya ini menjadikan rasa berkendara semakin menyangkan.

Baca juga  Konsumsi BBM Yamaha MT-15, Irit?

Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi Triumph Speed Triple 1200 RS? Simak bahasan berikut:

Rangka Baru Lebih Ringan dan Stabil

triumph speed triple 1200 rs
Jantung mekanisnya merupakan pengembangan dari dunia balap Moto2

Di samping mesin, rangka Triumph Speed Triple 1200 RS juga dirancang berbeda. Kalau melihat spesifikasi, bobotnya cuma 198 Kg alias berkurang 10 Kg dibanding model lama.

Lalu pembagian distribusi bobot dibuat lebih ke depan dan semakin rendah. Alhasil pengendara bisa merasakan pengendalian yang mudah sekaligus kestabilan terbaik ketika bermanuver pada kecepatan tinggi.

Kemampuan ini ditunjang pula penggunaan suspensi Ohlins sebagai standar. Di depan ada Ohlins NIX30 upside down. Sementara di belakang Ohlins TTX36.

Terkait kenyamanan berkendara, ada revisi di bagian setang dengan membuatnya lebih lebar 13 mm. Kemudian pijakan kaki motor sport ini juga diubah posisinya. Tidak ketinggalan, jok pun dirancang lebih ergonomis.

Bicara pengereman, terdapat Brembo dengan cakram kembar untuk roda depan. Kemudian yang belakang pakai cakram tunggal. Soal ban, Triumph mempercayakan Metzeler Racetec RR. Ada pula opsi Pirelli Diablo Supercorsa SC2 buat pembeli yang menginginkan sensasi sempurna di lintasan balap.

Baca juga  Harga Rp30 Jutaan, Beli Honda CB150R atau Yamaha Vixion R?

Sistem Keyless di Triumph Speed Triple 1200 RS

spesifikasi triumph speed triple 1200 rs
Panel instrumen sudah TFT layar besar, serta pakai keyless

Keistimewaan lain dari Triumph Speed Triple 1200 RS, sudah dilengkapi banyak fitur modern. Ambil contoh kunci kontaknya sudah mengandalkan keyless.

Fitur tersebut membuat pemilik motor lebih mudah saat mengaktifkan mesin. Tidak perlu lagi memasukkan anak kunci ke lubang. Ini juga jadi penanda pertama kalinya, Triumph memiliki motor dengan keyless.

Speed Triple 1200 RS juga didukung fitur My Triumph Connectivity System yang mampu menghubungkan motor dengan smartphone. Alhasil pengendara bisa mengakses navigasi, GoPro control, memutar musik, hingga mengangkat telepon ketika berkendara.

Ada pula pencahayaan sudah full LED. Kemudian fitur keselamatan tersedia optimised cornering ABS, switchable optimised cornering traction control, hingga enhanced front wheel lift control.

Triumph Speed Triple 1200 RS pun memiliki lima mode berkendara: rain, road, sport, track, dan rider. Kelimanya dapat dipilih sesuai preferensi pribadi. Bukan cuma itu, cruise control serta quickshifter ikut hadir untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Untuk informasi terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Baca juga  Spesifikasi BMW F900R, Naked Sport Rp 380 Juta

Terbaru