by

5 Hal Penting Sebelum Modifikasi Motor Drag, Pikir Lagi!

Bagi kamu yang ingin melakukan modifikasi motor drag, kamu harus perhatikan 5 hal penting yang harus kamu persiapkan ini.

Siapa yang tidak tahu dengan balapan motor drag. Drag Race merupakan balapan motor yang melaju di trek balap yang lurus tanpa harus bermanuver dan juga cornering di setiap tikungan.

Pada balapan ini joki atau pembalap juga tidak perlu bertarung ataupun saling salip menyalip dengan rivalnya. Untuk melakukan balapan ini joki ataupun pembalap harus membutuhkan jam terbang yang tinggi serta memiliki teknik balap yang mempuni agar dapat mengendalikan laju motor dengan kepatan yang tinggi di lintasan atau jalan.

Balap motor drag banyak disukai di kalangan masyarakat, baik tua atau muda, pria ataupun wanita. Tak sedikit juga, bermula dari balapan trek lurus ini, menghasilkan pembalap-pembalap berprestasi di kancah nasional.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk organisasi otomotif di Indonesia, juga kerap sekali mengadakan pertandingan atau ajang balap untuk penyuka balapan dengan trek lurus ini.

Dengan banyak dikenalnya balapan drag di tengah masyarakat, tak jarang, banyak pembalap pemula yang melakukan modifikasi pada kuda besi kesayangannya guna menunjang hobi balapnya.

Biasanya, kebanyakan pembalap pemula melakukan modifikasi pada motor-motor jenis skuter matik atau motor bebek.

Tak semudah yang dilihat, modifikasi untuk motor balap trek lurus ini tidaklah asal modif saja. Perlu beberapa hal yang harus dipersiapkan supaya motor yang dimiliki nyaman digunakan untuk menyalurkan hobi balap kamu.

Baca juga  5 Tips Modifikasi Motor Bebek Jadi Supermoto

Setidaknya ada 5 hal yang perlu kamu lakukan untuk modifikasi motor drag. Mau tahu? Simak bahasan di bawah ini:

1. Siapkan dana puluhan juta untuk kelas profesional

Modifikasi Motor Drag
Untuk melakukan modifikasi ini butuh biaya yang tak sedikit

Untuk modifikasi motor drag yang pertama, tentunya butuh biaya yang tidak sedikit. Memang secara tampilan, motor kamu jadi lebih minimalis tanpa adanya cover bodi. Tapi ini bukan berarti biaya modifikasi jadi murah.

Disamapaikan oleh Haris Setiawan selaku mekanik HRS Motor, untuk melakukan modifikasi motor menjadi motor drag butuh biaya berkisar antara 2,5 sampai dengan 5 juta Rupiah. Itu untuk versi standar saja.

Sementara untuk versi yang pro atau standar balap, kamu harus merogoh kocek yang lelbih dalam lagi, biaya yang harus kamu keluarkan ada diantara 20 sampai dengan 40 juta Rupiah.

“Memang kalua dilihat motor jadi telanjang, tapi bukan berarti modifikasi ini jadi murah, untuk kelas pro atau untuk standar balap konsumen bisa keluar duit 20 sampai dengan 40 juta Rupiah lebih itu tergantung mau speknya kaya gimana,” tegas Haris.

2. Merubah sasis motor

Modifikasi Motor Drag
Rangka harus diganti agar lebih ringan

Setelah mengetahui dan setuju dengan harga, yang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus rela motor standar kamu diganti pada bagian rangka atau sasisnya.

Baca juga  Tips Modifikasi Jok Motor Agar Nyaman Dipakai Harian

Untuk modifikasi motor drag, sasis harus benar-benar ringan. Jika dirasa masih kurang ringan, alangkah baiknya diganti dengan sasis yang baru.

Akan tetapi hal ini adalah merupakan salah satu yang akan menguras biaya. Jika sasis versi impor dari Jepang, untuk sasis drag bike bisa mencapai 10-25 juta rupiah. Namun, untuk sasis standart balapan di Indonesia hanya berkisar hingga 2 juta rupiah.

3. Kaki-kaki motor diganti

Modifikasi Motor Drag
Kaki-kaki harus sesuai dengan pwer mesin motor

Selain bagian rangka atau sasis, kamu perlu juga mengganti bagian kaki-kaki. Untuk memberikan kaki-kaki yang kuat, pilihan utama yang harus diperhatikan adalah pada sektor suspensi yang harus disesuaikan dengan ukuran motor.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan ukuran ban. Biasanya untuk konsep modifikasi motor drag akan menggunakan ban dengan ukuran 50/90 untuk ban depan dan 60/80 untuk ban belakangnya.

Sementara, untuk menyesuaikan dengan ban yang digunakan, tentunya bagian velg juga harus diganti. Selain itu, penggantian rod aini juga akan berhubungan dengan mesin motor yang akan di bore up.

4. Modifikasi mesin wajib

Modifikasi Motor Drag
Upgrade mesin motor sesuai dengan keinginan

Kekuatan mesin jadi poin paling penting bagi sebuah sepeda motor drag. Tak mungkin juga, tampilan sudah layaknya motor balap tapi tarikan motor malah lemot.

Baca juga  5 Ide Modifikasi CB150R, Pilih yang Mana?

Untuk itu kamu juga [perlu meng upgrade performa mesin motor kamu. Untuk modifikasi bagian mesin biasanya dilakukan penggantian pada noken as atau pada klep, karburator, piston, kabel busi serta beberapa komponen penting lainya.

Dengan memperbesar langkah serta diameter piston motor juga termasuk silindernya serta untuk perbandingan transmisi juga tidak kalah pentingnya. Perbandingan gigi akhir juga merupakan faktor penting untuk bisa meningkatkan perfoma motor drag.

5. Bahan bakar harus oktan tinggi 

Modifikasi Motor Drag
Bahan bakar harus sesuai dengan spek mesin

Setelah performa motor ditingkatkan, tentunya kamu sudah tidak bisa sembarang lagi menggunakan bahan bakar minyak motor drag kamu. Jangan lagi pakai premium atau pertalite.

Dengan semakin besarnya tenaga motor, maka semakin besar kadar oktan bahan bakar minyak yang kamu butuhkan untuk motor kamu. Akan tetapi hal tersebut harus seimbang dengan settingan modifikasi motor drag tersebut.

Setelah melakukan semua modifikasi motor drag yang disebutkan di atas, tentunya kuda besi kamu akan siap balap. Ingat, jangan dipakai di jalan raya ya. Balapan hanya ada di lintasan atau sirkuit!

Nah, itu tadi 5 hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum modifikasi motor drag. Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru