oleh

3 Cara Membuka Mobil yang Terkunci dari Dalam

Pemilik mobil dengan fitur kunci konvensional, sering kali mengalami terkunci dari dalam. Untuk itu, kami akan memberikan cara membuka mobil yang terkunci dari dalam.

Meski saat ini era kemajuan teknologi begitu pesat karena kebanyakan mobil menggunakan sistem fitur keyless, namun tidak sedikit mobil yang masih menggunakan kunci manual dalam pengoperasiannya. Biasanya, masalah yang kerap dijumpai adalah mobil yang terkunci dari dalam.

Jika sudah mengalami hal semacam ini memang sangat menjengkelkan. Apalagi kalau kamu sedang terburu-buru, sudah pasti bawaannya kesal karena tidak tahu cara membuka mobil yang terkunci dari dalam.

Akan tetapi, kamu jangan panik dulu, sebab beberapa cara yang akan kami berikan biasanya ampuh untuk membuka mobil yang terkunci dari dalam. Kamu juga harus mempersiapkan beberapa barang yang bisa digunakan dalam melakukan operasi ini.

Beberapa benda yang bisa kamu manfaatkan adalah mistar (penggaris besi), tali, serta gantungan baju yang terbuat dari besi. Tentunya, sebelum melancarkan aksi ini, kamu harus benar-benar memastikan bahwa alat yang kamu gunakan cukup kuat dalam menekan atau menarik pengait kunci yang ada di balik pintu.

Baca juga  5 Cara Mengecat Mobil yang Benar, Ini Langkah-Langkahnya!

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan bagaimana cara membuka mobil yang terkunci dari dalam. Untuk tips ini, bisa kamu praktekan ketika mengalami hal serupa. Namun, meskipun demikian, kami tetap menyarankan kamu untuk tetap waspada dan hati-hati sebelum keluar dari mobil.

1. Coba Pakai Mistar dari Besi

Cara membuka mobil yang terkunci dari dalam
Kamu bisa gunakan mistar untuk mencongkelnya

Kamu juga harus memastikan mistar yang kamu gunakan cukup panjang. Berdasarkan pengalaman yang pernah dilakukan oleh Bagas, pemilik mobil Toyota Avanza yang beberapa kali mengalami hal serupa, menjelaskan siapkan mistar atau penggaris besi dengan ukuran 60 cm.

“Pakai ukuran yang 60 cm, kalau yang 30 cm enggak cukup. Kita kan butuh mistar yang panjang, buat menekan pengait kuncinya,” ujar Bagas.

Setelah memilih panjang mistar 60 cm, kamu juga harus mencari di mana letak pengait kunci tersebut. Jika kamu sudah mengetahui letak pengait tersebut, langkah yang harus kamu lakukan adalah membuka sil karet yang ada di pintu.

“Jadi kita harus cari dulu posisi pengait pintu itu ada di mana. Tapi jangan lupa buka dulu karet sil yang ada di pintu, yang di jendela. Setelah dibuka, baru dimasukkan mistar dan tekan-tekan di titik pengait kunci sampai pengait kunci tersebut terbuka. Biasanya, kalau pas di pengaitnya, ada suara bahwa kunci tersebut sudah terbuka,” jelas Bagas.

Baca juga  6 Ciri-Ciri Transmisi Mobil Manual Rusak, Segera Atasi!

Namun, dalam menjalan tips ini memang biasanya berhasil. Tetapi ada sisi negatifnya, karena akan merusak bagian silk aca, sehingga akan menyebabkan air hujan masuk ke dalam bagian tersebut.

2. Menggunakan Tali

Cara membuka mobil yang terkunci dari dalam
Kamu juga bisa manfaatkan tali untuk membuka pintu yang terkunic

Cara membuka mobil yang terkunci dari dalam juga bisa menggunakan tali. Untuk penggunaannya memang agak gampang-gampang susah. Ini disebabkan karena untuk mengaitkan antara tali pada pengait kunci, harus membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tentunya, ini akan membutuhkan waktu yang lama. Dan tidak bisa langsung berhasil, sebab biasanya dalam mengaitkan membutuhkan ketelitian. Caranya adalah kamu harus membuat simpul terhadap tali tersebut, setelah itu turunkan tali tersebut ke dalam bagian pintu.

Setelah itu, talinya tersebut harus dimasukkan sampai masuk ke dalam pengait. Setelah kamu merasa tali tersebut mengait di pengait kunci, kamu harus menarik tali tersebut secara perlahan sampai benar-benar pengait tersebut terbuka.

3. Pakai Gantungan Baju yang Terbuat dari Besi

Cara membuka mobil yang terkunci dari dalam
Cara membuka mobil yang terkunci dari dalam bisa

Untuk yang satu ini, memang sama seperti cara membuka mobil yang terkunci dari dalam menggunakan mistar. Namun dalam penggunaannya, akan lebih mudah menggunakan mistar ketimbang besi gantungan baju. Pasalnya mistar lebih kekar dan memiliki dimensi panjang.

Baca juga  8 Tips Berkendara Mobil Malam Hari Biar Tidak Ngantuk!

Hanya saja memang gantungan baju kadang lebih mudah ditemukan di rumah, dibanding mistar. Oleh karena itu, harap lebih bersabar dengan penggunaan gantungan baju dari besi. Kamu bisa merasakan, jika bagian ujung besi ini sudah berada di pengait pintu.

Jika sudah begitu, maka hal yang harus kamu lakukan adalah menarik besi yang sudah tersangkut dengan pengait pintu, dan seketika mobil yang semula terkunci di dalam bisa kembali dibuka.

Memang ada beberapa hal yang melatar belakangi mobil yang terkunci dari dalam. Biasanya hal ini dikarenakan keteledoran kamu sebelum keluar mobil. Agar tidak terjadi kejadian yang menjengkelkan tersebut, kamu harus lebih teliti sebelum keluar dari mobil.

Nah itu tadi cara membuka mobil yang terkunci dari dalam. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu ketika mengalami hal tersebut.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru