by

5 Kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross, Masih Ragu Beli?

Buat kamu yang belum tahu, kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross ternyata cukup banyak. Mobil SUV yang dijual tidak sampai Rp 500 juta ini, unggul di berbagai aspek kalau dibanding kompetitor.

Sebut saja fitur keselamatan yang sangat mumpuni. Eclipse Cross dilengkapi forward collision mitigation system (FCM), blind spot warning (BSW), hingga ultrasonic misacceleration mitigation system (UMS).

Lalu yang tidak kalah menarik, performa mesinnya mantap. Di atas kertas menggunakan jantung mekanis berkubikasi 1.499 cc DOHC, MIVEC, dan induksi turbo.

Kombinasi fitur keselamatan lengkap dan performa mesin turbo, tidak dimiliki oleh rival seperti Toyota C-HR dan Honda HR-V 1.8. Mau tahu keunggulan lain dari mobil pabrikan tiga berlian? Simak 5 kelebihan Mitusbishi Eclipse Cross lewat tulisan di bawah ini:

1. Performa Mesin Turbo yang Istimewa

kelebihan mitsubishi eclipse cross
Mesin turbo Eclipse Cross tidak perlu diragukan performanya

Bicara kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross pasti wajib membicarakan mesin. Depot daya 1.499 cc miliknya sudah dilengkapi teknologi turbo. Alhasil performanya tidak perlu diragukan.

Di atas kertas, mesin Eclipse Cross bisa melontarkan torsi puncak hingga 250 Nm pada 2.000-3.500 rpm dan tenaga maksimal 150 PS pada 5.500 rpm. Kemudian tersedia transmisi CVT sebagai padanannya.

Bandingkan performa itu dengan Toyota C-HR yang pakai mesin lebih besar, mencapai 1.798 cc. Hanya saja performanya tidak lebih baik, cuma mampu mengeluarkan torsi 171 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 140 PS pada 6.400 rpm. Honda HR-V 1.8 juga dengan meisn 1.799 cc cuma bisa melontarkan torsi 169 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 139 PS pada 6.500 rpm.

Baca juga  Mobil Listrik Murah: Hyundai Kona Elektrik Vs Ioniq

Kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross selanjutnya, kalau kamu menginginkan sensasi berkendara layaknya mobil sport, bisa mainkan fitur paddle shift di lingkar kemudi. Dengan demikian kamu bisa naik atau turunkan gigi dengan 8-percepatan sport mode.

2. Fitur Keselamatan Lengkap

kelebihan mitsubishi eclipse cross
Sistem keselamatannya mampu mengintervensi aktif agar tidak terjadi kecelakaan

Seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan, Mitsubishi Eclipse Cross memiliki fitur keselamatan yang patut diacungi jempol. Ada FCM yang mampu memperingatkan pengendara kalau ada potensi tabrakan di depan. Fitur ini bahkan mampu menekan rem secara otomatis, agar kamu terhindar dari potensi kecelakaan.

Ada pula BSW yang memberitahu bila ada kendaraan lain ingin menyalip dari titik buta atau blind spot. Kemudian ada UMS yang bisa membatalkan akselerasi ketika pengendara tanpa sadar menginjak pedal gas.

“Syarat UMS aktif itu bukan digas pelan-pelan. Bayangannya adalah seperti mau injak rem mendadak, panik, malah injak pedal gas, baru sensor itu bekerja. Tapi kalau gasnya diinjak pelan-pelan, nggak berfungsi fitur itu. Jadi namanya Ultrasonic Mis-Acceleration, atau akselerasi yang tidak diharapkan baik maju maupun mundur bisa dicegah dengan fitur ini,” kata Head of Technical Service PT Mitsubishi Motors Krama Yudha, Boediarto.

Baca juga  Spesifikasi Mazda CX-30 Versi Indonesia, Pakai Mesin Skyactiv-X?

Fitur-fitur keselamatan lengkap tersebut tidak dipunya oleh kompetitor seperti Toyota C-HR dan Honda HR-V 1.8. Bahkan Mitsubishi juga melengkapi Eclipse Cross dengan fitur lain seperti rear cross traffic alert (RCTA), active stability & traction control (ASTC), hill start assist (HSA), dan lain-lain.

3. Adaptive Cruise Control

fitur cruise control
Cruise control memberi kenyamanan lebih ketika berkendara dengan eclipse cross

Soal kenyamanan, juga jangan diragukan. Kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross juga hadir lewat kemunculan adaptive crusie control (ACC). Fitur ini mampu membuat mobil melaju dan mengerem secara otomatis mengikuti kecepatan kendaraan di depan.

Dengan ACC, pastinya kamu bisa berkendara dengan santai di jalan bebas hambatan. Tidak perlu lagi mainkan pedal gas dan rem, cukup koreksi laju kendaraan dengan menggerakkan lingkar kemudi.

Fitur lain yang dipunya dan jadi kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross adalah automatic high beam (AHB). Fitur penerangan lampu jauh ini otomatis aktif dan nonaktif tergantung kondisi jalan. Kalau di depan tidak ada mobil, maka sorot lampu semakint terang. Sementara ketika ada kendaraan lain, sorot lampu dibatasi.

Baca juga  Resmi Dijual, Harga Mitsubishi Xpander Facelift Semakin Mahal!

Eclipse Cross juga memiliki interior nyaman dengan balutan jok kulit di bangkunya. Kemudian ada dual zone automatic climate control, head unit layar sentuh, touch pad, head up display, hingga enam speaker yang mampu meningkatkan kenyamanan berkendara.

4. Power Panoramic Sunroof

kelebihan mitsubsihi eclipse cross
Sunroof hadir untuk meningkatkan kesan lega di kabin

Ada kompetitor yang tidak punya sunroof, yaitu Toyota C-HR. Sementara Mitsubishi memberi Eclipse Cross sunroff besar. Tentu ini jadi kelebihan di mobil SUV tiga berlian.

Jadi penumpang depan dan belakang bisa menikmati pemandangan indah di langit-langit dengan mudah. Fungsi panoramic sunroof juga untuk membuat kabin terkesan lebih lapang.

5. Harga Sebanding dengan Kelebihannya

interior mitsubishi eclipse cross
Mobil Mitsubishi ini punya fitur keselamatan lengkap dan kenyamanan yang mumpuni untuk sebuah SUV perkotaan

Kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross yang terakhir adalah harganya. Dengan berbagai keunggulan yang disebutkan di atas, banderolnya cuma Rp 488,75 juta (OTR Jakarta).

Bandingkan dengan kompetitor seperti Toyota C-HR yang dijual mencapai Rp 517,3 juta (OTR Jakarta). Padahal dari sisi performa dan fitur, mobil Mitsubishi lebih lengkap. Kemudian kalau bicara HR-V 1.8, banderolnya memang lebih terjangkau, tapi lagi-lagi banyak kekurangannya kalau dibanding Eclipse Cross.

Itulah tadi kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross, salah satu SUV kelas menengah di Indonesia. Tertarik memilikinya? Untuk informasi terbaru dan terlengkap terkait dunia otomotif, cek terus Moladin.

Terbaru