oleh

7 Keuntungan Beli Mobil Kredit, Masih Ragu?

Ada beberapa keuntungan beli mobil kredit, salah satunya adalah bisa membeli mobil impian yang didambakan dengan mudah. Selain itu, tentunya ada berbagai macam program yang ditawarkan oleh leasing yang bekerjasama dengan diler mobil.

Saat ini membeli mobil secara kredit merupakan hal lumrah, berbeda dengan tahun 1980-an sampai tahun 1990-an, di mana kebanyakan orang membeli mobil dengan cara cash. Adapun ketika itu bisa membeli dengan kredit, maka syarat dan prosedurnya tidak segampang sekarang ini.

Dengan adanya program kredit dari beberapa bank atau Lembaga pembiayaan, otomatis juga mendongkrak penjualan industri otomotif khususnya mobil. Meski sebenarnya jika membeli mobil secara kredit tentu harga totalnya lebih mahal dari beli cash karena dikenakan suku bunga yang berlaku.

“Mayoritas beli dengan kredit. Karena syaratnya tidak rumit, selain itu juga terdapat beberapa program dan promo dari beberapa leasing yang bekerjasama dengan diler kami. Seperti DP murah atau hadiah langsung berupa talang air atau sarung jok,” ujar salah satu Wiraniaga diler Honda di Pondok Cabe (19/4/2022).

Kembali ke pembahasan mengenai keuntungan beli mobil kredit mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Banyak Promo Diskon dan Bunga Ringan

Keuntungan beli mobil kredit
Salah satu promo potongan cicilan untuk kredit mobil bekas

Keuntungan beli mobil kredit yang pertama adalah konsumen akan mendapat tawaran promo yang menarik. Seperti misalnya potongan angsuran 30% serta bunga 2,50%.

“Khusus bulan Ramadhan ini kami memberikan program potongan angsuran 30 persen untuk pembelian mobil bekas dan bunga ringan yaitu 2,50 persen untuk pembelian mobil baru dengan tenor 3 tahun,” ungkap Harjanto Tjitohardjojo selaku Direktur Clipan Finance beberapa waktu lalu.

 Selain itu, ada pula promo bunga 7,5 persen untuk pembelian mobil bekas secara kredit serta hadiah undian berupa gadget kekinian.

2. Tak Perlu Menunggu Lama

Keuntungan beli mobil kredit
Mobil impian bisa segera dimiliki dengan adanya kredit mobil

Keuntungan beli mobil kredit berikutnya adalah konsumen tidak perlu menunggu lama menabung untuk mendapatkan mobil impiannya. Pasalnya mobil sudah bisa diantar ke rumah, dengan hanya membayar uang muka yang tidak seberapa dibanding harga mobilnya.

“Kredit merupakan salah satu solusi bagi orang yang ingin segera memiliki mobil impian namun tabungannya belum cukup. Jadi misalnya mobil harganya Rp 100 juta dan tabungan ada Rp 50 juta, maka kekurangan Rp 50 juta bisa dengan cara kredit dan uang tabungan tadi bisa untuk DP,” terang salah satu Marketing leasing di Jakarta.

3. Sudah Termasuk Asuransi

Keuntungan beli mobil kredit
Pemilik mobil lebih tenang dengan adanya asuransi mobil

Selanjutnya, keuntungan beli mobil kredit lainnya adalah sudah termasuk asuransi. Yup, umumnya saat kita membeli mobil dengan cara kredit otomatis akan langsung mendapatkan paket asuransi selama masa kredit berlangsung.

Dengan asuransi maka pemilik mobil tidak perlu risau saat terjadi musibah senggolan atau kehilangan mobil. Semua akan dicover oleh pihak asuransi.

4. Banyak Hadiahnya

Keuntungan beli mobil kredit
Salah satu diler mobil Honda di Solo menawarkan berbagai hadiah

Selain promo diskon DP atau cicilan, ternyata dengan membeli mobil secara kredit juga akan mendapat hadiah langsung atau undian dari beberapa Lembaga pembiayaan dan bank.

Beberapa hadiahnya seperti tiket pesawat dan hotel untuk berlibur di Hongkong, gadget, sarung jok, kaca film, karpet mobil atau hadiah undian yang mendapatkan sepeda motor.

“Kita tiap tahun biasanya ada hadiah undian tiket pesawat dan hotel untuk liburan ke luar negeri seperti Singapura dan Hongkong. Namun semenjak pandemic hadiah tersebut sementara ditiadakan dan penggantinya hadiah undian berupa gadget seperti Iphone terbaru dan gadget lainnya,” imbuh Marketing leasing tersebut.

5. Uang Tabungan Bisa Untuk Kebutuhan Lain

Keuntungan beli mobil kredit
Simulasi penarikan uang

Kemudian, keuntungan beli mobil kredit selanjutnya adalah uang tabungan yang ada bisa untuk kebutuhan atau keperluan lain. Seperti mengembangkan usaha, renovasi rumah atau biaya anak sekolah.

“Kredit bisa menjadi solusi jika nasabah mempunyai rencana keuangan yang baik. Misalnya punya uang Rp 100 juta namun ingin beli mobil untuk usaha cateringnya. Maka bisa dimanfaatkan dengan cara DP Rp 30 juta dan sisanya dibayar secara kredit yang diambil Sebagian dari hasil usahanya tersebut,” tambah Marketing Leasing.

6. Bisa Mengatur Keuangan Lebih Fleksibel

Keuntungan beli mobil kredit
Bisa mengatur keuangan lebih fleksibel

Konsumen dapat mengatur keuangan saat membeli mobil secara kredit. Maksudnya adalah konsumen bisa menyesuaikan budget dan kemampuan untuk uang muka di awal transsaksi serta besaran cicilan yang harus dibayarkan.

Adanya table cicilan yang berbeda-beda untuk setiap tenor kredit bisa menjadi acuan mempersiapkan kemampuan membayar cicilan kredit setiap bulannya.

7. Bisa Take Over Kredit

Keuntungan beli mobil kredit
Ilustrasi take over mobil

Selanjutnya, keuntungan beli mobil kredit berikutnya adalah pemilik mobil bisa melakukan take over alias pindah tangan kredit tersebut. jadi misalnya pemilik mobil sudah menjalankan kredit selama 2 tahun dari total tenor kredit 3 tahun.

Kemudian kurang 1 tahun namun pemilik mobil misalnya harus pindah kerja ke luar negeri. Maka nasabah atau pemilik mobil tersebut bisa menawarkan ke kolega atau orang lain untuk meneruskan masa kredtnya tersebut.

Umumnya pemilik mobil yang akan melakukan take over credit akan meminta sejumlah uang untuk pengganti DP dan cicilan  yang seudah dibayar, meski jumlah uangnya tentu tidak sejumlah total cicilan dan DP yang ada.

“Ada konsumen datang ke sini mau take over kredit karena dia tugas ke luar negeri selama 2 tahun, dan kreditnya tinggal satu tahun. Saya lihat kondisi mobilnya masih bagus dan untuk harga kita sepakat ya saya ambil. Saya meneruskan bayar cicilan 1 tahun sisanya,” ungkap Bobby, pemilik showroom mobil bekas di Cirendeu.

Oh ya, syarat utama melakukan take over kredit adalah melaporkan ke pihak bank atau leasing terkait terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi miskomunikasi serta administrasi lebih jelas dan aman.

Moladiners, itulah ulasan mengenai keuntungan beli mobil kredit. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru