Minggu, April 14, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komando Mobile Siap Amankan KTT Asean Summit 2023, Pakai Jaringan Satelit!

by Firdaus Ali
Komando Mobile

Komando Mobile siap amankan perhelatan KTT Asean Summit 2023 yang akan berlangsung di Labuan Bajo pada 9 sampai 11 Mei 2023. Menariknya, posko mobil ini menggunakan jaringan satelit untuk mengirim dan menerima informasi yang dibutuhkan.

Buat yang belum tahu, Komando Mobile adalah sebuah mobil berbasis Toyota Hiace yang dirancang khusus oleh pihak Kepolisian sebagai kepanjangan dari Posko K3i. Kelebihan dari posko tersebut, dapat di pindah lokasi kemana saja.

Sebagai Kasatgas III Walrolakir, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menjelaskan bahwa Korlantas Polri dalam pengamanan KTT Asean Summit ini menyiapkan posko K3i sebagai pusat kendali dan komunikasi serta monitoring segala bentuk tugas pelayanan personel saat bertugas. Istimewa bukan?

“Isinya ada CCTV rute maupun CCTV yang ada di labuan bajo, kemudian ada aplikasi K3i, disini kita bisa melihat lokasi personel yang melakukan pengamanan rute, yang mengamankan perparkiran termasuk juga yang melakukan pengawalan. Kita bisa memantau dari sini melalui posko K3i dan komob. Komob Ini sifatnya mobile sesuai dengan kebutuhan,” ujar Brigjen Pol Aan Suhanan seperti dilansir dari laman Humas Polri (7/5/2023).

Baca juga  9 Mobil Polisi Indonesia, dari Lancer Hingga BMW 330e

Brigjen Pol Aan juga mencotohkan seperti halnya kegiatan yang akan dilaksanakan di Golo Mori, Satgas III Walrolakir akan mengirim komob ke lokasi karena lokasinya yang jauh.

“Untuk kegiatan yang akan datang di Golo Mori yang cukup jauh sekitar 30 KM dari sini, nah ini komob kita akan kita tempatkan di sana,” ujarnya.

Kecanggihan komob ini dijelaskan Aan dengan basis jaringannya satelit jadi di lokasi manapun bisa memberikan informasi, kalau pun ada blank area, dengan teknologi ini tidak akan terganggu dengan itu.

“Mau ditempatkan di tidak ada internet ini tetap bisa memberikan informasi,” pungkas Aan.

Polri Mulai Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas Pengamanan KTT Asean Summit 2023

Komando Mobile

Brigjen Pol Aan Suhanan saat menjelaskan mengenai rekayasa lalu lintas

Selain Komando Mobile, Korlantas Polri juga sudah mulai melakukan rekayasa lalu lintas sebagai bagian dari pengamanan KTT Asean Summit 2023. Adapun rekayasa lalu lintas tersebut mulai diberlakukan di simpang BNI jalan Soekarno-Hatta dengan sistem buka-tutup dan perubahan flow arus lalu lintas.

Baca juga  7 Mobil Polisi Termewah di Dunia, dari Lamborghini Hingga Rolls-Royce

“Antara jalan Soekarno-Hatta dan jalan Tongkol saat ini diberlakukan perubahan arus rekayasa, biasanya arus dari hotel Meurorah ke Simpang BNI, ini sebaliknya dari Simpang BNI menuju Meurorah sampai Kampung Ujung,” imbuh Brigjen Pol Aan.

Namun begitu, rekayasa lalu lintas di jalan tersebut tidak akan dilakukan permanen, namun hanya saat para delegasi akan melintas dua jam sebelumnya selama pelaksanaan pengamanan KTT Asean berlangsung.

“Sebagai informasi pada saat kegiatan Asean Summit kita akan sedikit melakukan perubahan flow arah yang menuju ke hotel Meurorah. Namun penutupan ini akan kita lakukan pada J-2. Setelah delegasi masuk ke hotel Meurorah kita akan normalkan namun arahnya tetap kita arahkan dari Simpang BNI menuju ke arah Meurorah,” terang Brigjen Pol Aan.

Selain di Simpang BNI, Satgas Walrolakir (Pengawalan, Rute, Patroli dan Parkir) juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di beberapa titik lokasi, seperti di jalan Bandara, Puncak Waringin, Simpang Brundi sampai ke Binongko.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  9 Mobil Polisi Indonesia, dari Lancer Hingga BMW 330e

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika