Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mitsubishi Daftarkan Paten Desain XFC Concept, Launching di GIIAS 2023?

by Tigor Sihombing
New SUV Mitsubishi

Pabrikan mobil Mitsubishi daftarkan paten desain XFC di Indonesia. Hal ini terendus dari hadirnya gabar mobil yang diduga adalah XFC Concept tersebut di Berita Resmi Desain Industri No.18/DI/2023, yang dirilis Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

Desain mobil anyar ini terdaftar di Nomor Permohonan DI A00202301038, dengan tanggal penerimaan 17 Maret 2023 serta tanggal pengumuman 5 Mei 2023. Sedangkan nama dan alamat pemohon desain industri adalah MITSUBISHI JIDOSHA KOGYO KABUSHIKI KAISHA1-21, Shibaura 3-chome, Minato-ku, Tokyo, 108-8410 Japan.

Sementara itu, nama desainer mobil ini adalah Shinya Nishikado dan Takashi Mogami. Nama Mitsubishi XFC Concept sendiri sebenarnya sudah rada familiar di Indonesia. Lantaran sejak awal tahun 2023, mobil bergenre SUV kompak tersebut sudah bersafari dari mall ke mall di Indonesia.

Fitur Mitsubishi XFC

Mitsubishi daftarkan paten desain XFC di Indonesia

Paten desain yang diduga Mitsubishi XFC.

Beberapa sumber menyebut Mitsubishi XFC Concept memiliki banyak keunggulan. Sebut saja desain futuristik, dimensinya yang bongsor, hingga menawarkan kabin interior yang luas.

Baca juga  Rekomendasi 7 Mobil Rp 300 Jutaan Terbaik, Pas Buat Keluarga

Tidak hanya itu saja, Mitsubishi mengklaim mobil yang pertama kali debut di Vietnam Motor Show 2022 ini memeiliki beberapa fitur yang dirancang untuk memiliki pengendalian jalan baik, bahkan di permukaan jalan ekstrim. Ground clearance-nya tinggi, sehingga mampu melewati berbagai medan jalan.

Mobil ini punya desain yang jempolan. Di bagian depan, masih mengusung konsep desain Dynamic Shield, dengan Lampu depan berbentuk L di bagian atas unit lampu depan berpadu dengan Daytime Running Light (DRL) seperti kisi-kisi di bawah untuk menyala dalam bentuk T yang ikonik, yang menunjukkan kesan luas.

Interiornya menawarkan kemudahan pengoperasian dan kenyamanan, yang sangat penting untuk sebuah SUV. Panel instrumen mengadopsi desain bertema horizontal, sehingga memudahkan untuk merasakan perubahan postur kendaraan saat berkendara di permukaan kasar sekaligus meningkatkan visibilitas ke depan.

Terkait mesin belum ada informasi lebih lanjut dari Mitsubishi. Namun, pabrikan mobil berlambang tiga berlian tersebut menyebut mobil konsep ini bakal mendapatkan empat modus berkendara yakni Normal, Gravel, Mud dan Wet.

Baca juga  Mitsubishi Jepang Rilis Outlander PHEV Black Edition, Lebih Komplit!

Walau masih berupa konsep, namun XFC diklaim akan menjadi idola baru di segmennya. Bukan tanpa alasan, mobil ini mengusung tagline “Best Suited Buddy For An Exciting Life”. Di mana Mitsubishi menawarkan desain SUV yang kuat, kepraktisan, ruang cargo yang luas, kenyamanan ruang interior, serta ground clearance yang tinggi untuk XFC.

“Kami akan meluncurkan SUV kompak baru secara berurutan di pasar ASEAN, termasuk Vietnam pada tahun fiskal 2023. Di masa depan, kami berencana untuk menambah varian elektrifikasi ke dalam lineup dan juga meluncurkannya di wilayah di luar ASEAN,” kata President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato dalam keterangan res minya beberapa waktu lalu.

Jika dilihat dari dimensinya, besar kemungkinan Mitsubishi XFC akan bertarung di kelas yang dihuni oleh Hyundai Creta dan Honda HR-V. Demikian ulasan Mitsubishi daftarkan paten desain XFC di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika