Friday, December 9, 2022
Banner

7 Mobil Polisi Termewah di Dunia, dari Lamborghini Hingga Rolls-Royce

by Tigor Sihombing
Polisi Termewah di Dunia

Mobil polisi termewah di dunia ada di Dubai. Sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia, Dubai memang terkenal dengan kendaraan-kendaraan mewahnya yang banyak lalu lalang di jalanan.

Mungkin Lamborghini, Ferrari, Porsche adalah kendaraan biasa yang banyak digunakan penduduk Dubai. Untuk mengimbangi sports car dan supercar yang mayaoritas ada di jalan-jalan Dubai, polisi pun mengimbanginya dengan mobil patroli yang tidak kalah kencang.

Terbayang dong, apa jadinya jika mayoritas kendaraan di suatu kota adalah sports car atau supercar, tapi polisinya malah menggunakan mobil penumpang massal seperti Lancer X atau Galant Hiu? tentunya pasti kewalahan jika dipaksa untuk mengejar Porsche misalnya, yang melanggar aturan.

Ssebagai informasi, maraknya mobil-mobil mewah dan sportscar di Dubai, menurut Donut Media, karena tidak adanya pajak penghasilan.

“Hal ini membuat orang yang tinggal di sana punya uang ekstra untuk ‘dibakar’ dengan beli mobil mewah. Banyaknya tempat berbelanja, jalanan yang sangat mulus, serta kemudahan untuk membeli mobil mewah bekas menjadi faktor kenapa banyak orang punya mobil sport di sini,” kata pengamat otomotif dari Donut Media, Nolan Sykes.

Nah selain di Dubai, mobil polisi termewah di dunia ada juga di Eropa dan Amerika Serikat. Biar gak bikin penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya:

1. Toyota Land Cruiser

Mobil polis dubai Land cruiser

Jika Indonesia masih menggunakan Toyota Fortuner sebagai kendaraan dinas kepolisian, di Dubai sudah menggunakan Toyota Land Cruiser 2022.

Motor1 melaporkan, mobil tersebut digunakan untuk kendaraan patroli pihak kepolisian. Diserahkan langsung oleh diler di Dubai, Al Fittaim Toyota sebanyak 50 unit Land Cruiser 300 ke polisi Uni Emirat Arab pada Juli lalu.

Baca juga  9 Mobil Polisi Indonesia, dari Lancer Hingga BMW 330e

Land Cruiser keluaran terbaru tersebut bersenjata mesin V6 3,5 liter twin-turbocharged. Mesin baru Toyota Land Cruiser ini menghasilkan lebih banyak tenaga, yaitu 409 tenaga kuda (305 kilowatt) dan torsi 479 pound-feet (650 Newton-meter).

Mesin itu membuat Toyota baru lebih efisien daripada model sebelumnya, yang merupakan keuntungan bagi polisi UEA. Bersama dengan mesin diesel yang tersedia dan akan menghasilkan tenaga 305 hp (227 kW) dan torsi 516 lb-ft (700 Nm),

Dari sisi bobot, mobil ini 441 pon (200 kilogram) lebih ringan. Sehingga, sangat membantu saat melaju dengan kecepatan tinggi. Terkait harganya, di Dubai mobil tersebut dibandrol sekitar 90.000 dolar AS atau setara Rp 1,3 miliar.

2. Audi R8 Coupe V10 RWD

Mobil polisi dubai

Mobil polisi termewah di dunia berikutnya adalah Audi R8 Coupe V10 RWD. Sedan mewah tersebut resmi menjadi mobil kepolisian Dubai sejak November 2021.

Untuk speknya juga bukan main-main. Audi R8 Coupe V10 RWD disokong mesin V10, 5,2 liter yang menghasilkan 540 tenaga kuda. Mobil beroktan tinggi ini memiliki kecepatan tertinggi 320 kilometer per jam dan dapat mencapai  0-100 kilometer per jam hanya dalam 3,7 detik.

3. Dodge Challenger R/T

Dodge Charger

Mobil termewah di dunia berikutnya datang dari negeri Paman Sam, yakni Dodge Charger. Mobil ini digunakan  oleh Departemen Kepolisian Prescott Valley di Negara Bagian Arizona.

Baca juga  9 Mobil Polisi Indonesia, dari Lancer Hingga BMW 330e

Sepasang unit Dodge Challenger R/T untuk membantu mereka menindak pengemudi yang sembrono. Menariknya dua mobil ini tidak beratribut polisi agar lebih sulit dikenali, ya memang tujuannya lainnya juga untuk melakukan aksi penyamaran.

Menurut Departemen Kepolisian Prescott Valley, Dodge Challenger R/T akan secara khusus ditugaskan untuk secara agresif mendesak pengemudi berbahaya dan mengawasi pengemudi sembrono yang berkecepatan melebihi batas mengemudi.

Untuk spek mesinya juga bukan kaleng-kaleng. Mobil ini dibekali dengan mesin 5.7L Hemi V8. Mesin itu menghasilkan 375 tenaga kuda (280 kilowatt) dan torsi 400 lb-ft (542 Newton Meter).

4. Rolls-Royce

Mobil Polisi Termewah di Dunia

Mobil polisi termewah di dunia berikutnya adalah Rolls-Royce yang dimiliki polisi negara Inggris. Mobil yang di Indonesia sebagai simbol kesuksesan ini, lantaran harganya yang mencapai belasan hingga puluhan miliar, di Inggris dijadikan mobil polisi.

Hal ini karena Rolls-Royce merupakan produk lokal yang melambangkan kedigdayaan suatu negara. Untuk jantung pacunya, mobil tersebut dibekali mesin kapasitas 6.749 cc yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 453 HP pada 5.350 rpm sedangkan tenaga putaran bawah mencapai 720 Nm pada 3.500 rpm. Akselerasi dari 0-100 kilometer dicapai dalam 6 detik saja.

5. Lamborghini Huracan

Mobil Polisi Termewah di Dunia

Polisi Italia juga menggunakan mobil brand lokal unutk menjadi kendaraan dinasnya. Sebut saja Lamborghini Huracan, yang disulap jadi gagah lantaran menggunakan strobo sebagai kelengkapan berkendara patroli. 

Selain itu, supercar bertenaga 610 hp ini memiliki juga memakai sirene, kamera video, hingga rak pistol. Istimewa bukan?

Baca juga  9 Mobil Polisi Indonesia, dari Lancer Hingga BMW 330e

6. McLaren 12C Spider

Mobil Polisi Termewah di Dunia

Mobil polisi termewah di dunia berikutnya adalah McLaren 12C Spider. Salah satu supercar tekencang di dunia ini mengusung mesin V8, 3.8L, turbo ganda, menawarkan tenaga sampai 600,2 PS dan torsi 601 Nm. Dipadu dengan transmisi otomatis 7-percepatan, kopling ganda sehingga mampu dikebut 0-100 kpj dalam 3 detik.

McLaren 12C Spider digunakan pihak kepolisian Inggris sekitar tahun 2014 lalu. Mobil tersebut dipilih karena salah satu brand mobil lokal yang membanggakan Inggris.

Untuk saat ini McLaren sedang fokus menjadi brand dengan produk kendaraan hypercar dengan konfigurasi hybrid.

7. Brabus Rocket

Mobil Polisi Termewah di Dunia

Jerman memiliki beberapa mobil yang keren – keren untuk dijadikan mobil polisi. Salah satu  yang terbaik adalah Brabus Mercedes CLS Rocket.

Bukan sembarang Brabus, sedan tersebut versi Mercedes-Benz CLS-Class generasi pertama. Bedanya dengan versi reguler, versi Rocket dilengkapi dengan mesin V12 twin-turbocharged 6,3 liter dari Brabus SV12 S. Rocket menghasilkan 720 hp dan torsi 4.134 nm, dengan maksimal speed mencapai 360 km/jam. Kira-kira penjahat macam apa ya yang bisa kabur dari mobil ini ?

Demikian ulasan mobil polisi termewah di dunia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika