Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA, Ternyata Ada Yang Kencang Tapi Tidak Kuat Nanjak!

by Firdaus Ali
Komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA

Berikut akan kami ulas komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA. Dalam pembahasan kali ini, kami fokus pada tes nanjak, perbandingan spek mesin dan tenaga, konsumsi BBM, drag race, serta handling di tikungan basah.

Dua mobil SUV ini punya harga yang cukup fantastis. Meski pada banderol harga di lini keluarga BMW dan Mercedes-Benz, masing-masing mobil ini merupakan yang termurah kedua di keluarganya.

Pada BMW X1 dijual OTR dengan banderol Rp 970 juta. Sementara itu untuk Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line banderolnya ialah Rp 925 juta.

Keduanya punya desain eksterior yang terlihat elegan dan punya ciri khas masing-masing. Perpaduan desain grill, bentuk lampu dan bumper, desain velg serta lekukan body terlihat proporsional dan berkelas.

Biar tidak penasaran, langsung saja simak pembahasan komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA berikut ini.

Mercedes-Benz GLA Tidak Bisa Nanjak

Mercedes-Benz GLA tidak kuat menanjak

Komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA ada yang tidak kuat menanjak

Komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA pertama adalah tes nanjak. Mobil kami isi 5 orang dengan total bobot 476 kilogram.

Baca juga  Komparasi Toyota Yaris Cross vs Mitsubishi XForce, Siapa Jago Nanjak dan Tercepat Akselerasi?

Mobil pertama yang kami coba adalah Mercedes-Benz GLA. Seperti biasa kami menggunakan timer untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melibas tanjakan tersebut.

Hasil dari pengujian tes nanjak mobil SUV dari Mercedes-Benz ini di luar ekspektasi kami, yaitu gagal nanjak. Yup kami telah mencoba beberapa kali, namun hasilnya tetap gagal. Pada panel cluster muncul pop up nitifikasi transmisi mengalami overheat.

BMW X1 kuat menanjak

BMW X1 kuat menanjak

Lalu untuk BMW X1, mobil yang harganya hampir Rp 1 miliar ini nyatanya lebih baik hasilnya alias mampu melibas tanjakan. Meski dibutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 18,7 detik.

BMW X1 Kalah Saat Drag Race

Komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA

Drag race dan akselerasi mesin dimenangkan Mercy GLA 200

Komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA selanjutnya adalah menguji akselerasi melalui drag race sjauh 201 meter. Pada pengujian akselerasi 0-100 km/jam hasilnya dimenangkan oleh BMW X1 dengan raihan waktu 8,7 detik. Sementara hasil Mercedes-Benz GLA 8,9 detik.

Selanjutnya, catatan waktu untuk jarak 201 meter juga dimenangkan oleh Mercy GLA dengan catatan waktu 10,4 detik. Kemudian untuk BMW X1 10,6 detik.

Baca juga  Komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA, Adu Fitur, Luas Bagasi Hingga Kekedapan Kabin

Spesifikasi Mesin dan Konsumsi BBM Mercedes-Benz GLA dan BMW X1

Komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA

Konsumsi BBM lebih irit BMW X1

Mengulas komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA tentu kurang afdhol tanpa membahas psesifikasi mesin dan konsumsi bahan bakarnya.

Mercedes-Benz GLA mengadopsi mesin 1.3L Turbo 4-silinder dengan transmisi otomatis 7-speed DCT (Dual Clutch Transmission). Di atas kertas tenaga maksimumnya diklaim bisa meraih angka 163 hp dan torsi puncak 250 Nm.

Kemudian untuk BMW X1 pakai mesin 1.5L B38 Turbo 3-silinder yang punya diklaim punya tenaga 156 hp dan torsi puncak 230 Nm melalui transmisi otomatis 7-speed streptonic.

Lalu, bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Kami menguji dengan rute dalam kota dan jalan tol. Hasilnya, untuk BMW X1 dengan rute jalanan dalam kota 13,1 km/liter. Selajutnya Mercedes-Benz GLA 0,4 km/liter.

Untuk pengujian konsumsi BBM rute jalan tol, hasilnya untuk BMW X1 di angka 20,8 km/liter dan Mercedes-Benz GLA 18,8 km/liter.

Handling Keduanya Masih Stabil

Komparasi BMW X1 vs Mercedes-Benz GLA

Tes handling, keduanya tidak jauh berbeda

Berbicara handling dari BMW X1 dan Mercedes-Benz GLA, keduanya terbilang masih stabil. Hal ini kami uji dengan melewati tikungan putar balik dengan masing-masing mobil berkecepatan 35 km/jam.

Baca juga  Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio, Mana Pilihanmu?

Hasilnya tidak jauh berbeda alias sangat tipis. Untuk BMW X1 hasilnya 4 derajat dan Mercedes-Benz GLA 3 derajat. Ini artinya kedua mobil SUV Eropa itu punya struktur kaki-kaki yang cukup mumpuni dan juga fitur stability control yang bekerja dengan baik.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika