Sabtu, Maret 2, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Konsumsi BBM Subaru Crosstrek Lebih Irit dari XV?

by Firdaus Ali
Penjualan Subaru di GIIAS 2023

Konsumsi BBM Subaru Crosstrek lebih irit dari Subaru XV. Klaim tersebut disampaikan oleh Ismail Ashlan saat acara Q&A session Subaru Crosstrek di event Gaikindo Jakarta Auto Week 2023.

Subaru Crosstrek resmi meluncur di event GJAW 2023. Hadirnya compact SUV ini meneruskan kesuksesan Subaru XV yang sudah mengaspal di Indonesia. Meski menggunakan mesin yang sama dengan Subaru XV, konsumsi BBM Crosstrek diklaim lebih irit 10%.

“Mesin sama dengan Subaru XV, namun begitu menurut prinsipal dari Subaru Jepang, konsumi bahan bakarnya lebih irit 10%. Ini dikarenakan dimensi lebih pendek dan beberapa bagian menggunakan bahan material alumunium, Jadi konsumsi BBM-nya lebih irit. Namun begitu, kita belum mencobanya secara langsung, jadi angka tersebut berdasarkan info dari Subaru Jepang,” terang Ismail Ashlan selaku Marketing Manager Subaru Indonesia (13/3/2023).

Sebagai informasi, Subaru Crosstrek menggunakan mesin yang sama dengan Subaru XV, yaitu mesin boxer FB20 2.000 cc yang diklaim tenaganya mencapai 156 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 196 Newton Meter pada putaran mesin 4.000 rpm melalui transmisi CVT 8-percepatan.

Baca juga  Harga Subaru Crosstrek dan WRX di Batam Lebih Murah, Ini Alasannya

Meski mesin sama, di atas kertas dimensi Subaru Crosstrek lebih ringkas dari Subaru XV. Subaru Crosstrek mempunyai panjang 4.480 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.580 mm. Sementara untuk Subaru XV mempunyai dimensi panjang 4.485 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.595 mm.

Jika dilihat dari perbedaan angka dimensinya, terlihat Subaru Crosstrek lebih lebih pendek dari sisi panjang dan tingginya. Secara teori bobot mobil akan berkurang dan bisa menjadi salah satu indikator konsumsi BBM lebih irit.

Selain dimensi yang lebih ringkas, pada bagian railing kursi juga menggunakan material alumunium. Sehingga membuat bobot dari Subaru Crosstrek menjadi lebih ringan dari Subaru XV.

Oh ya, untuk konsumsi BBM Subaru XV, pihak Subaru Indonesia sudah pernah melakukan uji internal dan hasilnya untuk rute dalam kota konsumsi BBM nya 16 km/liter dan untuk jalan tol 18 km/liter. Nah, jika benar konsumsi BBM Subaru Crosstrek diklaim lebih irit dari XV, bisa jadi konsumsi BBM rute dalam kota menjadi 18 km/liter dan rute jalan tol 20 km/liter.

Baca juga  Harga Subaru Crosstrek 50 Years AWD 2023, Cuma 15 Unit!

Fitur dan Harga Subaru Crosstrek

Konsumsi BBM Subaru Crosstrek

Interior Subaru Crosstrek 2023

Subaru Crosstek hadir hanya dengan 1 varian yaitu 2.0i-S EyeSight dengan harga Rp 549,5 juta OTR DKI Jakarta. Untuk warna tersedia dalam Crystal White Pearl, Ice Silver Metallic, Magnetite Grey Metallic, Crystal Black Silica, Pure Red dan 3 warna baru yaitu Sun Blaze Pearl, Offshore Blue Metallic, dan Oasis Blue.

Soal fitur, Subaru Crosstrek sudah dilengkapi dengan EyeSight. Yaitu fitur yang sudah terintegrasi dengan fitur Adaptive Cruise Control, Lane Sway and Departure Warning, Lead Vehicle Start Alert, Pre-Collision Braking System, Pre-Collision Throttle Management, Reverse Automatic Brakng, Blind Spot Detection with lane Change Assist, dan fitur modern lainnya. Tidak ketinggalan kehadiran penggerak All Wheel Drive (AWD).

“Kami hanya mendatangkan satu varian Subaru Crosstrek yang model tertinggi karena karakter konsumen di Indonesia lebih memilih tipe paling lengkap dan tertinggi,” ujar Arie Christopher selaku Chief Operation Officer Subaru Indonesia.

Moladiners, itulah ulasan mengenai konsumsi BBM Subaru Crosstrek lebih irit 10% dibanding Subaru XV. Simak terus Moladin.com untuk infomrasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Harga Subaru Crosstrek 50 Years AWD 2023, Cuma 15 Unit!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika