Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Kupas Tuntas Fitur Wuling Alvez, Compact SUV Modern Rp 200 jutaan

by Tigor Sihombing
wuling alvez

Kali ini Moladin akan coba mengupas fitur-fitur Wuling Alvez, yang merupakan compact SUV modern dengan banderol harga berkisar Rp 200 jutaan.

Wuling Alvez mengaspal di Tanah Air pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Mobil ini hadir dengan dimensi panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.610 mm menawarkan desain stylish, serta inovasi yang dibalut dengan teknologi modern.

Tidak salah jika Arif Pramadana, selaku Vice President Wuling Motors secara berulang-ulang menyebut mobil ini kaya akan teknologi saat pertama kali Wuling Alvez diluncurkan. 

“Selain teknologi, kami mempersiapkan Compact SUV yang digemari ini berkat tampilannya yang atraktif, bodi compact namun tetap lapang,” kata Arif Februari 2023 lalu di peluncuran Wuling Alvez.

Eksterior Wuling Alvez berkesan tangguh

wuling alvez sudah dikirim ke konsumen

Wuling Alvez menggunakan pelek alloy 16 inci bergaya bintang yang dibalut ban berprofil 205/60 R16.

Sederet inovasi pun ditawarkan kepada konsumen, mulai dari desain eksterior yang tampil atraktif, dengan kesan mobil petualang yang tangguh.

Seperti penggunaan grille yang membentuk huruf V, yang dicat warna hitam, kombinasi krom. Serta penggunaan headlamp dan foglamp yang sudah mengadopsi teknologi LED.

Sementara itu, untuk bagian belakang eksterior Wuling Alvez 2023 terlihat bergaya sporty, terlebih dengan adanya rear light yang juga sudah mengadopsi LED.

Baca juga  Wuling Gandeng Tekno Body Repair

Selain itu hadirnya High Mount Stop Lamp dan reflector memberi kesan aman lebih pada mobil, lantaran mampu meningkatkan visibilitas kendaraan dari posisi belakang.

Dari sisi kaki-kaki, Wuling Alvez menyematkan velg alloy two tone dengan ukuran 16 inci bergaya bintang yang dibalut ban berprofil 205/60 R16.

Aura petualang juga terpancar lewat kehadiran roof rail, walau hadir hanya sebagai pemanis tampilan.

Wuling Alvez hadirkan Interior Modern

Wuling Alvez

Interior Wuling Alvez EX yang penuh fitur modern, tidak seperti Alvez SE

Spesifikasi Wuling Alvez 2023 selanjutnya adalah dari sisi interior yang terlihat elegan dengan konsep” style and sophistication within reach”.

Hal ini tampak dari pengoperasian AC sudah menggunakan digital. Ada pula head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci di interior Wuling Alvez untuk pengoperasian audio, peta navigasi, konektivitas smartphone, kamera parkir dan lainnya.

Untuk menambah kenyamanan dan kemudahan pemilik mobil dan serta penumpang, Wuling Alvez juga telah mengadopsi fitur Keyless entry + Engine Start/Stop Button, Auto up/down with anti-pitch di semua jendela pintu, serta remote open window & unlock tailgate.

Wuling Alvez juga menyematkan 7 inch TFT meter cluster, dengan tampilan full digital yang sangat atraktif dan mudah dilihat.

Baca juga  Dapat Subsidi, Inden Wuling Air EV Berapa Lama?

Bagasi Wuling Alvez luas

Wuling Alvez

Kapasitas bagasi Wuling Alvez 322 liter

Selain fitur-fitur modern, Wuling alvez juga dibekali dengan 27 titik ruang penyimpanan barang.

Lalu untuk kapasitas bagasi terbilang luas yakni 322 liter berdasarkan data tertulis pabrikan.
Ruang bagasi tersebut tentunya sangat cukup lega untuk SUV ringkas dengan kapasitas 5-orang. Barang-barang seperti stroller anak, koper, hingga tas masih muat.

Ada pula fitur-fitur penunjang di bagasinya seperti lampu LED di sisi kanan, serta gantungan di sisi kiri.

Bila ingin mendapat ruang bagasi yang lebih luas, kursi belakangnya juga bisa dilipat rata lantai sehingga Alvez memiliki ruang untuk barang hingga 625 liter.

Wuling Alvez dilengkapi WIND dan IoV

Membahas fitur Wuling Alvez, tidak lengkap tanpa membicarakan WIND, IoV dan ADAS.

Buat yang belum tahu, WIND adalah Wuling Indonesian Command. Jadi pengemudi bisa memberi perintah suara ke mobil, menggunakan bahasa Indonesia, untuk mengoperasikan berbagai fitur seperti membuka kaca jendela, mematikan AC, dan lain-lain.

Sementara untuk fitur IoV (Internet of Vehicle), kemungkinan juga akan ditanamkan pada Alvez. Namun bisa jadi, hanya di varian tertingginya saja.

IoV adalah teknologi yang bisa menyambungkan mobil dengan internet, tapi butuh SIM card yang terintegrasi ke kendaraan.

Baca juga  5 Perbedaan Wuling Cortez Facelift 2022 Vs Model Lama

Serta ADAS (Advanced Driver Assistance System) didalamnya terintegrasi ACC alias Adaptive Cruise Control.

Performa dan Konsumsi BBM Wuling Alvez

wuling Alvez

Wuling Alvez

Selanjutnya, spesifikasi Wuling Alvez 2023 berlanjut ke bagian mesin. Mobil SUV ini mengadopsi mesin tanpa turbo Euro 4 berkubikasi 1.485 cc naturally aspirated, inline-4 cylinder, DVVT, DOHC yang dikombinasikan dengan pilihan transmisi otomatis CVT untuk varian EX dan CE.

Sementara varian Alvez SE cuma tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan.

Hasilnya, kombinasi mesin dan transmisi Alvez tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 hp pada 5.800 rpm serta torsi puncak di angka 143 Nm pada putaran mesin 4.000-4.600 rpm.

Bagaimana konsumsi BBM-nya? Berdasarkan konsumsi BBM based on media test drive dari Solo ke Jogjakarta beberapa waktu lalu, Wuling Alvez mampu menempuh perjalanan 252 Km, dengan membukukan angka irit 12,7 Km/liter.

Catatan yang cukup baik untuk mobil bermesin 1.500 cc.

Perjalanan tersebut, kami tempuh selama satu hari dengan kondisi jalan kebanyakan lengang. Hanya saja memang kondisinya melewati berbagai medan, mulai dari perkotaan hingga bukit-bukit berbatu.

Alhasil kami tidak bisa melesat cepat dengan Alvez. Kecepatan pun tidak pernah di atas 100 km/jam.

Demikian ulasan terkait kupas Fitur Wuling Alvez. Simak terus Moladin. com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika