Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mobil Jeep Wrangler Vs Rubicon, Apa Bedanya?

by Firdaus Ali
Rubicon Mario Dandy

Berikut akan kami ulas mengenai Jeep Wrangler vs Rubicon. Sebab, masih ada mayarakat awam yang belum mengetahui perbedaan antara keduanya. Beberapa orang menyebut mobil asal Amerika ini dengan nama Rubicon. Padahal, tidak semua Jeep adalah Rubicon.

Wajar bila ada yang salah sebut, lantaran di Jeep Wrangler Rubicon terdapat tulisan besar RUBICON di sisi kiri dan kanan mobil bagian depan. Orang awam tentu menganggap nama mobil tersebut Rubicon, padahal bukan.

“Jeep adalah mereknya, Wrangler modelnya, dan Rubicon adalah variannya. Jadi jangan salah sebut, tidak semua Jeep itu varian Rubicon, ada Sport dan juga Sahara. Saya juga sering mengingatkan kepada Sales-sales baru untuk tidak salah sebut saat bertemu dengan konsumen,” ujar Fedy Dwi Parileksono, Head of Public Relation & Sales Training PT DAS Motor Indonesia beberapa hari lalu.

Fedy juga mengungkapkan, jika Jeep Wrangler Rubicon mempunyai fitur yang lebih modern dan lengkap dibandingkan varian lain. Sebab, Rubicon merupakan varian paling tertinggi.

“Jelas beda, untuk Jeep Wrangler Rubicon ada beberapa fitur yang tidak ada di varian Sahara atau Sport. Misalnya saja jok sudah dilapisi dengan material kulit,” imbuh Fedy.

Bahkan varian Rubicon juga tersedia untuk mobil selain Jeep Wrangler, sebut saja Jeep Gladiator. Di negara asalnya, Gladiator punya varian Willys, Sport, Freedom, Overland, Mojave, hingga Rubicon.

Fitur Jeep Wrangler Rubicon Lebih Modern dan Lengkap

Jeep Wrangler vs Rubicon

Jeep varian Rubicon sudah dilengkapi fitur Rock-track system

Jeep Wrangler Rubicon menyandang sebagai varian flagship atau tertinggi. Karenanya, mobil adventure ini memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh Jeep Wrangler varian di bawahnya.

Baca juga  Harga Mobil Jeep Juni 2022, Termurah Rp 699 Juta!

Salah satu fitur yang hanya ada di Jeep Wrangler Rubicon adalah sistem Rock-Trac 4×4 sebagai standar. Adanya sistem Rock-Trac 4×4 ini agar lebih bisa mengkontrol dan memberi torsi lebih besar, menawarkan kinerja off-road yang unggul dengan rasio gigi rendah 4:1, dan fitur Sway Bar dan Axle Lock yang bisa diaktifkan secara elektrik.

Tak hanya itu saja, ada pula fitur Advanced Brake Assist (packaged with Full-Speed Forward Collision Warning) serta Blind Spot and Cross-Path Detection, Adaptive Cruise Control, Automatic High-beam headlight, Rear Park Assist System, dan Rear Back Up Camera 

Secara teknis, sway bar fungsinya untuk menjaga level kedua sisi roda memiliki ketinggian yang sama dan menjaga rigiditas torsional kaki-kaki bagian bawah tetap sama. Sedangkan axle lock mampu mendeteksi selip pada roda dan menyalurkan torsi lebih besar ke roda lainnya guna mengatasi selip dan menjaga traksi optimum.

Selain itu, sistem penggerak 4 roda yang digunakan pun berbeda. Disebut Rock-Trac 4WD System. Rubicon memiliki front sway bar disconnect system dan Tru-Lok pengunci diferensial depan/belakang, yang keduanya bisa diaktifkan via tombol di ujung kanan dasbor. Kemudian, ada juga Trayler Sway Control sebagai fitur tambahannya. 

Eksterior dan Interior Jeep Wrangler Rubicon

Jeep Wrangler vs Rubicon

Interior Rubicon lebih elegan dengan penggunaan material kulit pada joknya

Jeep Wrangler vs Rubicon selanjutnya adalah dari sisi tampilan eksterior dan interior. Khusus untuk tampilan luarnya, secara kasat mata varian Rubicon tampil beda dengan adanya stiker bertuliskan Rubicon di bagian kanan dan kiri tutup mesin. Kemudian untuk velgnya, Wrangler Rubicon menggunakan velg ukuran 17-inch Aluminum Polished With Mid-Gloss Black Pockets.

Baca juga  Jeep Wrangler Xtreme Recon, Pakai Ban Lebar 35 Inci

Di Indonesia, Jeep Wrangler Rubicon hadir dengan 4 model: Wrangler Rubicon 2-pintu, 4-pintu, atap soft top, dan juga pikap (Gladiator). 

Sementara untuk interiornya, Jeep Wrangler Rubicon, joknya sudah dibungkus material kulit berkualitas, sama dengan varian Sahara. Sedangkan varian di bawahnya seperti Sport menggunakan material fabric.

Selanjutnya, untuk menunjang kenyamanan kabin interior, Jeep Wrangler Rubicon juga sudah mengadopsi AC Automatic Temperature Control. Kemudian ada pula headunit layar sentuh yang bisa mengakomodasi peta, kamera depan dan belakang, serta fitur lain.

Untuk sistem audio, headunit layar sentuh tersebut juga sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Andoid Auto. Output audio semakin renyah di telinga penumpang melalui 9 speaker merek Alpine.

Mesin Jeep Wrangler Rubicon dan Gladiator Rubicon Berbeda

Jeep Wrangler vs Rubicon

Salah satu mesin Jeep Rubicon, 2000 cc Turbo

Di Indonesia, Jeep Rubicon hadir dengan pilihan 2 mesin. Untuk model Wrangler Rubicon 2 pintu, 4 pintu dan soft top mengadopsi mesin HURRICANE 4-cylinder in-line segaris, dengan kapasitas 2.000 cc, Direct Injection Turbo. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 400 Nm dan tenaga 275 hp. Jantung mekanis tersebut dikombinasikan dengan Transmisi 8-Percepatan Otomatis.

Sementara itu, untuk Jeep Gladiator Rubicon mengadopsi mesin PENTASTAR 3.600cc V6 yang di atas kertas tenaga maksimumnya mencapai 285 hp pada 6.400 rpm dan torsi puncak 353 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Padanannya menggunakan transmisi 8-percepatan otomatis. Oh ya, Gladiator Rubicon ini juga mempunyai kapasitas towing 4.500 lbs.

Baca juga  Harga Jeep Grand Cherokee 2023, Ada Varian 7-Seater!

Soal pilihan warna, Jeep Wrangler Rubicon 2 pintu, 4 pintu dan soft top ada pilihan Sting Gray, Billet Silver Metallic, Granite Crystal Metallic, Bright White, Chief, Hellayella, Black, Fireracker Red, Sarge Green, Snazzberry Pearl.

Sementara itu untuk pilihan warna Gladiator Rubicon 4 pintu ada Black, Granite Crystal Metallic, Sting Gray, Hydro Blue, Bright White, Sarge Green, Fireracker Red, dan Snazzberry Pearl.

Harga Jeep Varian Rubicon Selalu Lebih Mahal

Jeep Gladiator Rubicon

Tampilan Jeep Gladiator Rubicon yang merupakan versi double cabin

Kemudian yang terakhir jadi perbedaan antara Jeep Wrangler Vs Rubicon adalah harganya. Di mana varian Rubicon selalu punya banderol yang lebih tinggi dibanding varian lainnya. Dalam hal ini, di Indonesia, Rubicon cuma hadir di Wrangler dan Gladiator.

Berikut daftar harga mobil Jeep per Mei 2023:

  • Jeep Wrangler Sahara 4-Doors : Rp 1.730.000.000
  • Jeep Gladiator Rubicon: Rp 2.135.000.000
  • Jeep Wrangler Rubicon 4-Doors: Rp 1.835.000.000
  • Jeep Wrangler Rubicon 2-Doors: Rp 1.730.000.000
  • Jeep Wrangler Rubicon 4-Doors Sky one-touch power roof: Rp 1.855.000.000
  • Jeep Compass Limited: Rp 799.000.000
  • Jeep Grand Cherokee Short Wheelbase (WL-74) Rp 1.755.000.000
  • Jeep Grand Cherokee Long Wheelbase (WL-75) Rp 2.309.000.000 

Itulah tadi bahasan soal Jeep Wrangler Vs Rubicon. Sudah tahu kan bedanya? Kalau Rubicon adalah varian, sementara nama mobilnya adalah Jeep Wrangler dan Jeep Gladiator. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika