Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Kia EV9 Dijual di Indonesia Akhir Tahun 2023?

by Tigor Sihombing
spesifikasi kia ev9

Setelah meluncur secara global, kira-kira kapan Kia EV9 dijual di Indonesia? Pertanyaan tersebut wajar terlontar, lantaran sudah banyak tanda-tanda yang dibeberkan PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku pemegang merek KIA di Tanah Air untuk menjualnya.

Tanda paling mudah dibaca adalah ketika akun Instagram @kia_indonesia kerap posting gambar mengenai EV9. Postingan tersebut hadir sebelum world premiere pada 28 Maret 2023, hingga setelahnya. Terakhir, mereka menampilkan video KIA EV9 yang punya fitur Highway Driving Pilot pada 5 Mei 2023.

Bahkan, ada pula highlight Instagram yang dibuat khusus untuk mobil listrik itu. Padalah biasanya, mobil yang masuk highlight sudah dijual di Indonesia, seperti EV6, Seltos, Sonet, Carens, hingga Carnival. Dengan begitu, EV9 merupakan satu-satunya mobil yang masuk highlight tapi belum dijual di Tanah Air. 

Lalu apakah benar, ini merupakan tanda bahwa SUV listrik tersebut akan masuk pasar otomotif Indonesia? Kapan KIA EV9 dijual? Untuk mendapat jawabannya, kami tanyakan langsung pada Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo.

“Kalau untuk EV, memang sudah direncanakan ada model baru lagi, nanti kami kabarkan secepatnya. Kemungkinan semester kedua 2023,” kata pria ramah tersebut saat acara KIA Media Gahtering sekaligus peluncuran Carens 1.5L Captain Seat 2023, beberapa waktu lalu.

Baca juga  Kendaraan Listrik Karya Mobil Anak Bangsa Akhirnya Terjual

Apakah semester kedua 2023 jadi momen Kia EV9 dijual di Indonesia? Ario Soerjo masih tidak mau membocorkan informasi lebih lanjut. “Pokoknya sabar, tunggu saja,” jelasnya.

Kata-kata Ario Soerjo itu sesuai dengan Presiden Direktur dan CEO Kia Corporation, Ho Sung Song saat world premier EV9. Di mana untuk sekarang, EV9 cuma dijual di Korea Selatan. Kemudian pemasarannya secara global baik di Eropa, Amerika Utara, Asia Pasifik, dan Timur Tengah akan dilakukan pada semseter kedua tahun 2023. Bisa jadi, Asia Pasifik termasuk Indonesia di dalamnya.

Spesifikasi SUV Listrik 7-Seater, Kia EV9

Kia EV9

Konfigurasi unik Kia EV9, jok bisa disetting berhadapan

Kia EV9 sendiri adalah sebuah SUV 7-seater berkonfigurasi full elektrik. Mobil tersebut dibangun di atas E-GMP (Electric Global Modular Platform), diklaim mampu menyuguhkan jarak tempuh yang jauh hingga 541 Km untuk sekali pengecasan.

Mobil listrik ini dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya ultra fast charging 800 volt yang memungkinkan baterai dapat diisi ulang secara singkat. Cukup 15 menit, maka mobil sudah bisa diajak meaju hingga 239 Km.

Bicara eksterior, EV9 sangatlah bongsor. Di atas kertas memiliki jarak sumbu roda 3.100 mm, didukung dengan beberapa pilihan roda yang beragam, yakni 21 inci, 20 inci, dan 19 inci. Kemudian panjang bodinya mencapai 5.010 mm, lebar 1.980 mm dan tinggi 1.755 mm, kurang lebih sebongsor Hyundai Palisade.

Baca juga  Mobil Listrik KIA EV6 Banjir Pesanan

Desain grille tetap mengadopsi ‘Digital Tiger Face’ khas Kia. Tidak ketinggalan, penggunaan lampu Daytime Running Light (DRL) LED berbentuk ‘Star Map’ menciptakan pola pencahayaan animasi.

Terkait performanya, Kia EV9 menggunakan baterai berkapasitas 76,1-kWh ditawarkan secara eksklusif sebagai varian Standar berpenggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD). Terdapat juga opsi Long Range yang mengadopsi baterai berkapasitas 99,8-kWh dan dikombinasikan dengan penggerak semua roda atau All Wheel Drive (AWD).

Pada varian RWD Long Range menggunakan motor listrik tunggal bertenaga 150 kW atau 201 Hp dengan torsi 350 Nm, yang mampu membuat SUV listrik ini berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 9,4 detik. Tersedia juga varian RWD Standard Range berpenggerak motor listrik tunggal yang mampu mengeluarkan tenaga 160 kW atau 214,5 Hp dan torsi 350 Nm. Pada varian RWD Standard Range ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 8,2 detik.

Lalu pada varian AWD yang dilengkapi dengan dua motor listrik menghasilkan total tenaga hingga 283 kW atau 380 Hp dan torsi gabungan 600 Nm. Kombinasi ampuh ini memungkinkan EV9 melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 6,0 detik.

Baca juga  Syarat Membuka Franchise SPKLU PLN dan Biayanya!

Kisaran Harga Kia EV9 untuk Pasar Indonesia

kapan kia ev9 dijual di indonesia

Kia EV9, SUV Listrik 7-seater

Bila Kia EV9 dijual di Indonesia dengan spesifikasi yang sudah disebutkan di atas, sangat menarik bukan? Apalagi saat ini belum ada mobil listrik yang bergaya SUV macho seperti EV9 di Tanah Air.

Lalu bagaimana dengan harganya? Di Korea Selatan, Kia EV9 dijual mulai 78.140.000 Won atau setara Rp 880 jutaan. Hanya saja itu varian termurah. Kemungkinan kalau masuk Indonesia, Kia bakal memasarkan varian paling lengkap. Setidaknya itulah yang kami bisa pelajari dari kehadiran Kia EV6 GT-Line di Tanah Air.

Sementara itu, harga Kia EV9 GT-Line di Korea Selatan tembus 87.810.000 Won atau setara Rp 995 jutaan. Walau demikian ketika nanti benar-benar dijual di Indonesia, tentu harganya tidak akan semurah itu. Sebagai gambaran Kia EV6 GT-Line saja tembus Rp 1,299 miliar (OTR Jakarta). Maka wajar, kalau harga EV9 tembus Rp 1,4 – 1,5 miliar bila masuk Tanah Air. Pasalnya dari spesifikasi sudah banyak yang lebih istimewa.

Demikian ulasan terkait kemungkian Kia EV9 dijual di Indonesia, berikut spesifikasi dan kisaran harganya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika