by

3 Kelebihan Xpander Cross Black Edition Seharga Rp 300 Juta

Mitsubishi Xpander Cross Black Edition resmi meluncur di Indonesia, Selasa (20/10/2020). Jangan salah duga, mobil ini tidak sepenuhnya dibalut warna hitam. Melainkan memiliki dua pilihan warna bodi: white pearl (putih) dan graphite grey (abu-abu).

Lalu apa yang hitam? Supaya kamu tidak kebingungan, lewat tulisan ini kami bakal membahas lebih detail soal edisi spesial dari Xpander Cross tersebut.

Satu yang jelas, mobil crossover ini berbeda dengan varian standarnya. Lihat saja harga jualnya yang lebih mahal, tembus Rp 304,7 juta (OTR Jakarta). Setidaknya ada tiga keistimewaan yang dipunya oleh Mitsubishi Xpander Cross Black Edition sehingga banderolnya melambung, berikut detailnya:

1. Aksen Serba Hitam

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 004
Ciri khasnya punya aksen hitam di berbagai komponen, seperti roofrail, pelek, dan bumper bawah.

Walau bodi Xpander Cross Black Edition tidak dibalut warna hitam, namun ada banyak komponen yang mendapat sentuhan aksen hitam. Sebut saja bumper depan dan belakang, pelek, kover spion, roofrail, dan beltline molding.

Kehadiran aksen hitam tersebut menjadikan Xpander Cross edisi spesial ini tampil lebih garang. Mitsubishi mengklaim tampilan tersebut cocok sekali dengan jiwa-jiwa petualang.

Selain warna, pembeda eksterior lainnya adalah kemunculan logo bertuliskan Rockford Fosgate Black Edition di sisi kanan bawah bagasi. Sebenarnya itulah nama aslinya, Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Cuma karena terlalu panjang, lebih nyaman untuk menyingkatnya.

Baca juga  4 Kelebihan Suzuki SX4 S-Cross, Rival Honda HR-V

Lalu untuk dimensi mobil, tidak ada beda. Xpander Cross Black Edition masih memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.750 mm. Ground clearance-nya pun cukup tinggi dengan 225 mm. Alhasil crossover ini begitu pas dipakai bertualang melewati jalanan bergelombang.

Menariknya lagi, meski punya jarak yang cukup tinggi dari aspal, namun saat dikendarai mobil ini tidak limbung. Kami pernah test drive Xpander Cross versi standar di Bali, terasa sekali bantingan suspensinya diracik istimewa. Tidak terlalu empuk, tapi juga tidak keras. Pokoknya pas!

Soal ukuran ban dan roda juga tidak ada revisi. Bannya punya profil lebar dengan spesifikasi 205/55 R17. Kemudian sistem pencahayaan sudah full LED, serta memiliki lampu kabut.

Mesin pun tidak berubah, masih mengandalkan 1.5 liter MIVEC DOHC 16 Valve. Jantung mekanis tersebut bisa mengeluarkan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 105 PS pada 6.000 rpm.

2. Premium Audio Rockford Fosgate

Mitsubishi Xpander Cross Black Edition
Di bagasinya tersedia sistem audio premium Rockford Fosgate yang mampu memanjakan telinga.

Masuk ke interior, ada beberapa pembeda Xpander Cross Black Edition dengan versi standar. Salah satunya kemunculan premium audio Rockford Fosgate dalam bentuk subwoofer dan amplifier. Peletakannya ada di bagasi, sehingga sedikit mengurangi kelapangan.

Baca juga  Toyota Avanza Hybrid Siap Meluncur 2022?

Walau begitu, kelebihan adanya sistem audio tersebut membuat telinga pengemudi dan penumpang jadi dimanjakan. Hal ini bakal terasa manfaatnya saat mendengar musik di perjalanan.

Mengenai fitur lain, sesungguhnya tidak ada perbedaan antara mobil Mitsubishi Xpander Cross Black Edition dengan varian standar. Keduanya sama-sama sudah dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang dapat terkoneksi smartphone.

Ada pula tombol start/stop engine, power outlet untuk mengisi daya baterai smartphone di setiap baris bangku, serta banyak sekali tempat penyimpanan. Mitsubishi pun mempertahankan kehadiran cruise control yang bisa memberi kenyamanan lebih saat melewati jalan bebas hambatan. Pakai cruise control, pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal gas untuk menambahkan atau mengurangi kecepatan. Cukup mainkan tombol yang ada di lingkar kemudi saja.

Berbagai fitur keselamatan seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), emergency stop signal (ESS), dual SRS Airbags, sensor dan kamera parkir tetap ada. Tidak ketinggalan tersedia hill start assist (HSA) yang membuat mobil tidak kehilangan momentum untuk bergerak naik saat berhenti di tanjakan curam. Hadir juga active stability control untuk membuat kendaraan tidak mudah tergelincir saat bermanuver di tikungan tajam.

Baca juga  Prediksi MPV DFSK yang Cocok Masuk Indonesia (Bag. 1)

3. Jok Kulit Hitam

Mitsubishi Xpander Cross black edition
Seluruh bangkunya sudah dibalut dengan jok kulit hitam yang mudah dibersihkan.

Kemudian yang juga membedakan mobil edisi spesial tersebut adalah dominasi warna hitam pada interior. Ada pula penyematan jok kulit. Fitur yang terakhir disebutkan sangat penting, terlebih untuk kendaraan keluarga.

Hadirnya jok kulit bisa memudahkan pembersihan kabin, ketika anak-anak menumpahkan makanan dan minuman. Kamu tidak perlu khawatir kotoran menempel di sana. Cukup dengan lap dengan kain basah, maka jok tampak kinclong lagi.

Bukan cuma itu, Mitsubishi juga memberi tambahan kaca film V-Kool untuk konsumen yang melakukan pembelian Xpander Cross Black Edition. Ditambah lagi ada paket perawatan Smart Silver yang menjamin ketersediaan diskon sebanyak 21 persen setiap melakukan servis mobil. Potongan harga tersebut berlaku selama 4 tahun atau jarak hingga 50.000 Km, mencakup suku cadang, biaya jasa, oli, dan chemical item.

Setelah mengetahui tiga keistimewaan Mitsubsihi Xpander Cross Black Edition, apakah kamu tertarik memilikinya? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Untuk informasi terbaru seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru