Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi Mobil Jeep untuk PJ Gubernur Jakarta, Rp 2,3 Miliar

by Tigor Sihombing

Pemprov DKI Jakarta menganggarkan mobil Jeep untuk PJ Gubernur Jakarta, Heru Budi. Informasi ini terpantau dalam laman resmi situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) LKPP untuk tahun 2023.

Di sana tertulis, anggaran DKI Jakarta sebesar Rp 2,37 miliar untuk membeli satu mobil Jeep. “Kendaraan Perorangan Dinas Gubernur Jenis Kendaraan Jeep, Kapasitas /Isi Silinder (maksimal) 4.200 cc,” seperti dikutip dari laman SiRUP LKPP terkait spesifikasi mobilnya.

Sesungguhnya Pemprov DKI Jakarta bukan cuma menganggarkan mobil Jeep untuk PJ Gubernur, melainkan juga ada untuk Ketua Dewan. Tidak disebutkan secara detail dewan yang dimaksud, tapi beberapa media menduga anggaran tersebut buat Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

Menariknya adalah anggaran untuk mobil keduanya serupa yaitu Rp 2,37 miliar. Perbedaan ada di skema pengadaannya, di mana Heru Budi pakai tender, sementara Ketua Dewan menggunakan e-Purchasing. Sayang belum ada pernyataan resmi dari Heru Budi terkait hal ini.

Di beberapa media, dia cuma mengatakan tidak tahu mengenai anggaran mobil Jeep. Heru Budi menjelaskan, bahwa yang diketahuinya adalah anggaran untuk kendaraan listrik.

Adakah Mobil Jeep Seharga Rp 2,37 Miliar? 

mobil jeep untuk pj gubernur jakarta

Jeep Wragler Rubicon saja harga paling mahal Rp 1,8 miliar

Di laman SiRUP LKPP memang tidak dijelaskan secara detail spesifikasi mobil Jeep untuk PJ Gubernur Jakarta, Heru Budi. Walau demikian, kita sesungguhnya bisa telusuri produk yang dimaksud dengan bermodalkan informasi anggarannya yaitu Rp 2,37 miliar.

Hanya saja yang menarik adalah tidak ada mobil Jeep seharga Rp 2,37 miliar di Indonesia. Paling mahal, Jeep Gladiator Rubicon Rp 2,135 miliar, itu pun kendaraan jenis pick-up doble cabin bermesin 3.600 cc. Sementara untuk Jeep Wrangler Rubicon yang mesinnya cuma 2.000 cc, banderolnya Rp 1,8 miliaran. Berikut daftar harga mobil Jeep yang dijual di Indonesia untuk tahun 2023:

  • Jeep Wrangler JL Rubicon 4-door 2.0L “Sky-One Touch” (soft-top) : Rp 1,855 miliar
  • Jeep Wrangler JL Rubicon 4-door 2.0L “Dual-Top” (hard-top) : Rp 1,835 miliar
  • Jeep Wrangler JL Rubicon 2-door 2.0L “Dual-Top” (hard-top) : Rp 1,73 miliar
  • Jeep Wrangler JL Sahara 4-door 2.0L “Dual-Top” (hard-top) : Rp 1,73 miliar
  • Jeep Gladiator Rubicon 3.6L V-6 : Rp 2,135 miliar
  • Jeep Compass 1.4L : Rp 799 juta
Baca juga  Harga Jeep Wrangler Rubicon Bekas Mario Dandy Satrio, Mahal!

Lantas mobil Jeep apa yang dimaksud dalam situs SiRUP LKPP? Besar kemungkinan yang dimaksud adalah mobil berjenis SUV, bukan brand mobil Jeep asal Amerika Serikat.

“Masalahnya kan orang Indonesia itu menyebut semua Jip itu dengan kata Jeep (bukan SUV). Padahal Jeep itu kan merek, itu yang sering salah kaprah,” kata Senior Manager Public Relation, Media Communications, and Product Sales Training PT DAS Indonesia Moto (Distributor Jeep Indonesia), Fedy Dwi Parileksono ketika Moladin hubungi pada Jumat (3/3/2023). 

Selain itu dia juga menyebut, kalau dari spesifikasi 4.200 cc, Jeep Indonesia tidak memilikinya. Bahkan kantornya juga belum mengikuti tender untuk pengadaan tersebut.

“Yang kami jual juga tidak ada spesifikasi 4.200 cc, meski pun di Amerika, juga tidak ada. Kami jual paling besar (di Indonesia) 3.600 cc,” kata Fedy.

Mobil SUV yang Cocok untuk PJ Gubernur Jakarta, Ada Land Cruiser 300 dan BMW iX

mobil Jeep untuk PJ Gubernur jakarta

Toyota Land Cruiser 300 VX-R, kendaraan yang cocok untuk PJ Gubernur DKI Jakarta

Menurut pemantauan Moladin, jika mobil Jeep yang dimaksud adalah bergenre SUV atau Jip, maka ada beberapa kemungkinan mobil yang bakal dibeli. Tentu saja ini menimbang anggaran sebesar Rp 2,37 miliar.

Baca juga  3 Mobil Listrik Jeep Jago Offroad: Recon, Wagoneer dan Avenger!

Pertama adalah Land Cruiser 300 VX-R terbaru yang harganya saat ini Rp 2,345 miliar. Spesifikasi mobil SUV 7-seater yang akrab dengan pejabat ini tentunya tidak main-main. Pakai mesin V6D-turbo 3.346 cc yang dikawinkan dengan transmisi 10-speed Direct Shift-10AT. Hasilnya, di atas kertas mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi ‘gahar’ di angka 7.700 Nm pada putaran mesin 1.600 – 2.600 rpm.

Selanjutnya mobil Jeep untuk PJ Gubernur Jakarta yang tidak kalah menarik adalah BMW iX, Dugaan ini kami beberkan, jika mengacu pada Pemprov DKI Jakarta yang siap mengganti mobil dinas jadi mobil listrik. Tidak banyak mobil listrik berjenis SUV yang harganya sampai Rp 2,37 miliar, kemungkinannya cuma BMW iX.

Tidak percaya? Cek saja Hyundai Ioniq 5 yang harganya paling mahal Rp 859 juta, Kia EV6 GT-Line Rp 1,299 miliar, Toyota bZ4X Rp 1,19 miliar. Lalu kalah melihat segmen premium, ada Lexus UX 300 dengan harga cuma Rp 1,24 miliar. Semuanya masih belum cukup mahal dari anggaran yang ditentukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Maka dari itulah BMW iX yang paling mendekati dengan harga Rp 2,39 miliar.

Baca juga  5 Harga dan Jenis Mobil Jeep yang Dijual di Indonesia

Jika benar BMW iX adalah mobil Jeep untuk PJ Gubernur Jakarta, maka spesifikasinya sangatlah istimewa. SUV ini memungkinkan kenikmatan pengalaman berkendara bebas emisi dengan penggerak semua roda. Di Indonesia, hadirdalam satu varian yaitu BMW iX xDrive40, Di atas kertas memiliki tenaga lebih dari 326 hp, memungkinkannya untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik.

Untuk konsumsi daya listrik BMW iX xDrive40 rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 20 kWh per 100 kilometer. Kemudian jarak tempuh yang bisa diraih dalam kondisi baterai penuh mencapai 420 km.

Teknologi pengisian daya yang baru pada BMW iX memungkinkan pengisian cepat DC (arus searah) dengan tegangan tinggi hingga 200 kW. Hal ini berarti, cas baterai selama 10 menit, dapat menyediakan energi yang cukup untuk menambah jangkauan BMW iX lebih dari 90 km. Sementara untuk waktu pengisian baterainya dari 0% ke 80%, butuh waktu kurang dari 34 menit.

Demikian ulasan spesifikasi mobil Jeep untuk PJ Gubernur Jakarta yang kemungkinan bukanlah kendaraan merek Jeep asal Amerika Serikat, melainkan mobil SUV mewah seharga Rp 2,37 miliar. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika