Lima Tipe Yamaha Aerox, Mana yang Lebih Layak Dibeli?

Lima Tipe Yamaha Aerox – Berbicara soal skutik Yamaha, yang satu ini termasuk salah satu yang paling diminati. Punya model yang futuristik dengan performa mesin 155cc menjadi salah satu daya tariknya. Apalagi Yamaha Aerox punya harga yang cukup bersahabat buat kantong, mulai dari Rp 21 jutaan.

Tetapi ternyata lima tipe Yamaha Aerox memiliki perbedaan lho Moladiners, meskipun tidak terlalu mencolok. Misalnya, perbedaan pada fitur yang hadir di setiap tipe berikut warnanya. Ada tipe yang sudah dilengkapi dengan sistem keyless, tetapi ada juga yang tidak.

Soal dapur pacunya kelima tipe Yamaha Aerox tidak memiliki perbedaan sama sekali. Menggendong mesin berkapasitas 155cc yang diadopsi dari Yamaha Nmax. Mesin ini sudah dilengkapi dengan SMG (Smart Motor Generator) yang bikin suara halus saat pertama kali dinyalakan.

Mesin berkapasitas 155cc, SOHC 4-katup sudah dipadukan dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) dan sistem pendingin cairan (Liquid Cooled). Bikin kinerja mesin makin optimal dan punya kecepatan. Hadirnya teknologi VVA, dipastikn motor lebih responsif dalam berakselerasi, juga putaran bawah dan atasnya maksimal.

Kelima tipe Yamaha Aerox ini sama-sama mampu hasilkan tenaga maksimal 14.8Hp/8.000rpm dan torsi puncak 14.4Nm/6.000rpm. Torsi yang besar membuat motor ini mampu memiliki kecepatan maksimal, berkat transmisi gearbox CVT.

 

Aerox 155 Standar

lima-tipe-yamaha-aerox-mana-yang-lebih-layak-dibeli

Merupakan tipe termurah dari kelima tipe Yamaha Aerox. Dibanderol dengan harga Rp 24.120.000 (OTR Jakarta), yang memiliki tiga varian warna, black, grey dan red. Tampilan motor makin stylish karena adanya tulisan ‘Aerox’ di kedua sisi bodinya. Asiknya, tipe standar sudah dilengkapi dengan USB charger.

Meskipun varian termurah, tipe ini sudah menggunakan panel instrumen digital dengan layar negatif display. Meskipun untuk varian ini belum menggunakan sistem kunci keyless. Soal bagasinya luas banget, sebesar 25 liter yang muat untuk helm full-face dan berkendara lainnya.

 

Aerox 155 R-Version

lima-tipe-yamaha-aerox-mana-yang-lebih-layak-dibeli

R-Version merupakan tipe yang satu tingkat lebih tinggi dari standar. Dibanderol dengan harga Rp 25,430,000 (OTR Jakarta). Motor ini hanya memiliki satu pilihan warna, yaitu: silver. Tipe racing dari Aerox ini memiliki fitur yang tidak berbeda jauh dengan yang standar

Hanya saja Yamaha Aerox R-Version ini dibekali dengan sokbreker belakang subtank. Kesan sporty juga lebih kental dengan piringan cakram model wavy disc yang tidak bisa ditemukan di tipe standar.

Baca juga;

 

Aerox 155 R-Version Livery Yamaha MotoGP

Selanjutnya adalah Yamaha Aerox R-Version livery MotoGP alias spesial edisi. Tidak ada bedanya tipe yang ini dengan Aerox R-Version biasa, termasuk urusan fitur yang juga sudah menggunakan sokbreker belakang subtank dan cakram wavy disc.

Perbedaan hanya terletak di bagian livery saja. Menggunakan grafis ala Yamaha YZR-M1 Monster Energy yang dipakai Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Aerox edisi spesial ini dibanderol Rp 25,940,000 (OTR Jakarta).

 

Aerox S-Version

Dari kelima tipe Yamaha Aerox, S-Version merupakan tipe tertinggi. Jelas, punya perbedaan yang mencolok di bagian fiturnya. Salah satunya adalah sistem keyless yang menggantikan kunci kontrak konvensional yang masih dipakai pada tipe standar dan R-Version.

Selanjutnya, Aerox S-Version sudah disematkan fitur stop start system (SSS), membuat mesin motor mati secara otomatis saat posisi berhenti. Aerox S-Version ini sayangnya tidak dilengkapi sokbreker belakang subtank dan desain cakramnya pun sama seperti yang digunakan Aerox tipe standar.

Aerox S-Version dibanderol dengan harga yang berbeda jauh dibanding standar dan R-Version, Rp 27,810,000 (OTR Jakarta). Soal warnanya, motor ini memiliki dua varian warna Matte Red dan juga Matte Black.

 

Aerox S Doxou Version

Tipe yang satu ini merupakan edisi spesial dari Aerox S-Version, tidak ada perbedaan fitur diantara keduanya. Hanya saja, tipe mendapatkan livery khusus Doxou. Doxou sendiri diambil dari bahasa Jepang yang artinya ‘orisinalitas dari sebuah karya’.

Aerox S Doxou Version memiliki livery yang menggambarkan perpaduan warna antara biru tua dengan pink ala bunga sakura. Tipe yang satu ini dibanderol dengan harga Rp 28,015,000 (OTR Jakarta).

Jadi setelah mengetahui lima tipe Yamaha Aerox Moladiners pilih yang mana? Kelimanya berikan sensasi berkendara yang beda-beda. Meskipun, memiliki kesamaan performa mesin. Karena sama-sama menggendon mesin 155cc yang diadopsi dari Yamaha Nmax.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *