by

Marquez Harus Ikut MotoGP Qatar 2021, Tapi Jangan Menang!

Legenda MotoGP, Giacomo Agostini mengatakan bahwa Marc Marquez harus ikut MotoGP Qatar 2021 yang berlangsung 28 Maret mendatang.

Terlebih, kondisinya kini sudah mulai pulih. Diketahui pula bahwa Marquez telah bisa menunggangi motor balap RC213V-S di  Circuit de Barcelona-Catalunya, beberapa waktu lalu.

Melansir dari GP One, Giacomo Agostini memperjelas sebaiknya Marquez harus ikut MotoGP Qatar 2021, tapi tidak boleh menang. Sang legenda menyarankan pada seri perdana ini, pambalap berjuluk Baby Alien hanya perlu berkendara perlahan dan berada di posisi terakhir.

Bukan tanpa alasan, permintaan nyeleneh Giacomo Agostini ini, karena melihat perkembangan psikologis Marquez. Menurut dia, pembalap asal Spanyol itu perlu beradaptasi ulang dengan sepeda motor dan karakteristik sirkuit Qatar.

Itulah mengapa, dia meminta Marquez harus ikut balapan MotoGP Qatar 2021. “Marc Marquez harus ikut balapan, tapi dia harus berjanji untuk finis di posisi terakhir,” ujar Giacomo Agostini.

Giacomo Agostini beranggapan seri perdana ini bakal jadi ajang latihan bagi Marquez setelah lebih dari setahun tidak ikut balapan lagi akibat cedera parah yang ia alami di seri awal MotoGP 2020.

Baca juga  Hasil MotoGP Portugal 2021: Marquez Nangis, Quartararo Jaya

Tidak Cuma itu, Giacomo Agostini juga menambahkan bahwa pembalap Repsol Honda itu juga mesti melatih lagi pandangannya. Bukan tidak mungkin, pandangan Marquez menurun di lintasan, terlebih setelah absen panjang balapan. Sekitar 8 bulan, cedera memaksa pembalap 28 tahun itu harus menjalani proses pemulihan.

Marquez Tidak Pasang Target Juara MotoGP 2021

Marquez harus ikut MotoGP Qatar 2021
Marc Marquez tidak punya target khusus untuk musim 2021

Setelah mendapat wejangan bahwa Marquez harus ikut MotoGP Qatar 2021, dalam kesempatan terpisah, pembalap MotoGP asal Spanyol itu seperti mengiyakan. 

“Sangat wajar bagi seorang pembalap untuk memiliki target juara di setiap musimnya, tapi 2021 itu sangat berbeda. Tujuan utama saya adalah bisa ikut balapan lagi dengan nyaman. Ini target utama saya, untuk bisa membalap lagi dengan nikmat, dan selangkah demi selangkah, secepat yang saya bisa,” ujar Marc Marquez.

Marquez menyadari, menjadi juara di MotoGP 2021 merupakan hal yang terbilang mustahil. Itulah mengapa, dia berusaha untuk realistis tanpa memasang target apapun. Sebab, menurutnya, yang paling utama ialah bisa tampil baik usai 8 bulan absen dari lintasan.

Baca juga  Resmi Digelar 2021, Ini Harga Tiket MotoGP Mandalika!

Bukan hanya itu, Marquez juga meminta penggemarnya jangan terlalu berharap lebih darinya. Pembalap berusia 28 tahun tersebut mengingatkan, bahwa proses adaptasi ulang memerlukan waktu panjang. Maka, meraih hasil instan usai bertarung melawan cedera, merupakan perkara yang mustahil.

“Tapi Anda harus paham ini dulu, saya tidak bisa tiba-tiba langsung tampil seperti Marc Marquez yang dulu kalian kenal. Kita harus pahami itu sama-sama. Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, dalam karier saya, saya tidak balapan sedemikian lama karena cedera parah.”

“Mungkin butuh 1 hingga 2 balapan, atau bahkan setengah musim untuk kembali ke Marc yang dulu lagi,” kata dia.

Apakah wejangan Marquez harus ikut MotoGP Qatar 2021 ditanggapi dengan Baby Alien turun ke lintasan pada 28 Maret mendatang? Mari kita tunggu saja sama-sama. 

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru