by

Resmi, 22 Nama Pembalap MotoGP 2021

Akhirnya daftar nama pembalap MotoGP 2021 lengkap sudah. Totalnya ada 22 orang yang akan jadi joki, termasuk di dalamnya tiga pembalap baru alias rookie.

Pembalap rookie di MotoGP 2021 antara lain: Luca Marini (Esponsorama Racing), Enea Bastianini (Esponsorama Racing), dan Jorge Martin (Pramac Racing). Ketiganya bukan nama kacangan, karena punya prestasi di ajang sebelum MotoGP.

Ambil contoh Jorge Martin yang asal Spanyol, pernah meraih juara di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2014 dan Moto3 2018. Kemudian Enea Bastianini, pembalap asal Italia ini merupakan juara Moto2 musim 2020.

Luca Marini, siapa yang tidak kenal? Pembalap MotoGP 2021 tersebut begitu populer lantaran punya hubungan darah dengan Valentino Rossi, sebagai adik dari ibu yang sama. Prestasi terbaiknya adalah juara dua Moto2 2020.

Tidak hanya itu, MotoGP 2021 juga merupakan momen yang cukup dramatis, lantaran kita tidak bisa lagi beberapa nama pembalap senior di sana. Salah satunya Andrea Dovisiozo yang memilih mundur sementara, karena didepak oleh Ducati. Kemudian ada Cal Crutchlow yang lebih tertarik jadi pembalap penguji untuk motor Yamaha.

Baca juga  Alex Marquez Dilirik Pramac Racing, Bakal Gabung Musim Depan?

Lalu Tito Rabat, pembalap yang dikenal dengan julukan Sultan MotoGP ini harus hengkang karena posisinya diambil paksa oleh Luca Marini. Padahal juara dunia Moto2 2014 tersebut masih terikat kontrak dengan Esponsorama Racing sampai 2021.

Jika kamu mau tahu siapa saja yang jadi Pembalap MotoGP 2021, cek 22 daftar nama di bawah ini:

1. Johann Zarco (Pramac Racing)
2. Danilo Petruci (Tech3 KTM Factory Racing)
3. Luca Marini (Esponsorama Racing)
4. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP)
5. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP)
6. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT)
7. Enea Bastianini (Esponsorama Racing)
8. Iker Lecuona (Tech3 KTM Factory Racing)
9. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)
10 Lorenzo Savadori (Aprilia Racing Team Gresini)
11. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing)
12. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar)
13. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini)
14. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar)
15. Jack Miller (Ducati Team)
16. Pol Espargaro (Repsol Honda Team)
17. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT)
18. Fransesco Bagnaia (Ducati Team)
19. Alex Marquez (LCR Honda Castrol)
20. Miguel Oliviera (Red Bull KTM Factory Racing)
21. Jorge Martin (Pramac Racing)
22. Marc Marquez (Repsol Honda Team)

Baca juga  Belum Naik Podium, Morbidelli Beri Nilai Penampilannya 7,5

Valentino Rossi Ke Tim Satelit, Marc Marquez Belum Tentu Sembuh

pembalap motogp 2021
Marquez telah menjalani operasi ketiga dan kemungkinan harus istirahat 6 bulan ke depan.

Ada beberapa hal menarik dari daftar nama pembalap MotoGP 2021. Salah satunya pindahnya Valentino Rossi dari tim pabrikan, ke tim satelit Yamaha. Hal tersebut sesungguhnya jarang terjadi untuk sosok besar seperti The Doctor.

Rossi sudah sepakat dengan kontrak barunya tersebut. Mau tidak mau pada balapan musim 2021, dia berseragam Petronas Yamaha SRT. Sementara posisinya di pabrikan Yamaha digantikan oleh Fabio Quartararo.

Hal menarik lain, Marc Marquez kemungkinan belum bakal sembuh dan belum bisa membesut motor Honda pada musim 2021. Pasalnya pada Desember 2020, dia melakoni operasi yang ketiga kali.

Menurut laman Autosport, untuk proses pemulihan dari operasi yang ketiga, kemungkinan harus istirahat selama enam bulan. Padahal MotoGP 2021 dimulai empat bulan lagi, kalau sesuai jadwal.

Jadwal Sementara MotoGP 2021

tiket motogp indonesia mandalika
Sirkuit Mandalika jadi cadangan untuk MotoGP 2021

Para pembalap MotoGP 2021 rencananya bakal melakukan balapan penuh dengan 20 seri. Qatar hadir sebagai pembuka pada 28 Maret 2021. Kemudian ditutup di Valencia, Spayol pada 14 November 2021.

Baca juga  Pertamina Mandalika SAG, Resmi Tanpa Pembalap Indonesia!

Ada satu balapan yang masih belum jelas lokasinya. Itu merupakan seri antara Finlandia dan Austria sekitar akhir Juli sampai awal Agustus. Menariknya terdapat tiga sirkuit yang siap mengisi kekosongan tersebut yaitu Portugal, Indonesia, serta Rusia.

Nama Indonesia mencuat lewat Sirkuit Mandalika, hanya saja kemungkinan bisa ikut serta di MotoGP 2021 cukup minim. Pasalnya lintasan balap tersebut belum lulus homologasi.

Kemudian untuk para pembalap MotoGP 2021 melakoni 20 seri juga masih jadi perdebatan. Hal tersebut dikarenakan wabah Virus Korona yang masih mengintai dunia.

Pada MotoGP 2020 saja, pandemi Virus Korona membuat balapan cuma terselenggara dalam 13 seri. Bukan cuma itu, semua balapan juga dilakoni di Eropa dengan beberapa sirkuit dipakai berulang. Uniknya lagi, balapan pun tidak diramaikan oleh penonton secara langsung.

Semoga saja Covid-19 segera berakhir, sehingga para pembalap MotoGP 2021 bisa benar-benar melakoni balapan penuh tanpa kurang satu apapun. Untuk informasi seputar dunia otomotif terbaru, pantau terus Moladin.

Terbaru