by

Mobil Listrik Honda Siap Diproduksi Lokal, Mobilio Hybrid?

Jika melihat lini produk yang dijual di Indonesia saat ini, mobil listrik Honda sama sekali tidak ada. Bahkan jenis hybrid sekalipun, tidak mereka pasarkan.

Padahal kalau mau melihat kompetitor, Honda ketinggalan jauh. Sebut saja Toyota yang sudah memiliki empat lini mobil hybrid: Corolla Cross Hybrid, Corolla Altis Hybrid, CH-R Hybrid, hingga Camry Hybrid.

Lalu apakah tidak ada rencana mobil listrik Honda bakal dipasarkan di Indonesia? Ternyata bukan cuma akan dijual, tapi pabrikan berlogo H tersebut juga siap memproduksinya di dalam negeri.

Informasi ini kami dapatkan langsung dari Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang saat melakukan lawatan ke Negeri Sakura. Menurut dia, Honda telah berkomitmen menginvestasikan Rp 5,2 triliun di Tanah Air, salah satunya untuk kendaraan listrik. 

“Honda juga akan memindahkan fasilitas produksi yang ada di India ke Indonesia, sekaligus berkomitmen untuk melakukan pengembangan mobil listrik di tanah air. Kemudian Honda akan membuka pasar ekspor negara tujuan ekspor baru seperti Afrika Selatan, Meksiko, Amerika Utara dan Amerika Selatan,” seperti dikutip dari rilis resmi Kementerian Perindustrian pada Jumat (12/3/2021).

Baca juga  Bujet Rp160 Jutaan, Beli Toyota Agya atau Honda Brio?

Pertanyaannya mobil listrik Honda apa yang bakal dikembangkan di dalam negeri? Sampai sekarang memang belum ada pernyataan resmi tentang hal tersebut dari Honda. Walau begitu, kandidatnya cukup banyak termasuk salah satunya Mobilio Hybrid

Mobilio Hybrid Harus Hadir untuk Melawan Xpander Hybrid

mobil lsitrik Honda Mobilio Hybrid
Kehadiran Honda Mobilio Hybrid tentunya sangat menarik untuk pasar Indonesia

Secara global, mobil listrik Honda sangatlah banyak. Terutama untuk yang menggunakan teknologi hybrid. Ada Jazz e:HEV, HR-V e:HEV, CR-V PHEV, City e:HEV, Accord Hybrid, dan lain-lain.

Produk-produk tersebut sudah mulai dipasarkan di berbagai belahan dunia. Khusus yang sudah dijual di Asia Tenggara, ada Accord Hybrid dan City e:HEV.

Lalu mana yang kira-kira bakal diproduksi di Indonesia? Sebenarnya bisa apa saja. Kalau melihat kata kunci produksi lokal, berarti harus cari produk dengan banyak peminat.

Mungkin mulai dari menyisir mobil terlaris Honda sepanjang 2020. Lima besarnya adalah Brio, HR-V, Mobilio, Jazz, dan CR-V. Oleh karenanya, prediksi kami, salah satunya bakal jadi mobil listrik Honda pertama yang diproduksi di Indonesia.

Jika mengacu pada kompetitor, maka Mobilio Hybrid yang paling besar peluangnya. Ya masih hybrid, bukan full elektrik, karena infrastruktur charger baterai di Indonesia masih jauh dari kata cukup.

Baca juga  Wuling MINI EV Meluncur Juni 2020, Mobil Listrik Murah!

Kemudian dilihat dari kompetitor, karena Xpander Hybrid produksi Tanah Air sudah digadang-gadang meluncur pada 2023. Informasi itu terkuak lewat presentasi rencana jangka mengengah Mitsubishi untuk pasar Asia Tenggara.

Bukan tidak mungkin pula, mobil listrik Honda datang dari model lain, terlebih kalau pabrikan berlogo H ingin menciptakan manuver berbeda dari kompetitor.

Lalu kapan mobil listrik Honda buatan Indonesia ini bakal meluncur? Jika tidak mau ketinggalan dari kompetitor, harusnya sebelum 2023. Mari kita tunggu sama-sama kehadirannya.

“Kalau berbicara elektrifikasi, kami sebenarnya memiliki banyak line-up (di global). Tapi sekali lagi kami jelaskan, elektrifikasi itu, harus dipelajari benar-benar dari sisi regulasinya, kebutuhan konsumennya, supaya apa yang kami launching bisa sesuai kebutuhan konsumen,” kata Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy dalam sesi wawancara virtual dengan media, beberapa waktu lalu.

Untuk informasi terbaru seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru