by

Tahukah Anda, Ini Harga Motor Motogp Valentino Rossi

Harga Motor MotoGP – Siapa yang tak kenal dengan Valentino Rossi? Nama yang telah menjadi legenda dalam sejarah MotoGP ini sukses meraih segudang prestasi di sepanjang kariernya.

Bila menengok perjalanan 24 tahun terakhir, sudah banyak motor balap yang pernah dipakai Valentino Rossi  untuk menaklukkan lintasan. Mulai dari merek Ducati, Aprilia, Honda, hingga Yamaha. Kuda besi yang dipakainya saat ini adalah Yamaha YZR-M1.

Motor ini didesain khusus dengan spesifikasi luar biasa untuk bisa membawa Rossi untuk bertarung di MotoGP. Sayangnya balapan untuk musim 2020  harus ditangguhkan, lantaran pandemic Virus Korona yang melanda dunia.

Walau balapan tidak jadi pada 2020, tentunya biaya besar sudah dikeluarkan untuk membangun motor MotoGP. Ada yang tahu berapa harga satu unit motor MotoGP?

Banderol pastinya memang hanya pabrikan yang tahu. Meski begitu, setidaknya kami mencoba memprediksi sebagai gambaran bahwa MotoGP merupakan balapan yang sangat mahal. Berikut ulasannya:

Harga Motor MotoGP Valentino Rossi

harga motor motogp valentino rossi
Rem depan motor MotoGP bisa membutuhkan biaya Rp1,2 miliar sendiri

Pada dasarnya, motor MotoGP merupakan prototipe yang didesain secara khusus dengan teknologi paling mutakhir dalam industri roda. Guna menunjang performa saat ajang balapan berlangsung, produksi motor balap tersebut dibuat satu per satu dengan sangat matang.

Oleh karenanya, tidak heran bila biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan motor MotoGP begitu besar. Bila motor superbike biasa dijual di kisaran harga Rp600 juta – Rp1,2 miliar, harga motor MotoGP ditaksir berkali-kali lipat.

Bagian pertama yang akan diulas adalah rantai. Penulis buku MotoGP Technology, Neil Spalding akhirnya mengungkapkan bahwa Yamaha YZR-M1 milik Valentino Rossi menggunakan rantai DID ERV3 berukuran 520.

Rantai yang dikeluarkan DID untuk keperluan balapan ini diklaim mempunyai kekuatan tarik mencapai 4,3 ton dan dilengkapi dengan fitur X ring yang notabene minim gesekan. Menariknya, rantai DID ERV3 tak memerlukan pelumas karena X ring-nya dibekali dengan seal.

Penasaran berapa harga jual rantai motor MotoGP milik Rossi? Dari situs jual beli online mancanegara rantai DID ERV3 dibanderol di kisaran harga Rp2,3 juta.

Baca juga  Red Bull KTM Tech 3 Siap Hadapi Balapan di Le Mans, Terasa Spesial

Baca juga:

Disinyalir untuk Membuat Motor MotoGP Butuhkan Rp52 Miliar

valentino-rossi-keluhkan-kecepatan-yamaha
Valentino Rossi dengan YZR-M1

Itu baru rantai, belum komponen lain. Dilansir dari laman Box Repsol, biasanya satu motor MotoGP mampu menghabiskan biaya hingga 3 juta Euro. Kalau dikurskan ke mata uang Indonsia, mencapai Rp52 miliar. Fantastis bukan!

Memangnya apa penyebab motor MotoGP begitu mahal? Salah satunya adalah mesin, kisarannya 200 ribu sampai 250 ribu Euro atau setara Rp3-4 miliar. Belum lagi rangka, suspensi, lengan ayun, tangki, dan lain-lain.

Sebagai contoh, rem saja membutuhkan biaya banyak. Harga rem depan untuk motor MotoGP ditaksir 70 ribu Euro atau Rp1,2 miliar. Banderol tersebut merupakan batas atas yang diatur oleh FIM untuk beberapa komponen. Sebut saja tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon, dan 28 pad.

Bukan cuma itu, komponen perintilan kelistrikian motor MotoGP juga sangat mahal. Sebut saja kabel, sensor, panel, dan lain-lain harganya bisa tembus 100 ribu Euro, kurang lebih Rp1,7 miliar. Benar-benar tidak ada yang murah bukan?

Biaya Kecelakaan Motor MotoGP

harga motor motogp  valentino rossi
Kecelakaan ringan

Ongkos tersebut belum ditambah kalau terjadi kecelakaan. Tragedi ringan yang menyebabkan perbaikan bodi, pijakan kaki, tuas kopling dan rem saja bisa menghabiskan 20 ribu Euro atau Rp150 juta.

Baca juga  Jorge Lorenzo Jadi Pebalap Penguji Yamaha, Honda Wajib Waspada!

Bila motor sampai terbalik dan butuh ganti ban, rem, suspensi, radiator, sampai sensor, maka biayanya mananjak hingga 100 ribu Euro. Uang itu setara Rp1,7 miliar.

“Itu masih lebih baik dari kerusakan komponen penting motor, seperti lengan ayun, rangka, tangki bensin, dan mesin. Perbaikannya menelan 500 ribu Euro (Rp8,8 miliar) dengan sangat mudah,” seperti dikutip dari laman Box Repsol.

Gambaran tersebut merupakan biaya umum untuk Motor MotoGP. Prediksi kami, untuk kuda balap pabrikan yang teratas seperti Honda dan Yamaha, tentu bisa lebih mahal lagi. Pasalnya spesifikasi motor mereka sudah teruji mampu bersaing dengan lebih baik dibanding kompetitor.

Spesifikasi Motor MotoGP Valentino Rossi

harga motor motogp valentino rossi
YZR-M1

Menjelang MotoGP 2020, Valentino Rosi secara resmi kenalkan tampilan motor barunya yaitu Yamaha YZR-M1 2020 lewat tes pra-musim 2020 di Sepang, Malaysia.

Secara tampilan, pada dasarnya motor tersebut memiliki corak yang sama dengan motor yang digunakan di musim 2019 lalu. Warna biru dan hitam tampak mendominasi bodi motor lengkap dengan kombinasi logo M dari Monster Energy yang tercetak besar di bagian fairing motor.

Bagian luarnya memang tak ada yang berubah, namun dari segi teknis, Yamaha telah membekali seri YZR-M1 2020 dengan sedikit ubahan. Kali ini, Yamaha YZR-M1 2020 berusaha menyaingi Ducati dan Honda. Mesinnya tetap inline-empat silinder, namun diharapkan bisa memproduksi lebih banyak tenaga dan top speed.

Selain memiliki tarikan lebih kencang, Yamaha YZR-M1 2020 diklaim tetap andal ketika digunakan untuk menikung (cornering).

Di Indonesia sendiri, pabrikan garputala menjual motor dengan livery layakanya motor Valentino Rossi yaitu Yamaha R15 MotoGP Edition. Jika kamu tidak suka gaya sport fairing, biasa beralih ke Yamaha MT-15. Walau tidak ada versi MotoGP, namun MT-15 berbagi platform yang sama dengan R15, bisa dikatakan bedanya cuma setang telanjang.

Baca juga  Menang di MotoGP Sepang, Maverick Vinales Bikin Yamaha Tetap Membumi

Spesifikasi Yamaha YZR-M1 milik Valentino Rossi

Transmisi

Six-speed cassette-type gearbox with alternative gear ratios available

Power

239,2 Hp

Mesin

1000cc Liquid cooled inline four-cylinder with cross-plane crankshaft

Ban

Michelin, 17” untuk ban depan dan belakang

Suspensi

Öhlins upside down front forks and Öhlins rear shock

Sasis

Aluminum twin tube Delta Box with multi-adjustable steering geometry. Aluminum/CFRP swingarm

Rem Depan

Brembo, two 320 mm or 340 mm carbon front discs, two four-piston callipers.

Rem Belakang

Single stainless-steel rear disc, twin/four-piston calliper

Velg

Forged Magnesium 17” front and rear

Torsi Maksimal

176 KW

ECU

By Marelli, sesuai peraturan FIM

Knalpot

Akrapovic

Berat

157 kg, sesuai peraturan FIM

 Itulah taksiran harga motor MotoGP milik Valentino Rossi lengkap dengan spesifikasi motor Yamaha YZR-M1 2020 yang akan digunakan Valentino Rossi di gelaran MotoGP 2020. Tak sabar ingin menyaksikan penampilan Valentino Rossi di MotoGP 2020?

Sayangnya sampai saat ini pihak penyelenggara masih menunda MotoGP 2020, lantaran pandemi virus korona. Balapan yang musim ini seharusnya digelar selama 20 seri. Dimulai dari Qatar pada tanggal 8 Maret 2020 dan penutupannya di Valencia pada 15 November 2020, harus diundur.

Harapan kami, tentu semoga pandemi ini segara berakhir. Kita semua sehat dan MotoGP 2020 bisa dilangsungkan tidak lama lagi. Semoga saja!

Comment

Leave a Reply

Terbaru