by

Kawasaki Ditolak Dorna Tampil di MotoGP 2020, Ini Kata Ezpeleta

Kawasaki MotoGP 2020 – Gelaran balap motor dengan fans terbanyak di dunia, ternyata masih menarik buat Kawasaki. Meskipun dalam beberapa musim terakhir tampil mendominasi di Superbike dengan raihan gelar juara dunia yang diraih oleh Jonathan Rea.

Sempat digosipkan bakal balik ke MotoGP secara reguler. Ternyata, pabrikan yang punya warna khas Hijau ini belum muncul di starting grid MotoGP. Namun, meski begitu Kawasaki memiliki rencana kembali ke MotoGP 2020 dengan menjadi wildcard di beberapa seri.

Akan tetapi, permintaan Kawasaki untuk kembali ke starting grid MotoGP 2020 sebagai wildcard ditolak oleh Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta. Ezpeleta menuturkan, pada musim ini belum ada tempa buat kontestan lain untuk masuk starting grid, termasuk Kawasaki.

MotoGP 2020 fokus dengan peserta enam pabrikan dan beberapa tim satelit. Sebab, Aprilia meminta slotnya di MotoGP hingga musim 2022. Hal itu, menjadikan Kawasaki tidak punya kesempatan untuk kembali ke MotoGP. Salah satu, opsi yang mungkin diambil adalah menjadi tim satelit. Meskipun, hal itu sepertinya bukanlah solusi terbaik buat Kawasaki yang ingin turun dengan motor Superbike.

Baca juga  Performa Buruk Musim Ini, Zarco Tak Lanjut Dengan KTM

“Saya ingin katakan sesuatu kepada Anda. Terbaru Kawasaki bertanya apakah masih ada kemungkinan untuk tampil sebagai wildcad mengguakan motor Superbike? Saya jawab dengan tegas tidak. Sebab, jatah wildcard diberikan untuk pabrikan yang berpartisipasi di MotoGP. Hingga kini, ini masih jadi solusi terbaik buat kami,” ucap CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dikutip dari laman GPone.

 

Kawasaki Tampil Terakhir di MotoGP Pada 2009

dorna-tolak-kawasaki-turun-di-motogp-2020
Shinya Nakano berikan podium pertama buat Kawasaki di MotoGP

Sebetulnya, Kawasaki bukanlah orang baru di MotoGP. Geng Hijau ini sempat menjadi salah satu kontestan di MotoGP. Meskipun, umurnya tidak berlangsung lama. Berakhir pada musim 2009, sebelum akhirnya memutuskan untuk serius di Superbike.

Meskipun gagal tampil di MotoGP 2020 akibat permintaan wildcard Kawasaki yang ditolak Bos Dorna. Namun, pabrikan yang andalkan motor Kawasaki Ninja ZX-RR bersaing dengan raksasa Jepang, seperti Honda dan Yamaha sempat curi perhatian.

Nama pertama yang sukses membawa Kawasaki naik podium adalah Shinya Nakano. Selama 3 tahun bersama Kawasaki sejak 2004 hingga 2006, pembalap asli Jepang ini berhasil dua kali naik podium.

Baca juga  Gagal Juara di MotoGP Ceko, Dovizioso Sadar Diri

Podium pertama, Shinya Nakano yang menggeber Kawasaki Ninja ZX-RR di GP Jepang 2004 sukses finis ke-3. Persis di belakang Valentino Rossi (Yamaha) dan rekan senegaranya, Makoto Tamada (Honda). Podium kedua, berhasil diraih pada GP Belanda 2006 menempati posisi kedua. Prestasinya, menjadikan Shinya Nakano pembalap Kawasaki pertama yang naik podium di MotoGP. Pembalap kelahiran Chiba, Jepang mengakhiri karir balapnya di tahun 2008 bersama tim Honda Gresini.

 

Randy Puniet Persembahkan Podium Terakhir Buat Kawasaki di MotoGP

dorna-tolak-kawasaki-turun-di-motogp-2020
Randy Puniet hadirkan podium terakhir Kawasaki saat turun di MotoGP

Beda dengan Shinya Nakano yang torehkan podium pertama buat Kawasaki, Randy Puniet persembahkan podium terakhir buat Kawasaki di MotoGP. Lagi-lagi, Kawasaki Ninja ZX-RR berjaya di GP Jepang pada 2007, yang berlangsung di lintasan, Randy Puniet berhasil meraih podium kedua kala itu.

Randy Puniet hanya berkarier dua musim bersama Kawasaki. Setelah pada musim 2008, memutuskan untuk pindah ke tim LCR Honda, dan putuskan pensiun dari MotoGP pada 2014. Tim yang terakhir dibelanya adalah Suzuki.

Baca juga:

Baca juga  Marc Marquez Komentari Honda RC213V, Top Speed Masih Kurang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru