Quartararo Kuasai Tes Sepang, Juara Dunia MotoGP 2019 Keok?

Quartararo Kuasai Tes Sepang – MotoGP 2020 belum juga dimulai Quartararo sudah tebar ancaman, meski bukan berada di tim pabrikan. Nyatanya Quartararo sudah berhasil kuasai tes sepang, bahkan tampil mendominasi sejak hari pertama.

Lagi-lagi memang penampilan pemuda Prancis di Petronas SRT ini tidak bisa dipandang sebelah mata, pasalnya sudah meraih titel Rookie of the Year, bahkan mengakhiri MotoGP 2019 dengan berada di posisi klasemen yang lebih baik dari Valentino Rossi yang akhirnya terdepak dari kursi pebalap Monster Energy Yamaha 2021.

Fabio Quartararo sepertinya semakin nyetel dengan M1 apalagi musim ini basis motornnya sudah lebih baik dari musim sebelumnya. Bahayanya lagi, kini test rider Yamaha di isi oleh Jorge Lorenzo yang sukses merebut gelar juara dunia. Sudah barang tentu akan menjadikan pengembangan M1 semakin mantap.

Bicara soal penampilan Fabio Quartararo yang berhasil kuasai tes Sepang memang jempolan. Selama tiga hari berturut-turut (7-9 Februari) Quartararo sukses jadi yang tercepat dengan catatan waktu di bawah dua menit. Hari pertama tes, Fabio Quartararo jadi yang tercepat dengan catatan waktu 1menit 58.945detik, hari kedua 1menit 58.572detik dan hari ketiga 1menit 58.349detik. Catatan waktu miliknya terus dipertajam.

“Hari ini adalah hari yang sulit, tidak mudah mencapai top speed dan selesaikan banyak putaran di pagi hari, tetapi saya keseluruhan saya senang. Kami berhasil selesaikan 12 putaran dalam kondisi trek yang panas. Catatan waktunya juga tidak buruk, berhasil di 1 menit 59 detik dengan kondisi suhu di trek mencapai 55o, dimana kebanyakan pebalap memutuskan untuk tidak turun,” ungkap Fabio Quartararo di hari terakhir tes.

“Kami sudah bekerja dengan sangat baik, mudah-mudah ini akan menjadi bekal meraih hasil maksimal di Qatar. Tujuan saya kini sedikit berubah, konsisten dengan kecepatan lebih lama, karena kami sadar mampu tampil cepat bukan hanya di satu putaran saja. Secara keseluruhan, saya senang dengan tes pertama tahun ini dengan motor 2020,” tambahnya.

 

Duo Repsol Honda Belum Bisa Berbicara Banyak

Marc Marquez sempat alamai crash

Duo Repsol belum bisa berbicara banyak di tes Sepang, setelah acara launchingnya di Jakarta. Marc Marquez dan Alex Marquez harus puas terima kenyataan belum bisa tembus posisi teratas. Sang juara dunia MotoGP 2019, bahkan tercecer posisinya di luar 10 besar.

Mungkin faktor bahu yang belum sembuh total jadi penyebab penampilan The Baby Alien belum maksimal di atas Honda RC213V. Alhasil, lagi-lagi harus akui keunggulan Quartararo yang berhasil kuasai tes Sepang dan mendominasi.

Meski begitu, Marc Marquez sudah berhasil mencatatkan waktu yang cukup baik. Konsisten menempel ketat pembalap tercapat, karena selisihnya tidak terlalu jauh. Catatan waktu terbaiknya terjadi di hari terakhir tes, tembus 1menit 58.772detik.

Baca juga:

 

Modal Berharga Petronas SRT Raih Prestasi Lebih Tinggi

Hasil rekapan tes pra-musim Sepang

Tim Satelit Yamaha boleh pasang target setinggi langit musim ini sebelum pebalap andalannya hijrah ke Monster Energy Yamaha musim depan. Fabio Quartararo yang sukses kuasai tes Sepang sepertinya ingin cari pengalaman sebelum nantinya bakal dipasang target buat jadi juara dunia MotoGP 2021.

Hasil tes Sepang, menjadikan Petronas SRT kini harus mempertahankan yang sudah baik dan alihkan fokusnya menghadapi tes di Qatar akhir bulan ini. Sebelum akhirnya, MotoGP 2020 akan memulai seri pertama di Sirkuit Losail, Qatar, 6-8 Maret.

Menarik melihat kiprah anak muda yang satu ini. Akankah kembali jadi kuda hitam di MotoGP 2020, menjadi pebalap yang runtuhkan Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di dua musim terakhir. Hal itu bisa saja terjadi bila Fabio Quartararo lebih konsisten dan bukan hanya rajin start dari pole position saja.

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *