by

Perhatikan Hal Ini Sebelum “Naik Level” Ke Moge

-Motor-131 views

Haloo sobat Moladiners. Punya moge (motor gede) pasti impian kebanyakan bikers. Performa yang dimiliki motor jenis ini memang sangat impresif berkat multi silinder dengan kapasitas mesin yang digendong. Tapi tau nggak sih bro, nunggang motor seperti ini nggak semudah bawa motor ber-cc kecil, loh. Malah, nunggang motor besar kayak gini bisa dikategorikan ke dalam level berbahaya buat bikers pemula, sob. Penasaran? Nah, makanya simak penjelasan Jinny di bawah ini ya!

Feeling Berkendara Moge.

Yamaha R15 moladin
Yamaha YZF-R15 versi 2, Sportbike 150cc Moge Look

Buat sobat Moladiners yang biasa wara-wiri pake motor kecil berkapasitas dibawah 250cc, harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum beralih ke moge. Bobot, Feeling maupun Handling pada motor besar tentu saja sangat berbeda. Maka dari itu, penggunaan motor gede ini sebaiknya perhatikan kapasitas mesin dan kemampuan riding kalian, guys. Jangan sembrono menunggang 1.000cc jika sebelumnya terbiasa pake motor kecil, minimal biasakan terlebih dulu menunggang motor dengan selisih cc yang dua kali lebih besar dari biasanya. Misalnya, jangan nekad membawa Yamaha YZF-R1 kalau brosis sebelumnya nggak pernah menunggang motor 800cc, kalian bisa mencoba Kawasaki Ninja 650 lebih dulu.

Baca juga : Modifikasi Motor Kece Nggak Bikin Kere, Mulai Dari 5 Komponen Ini Sob!

Perlu Adaptasi Menunggang Motor Besar.

skill menunggang moge
Pentingnya Adaptasi Untuk Menunggang Motor Gede

Nah sob, kalo kalian sudah terbiasa riding dengan motor gede, kalian setidaknya akan menguasai handling dari sebuah moge. Saat beralih ke motor 500cc, maka menaklukkan motor sekelas 1.000cc pun bukan lagi masalah besar. Seiring berjalannya waktu, kalian juga akan terbiasa dengan gaya berkendara dan karakter mesinnya hingga permasalahan-permasalahan yang biasa terjadi.

Yang ini pun harus kalian perhatikan, guys. Jangan buru-buru memulai perjalanan jauh. Riding position moge juga akan mempengaruhi gaya membelok yang mana ini akan mempengaruhi stamina saat melakukan touring. Gunakan kekuatan otot dan kelenturan tangan tangan untuk membelokkan motor jenis ini yang memang berat. Apalagi posisi duduk yang relatif lebih membungkuk pada tipe sportbike bakal bikin kalian lebih mudah capek. Lama kelamaan kalian akan lebih mudah beradaptasi untuk menundukkan si motor besar ini.

Gunakan Safety Gear.

Safety Gear
Selalu Gunakan Safety Gear Sebelum Berkendara

Jangan lupa ya, sob, tetap gunakan safety gear seperti helm, jaket serta pelindung siku dan lutut saat berkendara. Dan perhatikan riding attitude dengan hormati pengguna jalan yang lainnya. Saat kalian menunggang motor gede dengan menghormati pengguna jalan lain, pasti mereka pun juga bakal respect juga kok! Setuju?

Baca juga artikel lainnya :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru