Suzuki Lets Generasi Terbaru, Modern dan Terjangkau

Suzuki Lets Generasi Terbaru – Tahukah kamu tentang Suzuki Lets? Motor matik ini pernah dijual di Indonesia pada 2012. Ketika itu, Lets hadir sebagai rival Honda Scoopy dan Yamaha Fino.

Hanya saja lantaran penjualannya tidak terlalu bagus, usianya cuma sekitar 2 tahun. Nasib lets di Tanah Air tidaklah berlanjut sampai sekarang.

Meski demikian, Suzuki Lets secara global tetap diproduksi. Bahkan model terbarunya sudah hadir di Cina. Dari tampilan, lebih modern. Kemudian fitur-fiturnya juga kekinian. Terakhir yang terpenting, harganya terjangkau.

Ingin tahu lebih lengkap terkait Suzuki Lets Generasi Terbaru? Simak bahasan berikut:

Desain Unik dengan Lampu DRL

suzuki lets generasi terbaru
Desain Suzuki Lets unik dengan roda kecil dan bodi gemuk

Berbeda jauh dari Suzuki Lets yang pernah dijual di Indonesia, kini tampilannya semakin modern. Lihat saja penggunaan daytime running light (DRL) di tameng depan. Bentuknya menyudut, sehingga menimbulkan aura agresif.

Uniknya lagi penggunaan pelek palang ukuran kecil, namun dengan karet bundar lebar. Sekilas rodanya mirip milik Honda Scoopy. Hanya saja untuk peleknya beda, pakai gaya tiga palang.

Di roda belakang tersedia kover ban. Fungsinya mencegah cipratan air saat melewati jalan tergenang air. Fitur tersebut cukup unik, lantaran jarang ditemui di motor matik Tanah Air.

Sementara untuk lampu depan letaknya di batok, belum menggunakan teknologi LED. Lampu depan Lets, sekilas mirip Suzuki Address yang dijual di Indonesia.

Desain lampu seperti ini memang kurang disuka oleh konsumen Indonesia, lantaran dianggap tidak modern. Hanya saja dari sisi fungsi, lampu depan di batok tentu lebih fleksibel terlebih untuk visibilitas maksimal saat bermanuver di tikungan.

Soal bodi, Suzuki Lets generasi terbaru punya bentuk yang gemuk. Hal ini menjadikan posisi duduk lebih nyaman, baik bagi pengendara dan pembonceng. Kemudian untuk lampu belakangnya berbentuk segitiga yang menampilkan kesan sportif.

Di atas kertas, motor produksi Cina tersebut punya panjang 1.760 mm, lebar 660 mm, dan tinggi 1.100 mm. Bobot totalnya sekitar 99 Kg.

Bagasi Luas dan Fitur Power Charger Jadi Keunggulan Suzuki Lets Generasi Terbaru

Suzuki Lets
Bagasi di bawah joknya sangat luas, mampu menyimpan berbagai barang bawaan

Kelebihan lain dari Suzuki Lets generasi terbaru, punya banyak tempat penyimpanan. Di dashboard ada dua kompartemen besar, kiri dan kanan. Kompartemen kiri terdapat fitur power charger yang bisa dipakai untuk mengisi ulang daya baterai smartphone.

Sementara di kompartemen kanan, dapat dipakai untuk meletakkan tiga botol minum. Tidak hanya itu, ada pula cantolan di tengah dashboard. Fitur tersebut bisa digunakan menaruh kantong belanjaan.

Paling istimewa, bagasinya. Dengan bodi gemuk, Lets ternyata menyimpan kapasitas penyimpanan besar di bawah jok. Di sana, kamu bisa menyimpan berbagai peralatan berkendara, tas, dan lain-lain.

Aura modern juga muncul dari panel instrumen kombinasi analog dan digital. Berbagai informasi dapat diberikan ke pengendara, mulai dari level bahan bakar, jarak tempuh, waktu servis, kecepatan, jam, dan lain-lain.

Untuk kunci kontaknya masih konvensional. Ada pengaman magnet untuk melindungi dari pencurian.

Baca juga:

Mesin Irit Berkapasitas 112,8cc

Panel instrumen modern, kombinasi analog dan digital

Soal jantung mekanis, sepertinya tidak banyak berubah dari Lets sebelumnya. Pabrikan berlogo S masih mengandalkan mesin 112,8cc, satu silinder, SOHC, dengan pendingin udara.

Jantung mekanis itu bisa mengeluarkan torsi 9 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 8,7 hp pada 8.000 rpm. Sementara untuk sistem transmisi pakai CVT.

Performa ini tergolong biasa saja, cenderung mirip Suzuki Nex II di Indonesia. Jika dibandingkan dengan Honda Beat, tentu kalah. Pasalnya motor berlogo sayap tersebut, torsinya tembus 9,3 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga 8,85 hp pada 7.500 rpm.

Kemudian untuk sistem pengereman, Lets sama seperti motor matik entry level lain yang dijual di Indonesia. Roda depan pakai cakram. Roda belakang masih tromol atau drum. Suzuki juga belum memberikan anti-lock braking system (ABS) di Lets.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya tersebut, harga Suzuki Lets generasi terbaru 7980 yuan atau setara Rp16 jutaan. Banderol yang terbilang terjangkau, lantaran tidak beda jauh dibandingkan motor sekelas di Indonesia.

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *