Wacana Penundaan MotoGP Thailand 2020 Mencuat, Hal Ini Penyebabnya

MotoGP Thailand 2020 – Usai melangsungkan tes pra-musim Sepang, wacana perubahan jadwal MotoGP 2020 mencuat. Penyebabnya adalah Virus Corona yang sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru Dunia, tak ketinggalan tuan rumah yang masuk kalender MotoGP musim ini.

Setelah musim lalu sukses menggelar MotoGP, dengan jumlah penonton terbanyak. Thailand dikabarkan jadwalnya bakal di undur. Sesuai kalender MotoGP 2020, seri Thailand sendiri akan berlangsung pada 22 Maret 2020. Setelah seri pembuka di Qatar, 8 Maret mendatang.

Virus Corona sendiri merupakan jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, akhir Desember 2019. Thailand sendiri disinyalir juga salah satu negara yang terbanyak banyak kasus Virus Corona, oleh karena itu CEO Dorna memberikan pernyataan kalau race di Chang International Circuit, Thailand bisa saja ditunda.

“Kami akan terbang ke Qatar dengan aman dan sesuai jadwal yang ada dalam kalender, karena sudah memberikan jaminan bahwa situasi disana baik-baik saja. Sementara untuk Thailand kami sendiri belum tahu pasti, tapi kami sudah meminta informasi kepada pihak pemerintah dan sedang menunggu jawaban,” ungkap CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

“Soal kapan akan digelar, keputusan kami akan bergantung pada jawaban mereka. Karena bagi kami keselamatan bagi mereka adalah nomor, jika pada akhirnya tidak bisa digelar Maret, jelas kami akan mengganti tanggalnya. Kami sekarang sedang menunggu jawaban dalam beberapa hari kedepan, sebelum terbang ke Qatar,” sambungnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada pernyataan resmi dari Dorna terkait keputusan apakah MotoGP Thailand 2020 tidak akan berlangsung sesuai jadwal alias akan ditunda, namun pihaknya ingin kalau kondisi di Thailand tidak sedang baik-baik saja, maka penundaan jadwal jadi keputusan yang diambil.

 

Marc Marquez Rajai MotoGP Thailand

jadwal-motogp-thailand-2020-diundur
Marquez berhasil jadi juara dunia MotoGP 2019 di Thailand

Sungguh sangat disayangkan bila akhirnya jadwal MotoGP Thailand 2020 akan alami penundaan. Pasalnya Chang International Circuit merupakan tempat bersejarah buat Repsol Honda, juga Marc Marquez.

Sebabnya adalah, Marc Marquez sudah berhasil koleksi dua kemenangan sejak pertama kali sirkuit ini menjadi tuan rumah dalam kalender MotoGP. Tidak cuman sekedar juara, bahkan hebatnya pada MotoGP 2018 mencatakan namanya dalam sejarah di Chang International Circuit sebagai pemenang pertama.

Hebatnya lagi pada gelaran MotoGP 2019 di sirkuit yang sama, Marc Marquez berhasil kukuhkan gelar juara dunia keempatnya secara empat musim berturut-turut. Pencapaian yang luar biasa, padahal balapan masih sisakan empat seri.

Penundaan MotoGP Thailand 2020 sedikitnya akan menggangu persiapan tim, juga Marc Marquez. Apalagi target Marc Marquez bersama Repsol Honda di musim ini belum goyah menjadi juara dunia. Menarik untuk disimak perkembangannya. Semoga jadwal MotoGP 2020, tidak mengalami ubahan.

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *